Pengertian motor listrik 1 fasa (phase)

Assallamualaikum, wr, wb.

1. Pendahuluan

Selamat siang salam hangat, salam safty first harga mati, jujur saja jika berbicara safty, saya adalah orang pertama yang tidak taat kepada Penggunaan safty secara keseleruhan pada anggota tubuh, lah latas kenapa saya berbicara safty first, biar adanya penyemangat agar bisa menerapkan safty first kepada diri sendiri  maupun orang lain dalam ruang lingkup kerja dizona yang paling banyak mengundang kecelakaan kerja. Jangan remehkan safty first brother.

Oke pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi penjelasan  Dan pengertian prinsip kerja Motor listrik 1 phase atau mengenal motor listrik 1 phasa, kita tahu motor listrik terbagi 2 bagian 1 phase dan 3 phase atau dengan kata istilah pada umumnya motor 220 V 1 phase dan motor 380 V 3 phase. Tapi disini saya akan membahas penjelasan motor 1 phase (fase) dan pengertian motor listrik  induksi 1 phase saja. Oke kita  langsung saja masuk pada materi judul diatas.

2. Dasar teori

Apa itu motor listrik 1 phase?! Pengertian Motor listrik 1 phase atau fase adalah motor listrik yang akan bekerja  pada  rate tegangan 220 V AC.

Motor listrik 1 phase terbagi 2 jenis yaitu :
1. Motor phase belah (split phase)
2. Motor kapasitor / induksi

Pada motor 1phase kapasitor atau motor induksi  1 phase ini terbagi lagi menjadi 3 bagian pada setiap kompenen maupun rangkainya.

  • Motor start kapasitor
  • Motor running kapasitor
  • Motor start running kapasitor

Tapi sebelum kita masuk pada pembahasan dan penjelasan motor listrik 1 phase, ada baiknya kita mengenal terlabih dahulu isi maupun bagian-bagian dari motor 1 phase, agar lebih memudahkan kita kedalam zona pemikiran paham. Yahhh paham kagak lue....hehhe.



Mengenal motor listrik 1 phase.gif
Motor listrik 1 pahse


Prinsip kerja motor 1 pahse:

Dalam penjelasan prinsip kerja motor 1 phase adalah apabila pada kumparan diberikan arus listirk AC 1 phase maka akan membangkitkan medan magnet pada celah udara yang kosong pada stator dan rotor, medan magnet yang berputar bergerak memotong lilitan rotor sehingga pada rotor menginduksi medan magnet pada stator. Biasanya rotor berada pada dalam hubung singkat guna mendapatkan arus listrik, yang besaranya tergantung dari impedansi dan tagangan rotor.

1. Rotor  adalah (bagian yang bergerak) 
Rotor dibagi lagi menjadi 2 bagian rotor belitan kumparan (sinkron) motor fasa belah dan rotor sangkar tupai (induksi)

Nah Rotor belitan kumparan contohnya ada pada mesin grinda dan mesin bor.

Sedangkan rotor sangkar tupai terdapat pada fan blower, dengan penggunaaan kapasitor.


Mengenal motor listrik 1 phase.gif
Rotor motor listrik 1 pahse

2. Stator adalah bagian yang diam atau kumparan yang mengelilingi rotor  berupa kawat gulungan, yang direkatkan pada laminasi baja (slot) untuk membuat medan magnet bila diberikan sumber listrik. biasanya pada kawat kumparan terdapat isolasi tipis pada setiap kumparan jadi kalau kan mau pasang sumber mesti dikikis dulu tu isolasi tipis pada ujung kawat emailnya, fungsi isolasi tipis pada kawat email mencegah arus bocor  pada setiap kawat yang telah digulung brother, kumparan biasanya disebut juga koil dengan menggunakan jenis kawat email atau enamel.

Pada stator atau kumparan untuk motor 1 phase memiliki kumparan yang berbeda yaitu :

1. kumparan bantu

Penjelasan dan pengertian Kumparan bantu, motor 1 phase adalah memiliki gulungan lebih banyak dan diameter kawat lebih kecil jika  dibandikan  dengan kumparan utama. Pada suatu kasus kumparan bantu memiliki kumparan yang hampir sama pada setiap gulungan kawat email /enamel dengan kumparan utama yaitu pada motor listrik yang menggunakan kapasitor tipe permanen.

