Penyebab aki pecah dan cara mengatasinya

Assallamualaikum,  wr,  wb

Pendahuluan

Pada artikel kali ini saya akan membahas penyebab utama aki pecah dan cara megatasi aki pecah, aki mobil anda pecah semoga artikel saya ini bisa menjawab permasalah pada aki mobil anda yang sering pecah. Mari kita simak dan baca sampai selesai. 


Dasar Teori


Penyebab aki pecah dan cara mengatasinya. Webpg
Penyebab aki pecah dan cara mengatasinya 


Pada umunya masalah aki pecah sering menyebabkan kerugian,  karna ketika baru saja pecah kita menganti yang baru kemudian pecah lagi selang beberapa hari. Inilah yang sering terjadi  Hal ini tidak diketahui penyebabnya. Apa sih yang menjadi hal utama aki tersebut bisa pecah atau meledak. 

Genk,  usahakan terlebih dahulu mengecek penyebab aki tersebut pecah. Karna aki yang pecah dan aki meledak pasti ada penyebab, umunya yang sering terjadi adalah waktu start ing mobil, aki pecah atau waktu sedang melakukan perjalan jauh aki pecah,  waktu mengecas akipun pecah dan yang paling sering terjadi aki pecah adalah aki mobil (aki mobil mahal pulak)  apakah yang teman-teman alami sama seperti yang saya ceritakan, langsung saja genk kita masuk pada penyebab aki mobil pecah sebagai berikut :

1. Body mobil menyetuh positif aki

Pada penyebab aki mobil yang sering pecah adalah body mobil,  yang sering menempel pada positif aki,  karna saya pernah mengalami hal yang seperti ini pada forklif ditempat kerja saya. Karna tempat aki tepat berada dibawah jok forklif, forklif yang menua pada jok terjadi penurunan plat besi tempat duduk, sehingga pada besi tersebut terjadi arus pendek yang menempel pada positif aki, dalam waktu yang lama tanpa disadari aki tersebut panas , yang menyebabkan percikan api sehinga terjadi ledakan pada aki forklif ini.

Cara mengatasi aki yang meledak pada penjelasan body menyentuh positif aki

Teman-teman harus teliti melihat maupun pengecekan karna body ini adalah negatif yang berkaitan langsung dengan minus pada aki mobil.

Tips mengatasinya adalah dengan menambah karet penahan pada bagian pertegahan jok dan aki atau menambah kain pelapis dibagian atas aki.

2. Alternator yang rusak

Alternator yang rusak dapat pula menyebabkan ledakan pada aki,  karna tegangan yang dihantarkan alternator ke aki melebihi batasan maksimum pada alternator.

Untuk cara mengatasinya teman-teman dapat mengukur dengan multitester pada keluaran alternator,  alternator yang normal akan mengecas aki pada kisaran tegangan 13-14 VDC lebih, jika aki teman-teman 24 ( 2 buah aki)  maka kisaran tegangan alternator mengecas aki pada tegangan 25 sampai 30 Volt Arus DC.

3. Arus pendek 

Arus pendek atau konsleting adalah penyebab aki agan pecah hal ini seperti pada penjelasan point diatas no 1, bisa juga terjadi kabel positif yang terkelupas sehingga menempel ke body bagian yang terhubung ke negatif aki. 

Pada langkah perbaikan atau cara mengatasi lakukan pengukuran dengan alat multitester,  cek kabel positif ke body dengan multitester, saya anggap teman-teman bisa menggunakan multitester, kalau belum silakan kunjungi channel youtube saya diatas, disamping all artikel. 

4. Air aki penuh

Penyebab aki pecah adalah pengisian air aki yang penuh,  teorinya begini pada saat melakukan perjalan jauh, alternotor mengisi sehingga membuat cairan asam pada aki mengelembung dan membuat aki meledak karna air aki yang penuh,  akan menyebabkan air aki keluar dari penutup aki,  jika terjadi percikan pada kepala aki, bahkan sangat besar kemungkinan aki dapat pecah. 

Cara mengatasi aki pecah pada point 4 ini :

Jangan mengisi air aki melewati batas upper level pada aki, dah itu saja. 


5. Fuse pada koneksi kabel ke aki

Biasanya positif pada aki akan melewati jalur fuse dan segala macamnya untuk itu tidak ada salahnya melakukan pengecekan pada aki teman-teman yang sering meledak, yang berguna untuk kebaikan mobil teman-teman juga.

Saya rasa cukup penjelasan tentang penyebab aki meledak dan cara perbaikanya atau cara mengatasi hal tersebut. 

Terima kasih....

Semoga bermanfaat brother..... 




Related Posts