Penjelasan dan pengertian modul fotovoltaik (sel surya)

Assallamualaikum, wr, wb.

Pendahuluan

Haloo... Sobat teknik maintenance workshop salam sapa, salam satu artikel,, hehehe, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang penjelasan Dan pengertian mengenai modul fotovoltaik. Apakah teman-teman tahu photovoltaik, ngk tahu lah ya bahasa gaulnya,  soalnya masih serching google dan menemukan artikel ini, apa beda sel fotovoltaik dan modul fotovoltaik?
Cari ya...

Kita gas.... Gas bang....

Teori dasar

Penjelasan dan pengertian Modul fotovoltaik adalah komponen penting dari suatu sistem pembangkit listrik tenaga surya, kanapa fotovoltaik penting,  karna tanpa fotovoltaik tidak akan ada proses fotoelektrik yang mengubah radiasi sinar matahari menjadi energi listrik Atau biasa disebut dengan fotoelektrik ini mas brok...

Mengenai penjelasan dan pengetian  modul fotovoltaik ini terdiri dari sejumlah sel fotovoltaik yang terhubung seri dan diproduksi menjadi sebuah unit sel-sel pada fotovoltaik berikut dengan kawat busbar dilindungi oleh bahan pelapis atau encapsulasi (encapsulating matrial)  yang berfungsi untuk melindungi sel-sel dari kontak langsung dari lingkungan dan kekuatan mekanik dari sel-sel tipis. Pada kinerja modul fotovoltaik  dicirikan pada kurva arus-tegangan (I- v)
Penjelasan dan pengertian modul fotovoltaik. Wepg
Penjelasan dan pengertian modul fotovoltaik 

Kurva arus dan tegangan menjelasakan oprasi modul fotovoltaik pada kondisi radiasi sinar matahari pada suhu tertentu. Untuk menjaga operasi sistem yang baik modul fotovoltaik haruslah berkualitas yang bagus.

Penjelasan dan pengertian bagaimana cara memilih modul fotovoltaik yang baik dan bagus dalam kehandalan  sistem oprasinya.

1. Pilihlah efesiensi yang lebih besar 15% kalau ada sikat kalau ngk ada ya ud... Besok cari lagi, mudahkah!!!
Gkggkgk. Kenapa harus 15 % agar dapat menghemat lahan pemasangan fotovoltaik ini genks.

2. Toleransi daya modul sel surya harus kurang dari 2 persen genk (dibawah kondisi uji standar) standart test conditions. Biasanya dapat dilihat di name plate pada modul sel surya.

3.  Rangka modul sel surya haruslah tahan korosi (aluminium dengan pelapisan zat warna).

4. Modul fotovoltaik harus mampu beroprasi pada tegangan 1000VDC tidak boleh lebih dari 1000VDC, kenapa demikian? Tujuanya adalah untuk mengatur ke perangkat lain yang terhubung, ke modul fotovoltaik pada rate tegangan yang sama, sebagian besar nilainya kurang dari 1000VDC.

Modul fotovoltaik haruslah memenuhi standart uji IEC 612151, untuk monocrystallin dan polycristalline. Modul fotovoltaik atau sel surya,  haruslah memiliki masa garansi 20 tahun operasi, dengan penurunan kinerja 10 persen per 10 tahun.

Penjelasan dan pengertian pada struktur modul fotovoltaik. :

Bagian-bagian Modul fotovoltaik terdiri 7 lapis bahan yang berstruktur dan akan saya jabar per NO :

Penjelasan  bagian-bagian modul fotovoltaik atau struktur gambar modul fotovoltaik dibawah ini sebagai berikut :

1. Bingkai modul fotovoltaik
2. Kaca pelindung
3. Enkapsulasi
4. Sel fotovoltaik
5. Bahan enkapsuplasi
6. Lembar insulasi
7. Kotak junction


Penjelasan dan pengertian struktur modul fotovoltaik. Webp
Struktur modul fotovoltaik

1. Frame atau bingkai fotovoltaik

Pada Penjelasan dan pengertian frame atau bingkai modul fotovoltaik adalah untuk melindungi dan memastikan kekokohan  panel, biasanya frame fotovoltaik dipasang pada akhir proses pembuatan.

2. Kaca pelindung modul  fotovoltaik

Penjelasan dan pengertian Kaca modul fotovoltaik sebagai  pelindung modul fotovoltaik dan pengamanan dari lingkungan untuk memastikan kekokohan panel.  Karna berbahan kaca maka proporsi dari berat total keseluruhan fotovoltaik ada pada kaca pelindung ini.

3. Enkapsulasi dan laminasi

Pengertian dan penjelasan enkapsulasi dan laminasi pada fotovoltaik adalah sebagai lapisan antara sel fotovoltaik dan kaca pelindung, laminasi digunakan untuk mencegah kerusakan mekanis dan mengisolasi Tegangan dari sel fotovoltaik dengan bagian dari modul lainya, biasanya laminasi menggunakan Bahan ethylene-vinyl ecetate (EVA)

4. Pengertian Sel fotovoltaik pada gambar diatas  merupakan, komponen utama dari modul fotovoltaik, sel ini terbuat dari bahan semikonduktor yang menagkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Sel-sel fotovoltaik saling terhubung untuk mendapatkan tegangan total yang lebih tinggi, melaluit kawat busbar.  Sel-sel fotovoltaik berbahan silikon seperti polycristalline dan monocristalline.

5. Lembar insulasi (backsheet)

Penjelasan dan pengertian Pada gambar diatas  no 5 adalah lembar insulasi  pada struktur modul fotovoltaik lembar insolasi ini digunakan untuk melindungi dan secara elektrik mengisolasi sel-sel dari kelembaban dan cuaca.

6. Kontak penghubung (junction box)

Pada pegertian dan penjelasan gambar no 6 juction box atau kontak penghubung digunakan untuk terminal penghubung pada sel-sel photovoltaik Kebeban dan kepanel lainya, perangkat ini berisi kawat busbar dari rangkian sel fotovoltaik, kabel dan bybas diode.

Penutup

Saya rasa cukup penjelasan diatas tentang pengertian dan penjelasan bagian-bagian modul fotovoltaik atau struktur dari modul fotovoltaik,  serta langkah dalam memilih modul berdasarkan standart IEC, jangan lupa kalean subscribe channel youtube saya diatas...ngk subscribe ku hapus artikel ini....

Semoga bermanfaat

Adapun sumber dalam penulisan ini

1. Website: www.endev-indonesia.info

Tks... Salam hangat

Bye-bye.....






Related Posts