2. kumparan utama

Kumparan utama adalah kumparan yang menghasilkan medan magnet utama untuk mengerakan rotor pada saat star running 75 % , jadi dengan kata lain rotor menginduksi medan magnet pada kumparan utama untuk mengerakan rotor tersebut, kumparan utama memiliki diameter kawat lebih besar, sehingga  memiliki impedansi lebih besar dan lebih banyak begitu juga dengan diameter kawat yang lebih besar.

3. Besi berlapis  laminasi baja (bagian yang diam) seperti wafer, terdapat slot alur yang nantinya akan disisipkan kumparan kawat email pada tiap-tiap alur atau slot besi, besi  lamanisi baja berlapis yang disusun menyerupai  sangkar  atau wafer pada rumah motor itu sendiri guna mengurangi  arus eddy.

4. Didalam motor 1 phase terdapat alur atau slot untuk mengisi kumparan,  stator biasanya terdapat jumlah alur atau slot yang berbeda  pada motor listrik 1 phasa 36 dan 24 slot. (celah untuk mengisi kumparan yang mengelilingi rotor)

Penjelasan gambar Rangkaian sekema diagram pada motor 1 phase kapasitor

Pengertian pada gambar dibawah ini adalah skema diagram motor induksi magnetik 1 phase (motor 1 phase) , berikut gambarnya :


Diagram motor listrik 1 phase.gif
Motor listrik 1 phase

Pada gambar diatas adalah contoh penjelasan maupun pengertian skema diagram motor1 phase, dengan slot kompenen yang masih kosong, nanti saya jelasakan seperti apa kompenen tambahan dari penggunaan  pada motor split satu pahse, motor induksi kapasitor (motor start kapasitor, motor running kapasitor, motor start running kapasitor sperti yang saya jelaskan diatas motor 1 phase terdapat 2 jenis :

1. Motor split phase

Mengenal Motor listrik 1 phase.gif
Mengenal motor listrik  induksi magnetik 1 phase


Motor ini mempunyai kumparan utama dan  bantu dengan rotor lilit atau rotor sinkron yang mempunyai sumbu diisi dengan kawat tembaga pada umumnya, untuk kumparan utama dan bantu masing masing dihubungkan secara pararel, dimana pada stator ini bekerja secara bersamaan pada saat diberikan sumber arus listrik, ketika kumparan utama dan bantu bekerja pada putaran nominal  75 % maka saklar sentrifugal akan terlepas dan menyebabkan kumparan bantu berhenti bekerja sehingga stator akan bergerak hanya mendpatkan medan magnet dari kummparan utama.


2. Motor kapasitor



Pengertian prinsip kerja motor 1 phase kapasitor hampir sama dengan motor split phasa yang penggunaanya hanya menambahkan kopenen berupa kapasitor, yang berfungsi untuk star awal atau torsi putaran awal, pergeseran pahse dan arus start motor kapasitor, nah ketika sampai batas nominalnya 75 % maka saklar sntrifugal akan memutus kan kumparan bantu, dan rotor hanya akan berputar pada medan magnet yang dihasilkan oleh kumparan utama.
Intinya motor kapasitor torsinya lebih kuat. Dibangikan tanpa kapsitor.

3. Motor running kapasitor

Motor listrik 1 phase.jpg
 Mengenal Motor listrik 1 phase.gif 

Penjelasan Motor running kapasitor adalah motor yang terdapat komponen kapasitor permanen, yang dimana pada tiap kumparan bantu dan utama dihubungkan secara pararel, dan kapasitor dihubungkan secara seri ke kumparan bantu. Pada motor kapasitor permanen mempunyai kabel gulungan yang sama banyak, tetapi memiliki diamter kawat yang kecil (kumparan bantu)  kumparan utama adalah diamter kawat lebih besar, motor jenis kapasitor permanen pada perlatan rumah tangga contohnya  adalah motor 1 phase mesin cuci.

4. Star running kapasitor

Pada penjelasan dan pengertian  motor star running kapasitor ini dimana terdapat 2  kapasitor, dimana 2 kapasitor ini digunakan untuk pengguanaan yang mempunyai torsi  star awal yang kuat dan lebih merata. Motor ini adalah perpaduan antara motor running kapasitor dan motor start kapasitor.


3. Penutup

Semoga bermanfaat, tetap suport situs kami, agar dapat melanjutkan artikel bermanfaat, artikel tanpa pembaca adalah kebosanan, dan akan memutus penyemangat kami sebagai penulis. Salam hangat, jangan malu-malu untuk komentar. Trima kasih.

Bye-bye.













Related Posts