Wiring diagram star-delta

Assallamualikum,wr,wb

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas cara pemasangan atau instalasi rangkaian control star-delta dengan menggunakan wiring diagram star-delta, tapi sebelum itu saya ingin menyapa agenk semua, apakah agenk sehat dan baik-baik saja, semoga dalam keadaan sehat selalu yah.............

Pada Artikel kali ini saya ingin menjelaskan tentang wiring diagram rangkaian control star-delta atau diagram star delta, lalu saya sisipkan video tentang cara merakit rangkaian kontrol motor 3 phase star delta  atau cara instalasi rangakian kontrol star-delta bagaimana cara pemasanganya kita simak dibawah ini..

Ready....asiaaap...gas genk.

2. Dasar Teori

Seseorang yang menginginkan pemasangan rangkaian control star-delta ini harus, melihat wiring diagram, dikarnakan seseorang tersebut belum paham betul atau belum terbiasa memasang maupun merakit rangkain control start-delta untuk motor listrik, 

Jangan pernah nyerah yah untuk lebih baik, belajar lebih banyak tentang listrik. Agar tidak  malu-maluin diri sendiri maupun dikemudian hari ketika seseorang bertanya kepada kita bisakah kamu memasang rangkaian control start-delta untuk motor listrik!!! Waduh sok oke ni saya wkwkwkw.

Jadi kita lanjud pada judul diatas, nah sebenarnya tidak butuh wiring diagram jika kita memahami prinsip dari pengoprasian rangkain control star-delta ini.

Pada dasarnya rangkaian control motor listrik star-delta ini difungsikan untuk menjalankan motor listrik yang berkapasitas besar misalnya motor 22 KW, lebih teparnya 5 kw keatas.

jadi motor listrik yang berkapasitas besar butuh star running awal yang dimana pada torsi awalnya membutuhkan daya yang lebih besar  atau penggunaan arus yang cukup besar pada start awal agar motor listrik mendapatkan waktu running maksimalnya sesuai settingan pada timer omron.

Biasanya pada rangkaian control star-delta ini memiliki waktu setting dalam hitungan detik antar 5-10 detik.

Umumnya control star-delta ini dijalankan berdasarkan watu setting dari timer omron dimana pada rangkain control star-delta tersebut dapat berubah pengoprasian motor listrik dari star ke delta dalam waktu yang ditentukan timer omron dan akan seterusnya menggunakan delta motor 3 phase. Hal ini untuk mendapatkan tenanga kuda yang besar.

Pada gambar dibawah ini atau gambar wiring diagram star delta contoh ini menunjukan skema gambar wiring diagram rangkaian control star-delta berikut gambar tersebut :

Rangkain control motor listrik star-delta.jpg
Wiring diagram star-delta

Pada gambar diatas adalah contoh sebuah wiring diagram control start-delta dengan sumber listrik atau power 220 VAC, gambar wiring star delta ini adalah patokan untuk teman-teman yang hendak merakit rangkaian kontrol star delta, teman-teman dapat mengesave gambar dan memperbesar gambar untuk melihat detail perangkat komponen pada rangkaian star delta.

Gambar diatas menunjukan ada beberapa komponen untuk pemasangan rangkaian control motor listrik star-delta (bintang dan segitiga)

Saya rasa agenk-agenk paham dengan simbol pada rangkain tersebut jika belum silakan baca disini :


Atau baca juga link berikut :



Tapi disni saya hanya membahas wiring diagram saja tidak membahas prinsip kerjanya.

Nah ketika selesai memasang alat atau kompenen-komponen pada rangkain control motor listrik star-delta ini. Maka teman-teman selanjutnya bisa melihat instalasi power atau rangkaian daya untuk menjalakan motor listrik tersebut berikut wiring diagram input power motor listrik star-delta :


Pada gambar penunjukan diatas adalah sebuah rangkaian power / daya untuk motor listrik yang akan dijalankan, pada rangkaian power motor listrik ini menggunakan sistem kelistrikan 3 phasa atau 380V arus bolak balik.

Silakan lihat atau save gambar diatas agar teman-teman mudah untuk melihatnya, dikemudian hari nanti.

Jadi saya rasa cukup pada penjelasan diatas tentang judul wiring diagram star delta atau star delta wiring diagram. Tonton juga video kami cara merakit rangkaian kontrol star delta dan tips memahami rangkaian kontrol star delta untuk pemula :


Jangan lupa untuk dukunganya dan supportnya agar channel kita dapat berkembang dan memberikan motivasi untuk update video secara terus menerus. hidup channel ini tegantung kepada kalian bre...terima kasih banyak bosku.
Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan maupun perkataan, saya rasa cukup dan jelas saya akhiri.

Semoga bermanfaat..

Sayaa ucapkan terima kasih.

Wassallamualikum, wr, wb.

Bye-bye....

Related Posts