Pengertian dan kegunaan thermocouple (termokopel)

Assallamualikum, wr, wb

1. Pendahuluan

Halo sahabat teknik maintenance workshop apa kabar? Masih semangat jadi sahabat bacaan artikel saya? Semoga saja yah!!, hari ini saya akan menjelaskan tentang pengertian thermocouple (termokople) dan prinsip kerja thermocouple (termokople) yuk digas...

Asiap.....


2. Dasar teori


 Pengertian dan kegunaan Thermocouple (termokopel)


Thermocouple atau bahasa indonesianya disebut juga dengan termokopel adalah suatu alat sensor suhu yang digunakan untuk mengetahui suatu temperatur suhu panas (thermal), biasanya termokopel (thermocouple) digunakan oleh pabrik industri untuk melakukan pengecekan kondisi suhu tempratur yang bersifat thermal, cotohnya adalah pengecekan suhu tempratur dari suatu axial fan pada cerobong, tempratur panas pada bahan peleburan timah panas (cair). Untuk itulah  thermocople ini digunakan genks, gimana lanjud!!

Didalam isi termokopel (thermocuple)
Terdapat batangan kawat kecil berukuran 3 mm yang terbuat dari semacam logam, inipun tergantung pada termocouple (termokopel) apa yang kita gunakan. Dengan bahan yang berbeda karna suatu batas suhu ketahanan titik lebur dari thermocouple (termokopel) yang sesuai kegunaanya.


2.1 Prinsip kerja termokopel (thermocouple)

Berdasarkan prinsip kerja Termokopel (thermocople) adalah sensor suhu yang dapat mengubah perbedaan suhu suatu benda menjadi tegangan listrik.

Thermocouple (termokopel) terdiri dari bebrapa tipe yakni tipe K dan Tipe R. Ini adalah tipe yang  umum sering digunakan, jadi saya hanya menjelaskan tipe-tipe yang sering dipakai didunia industrial.

2.2 Tipe-Tipe thermocouple (termokopel)

1. Thermocouple (termokopel tipe K)

pengertian-dan-kegunaan-thermocouple-termokopel.png
Termokople (thermocouple)

Thermocouple (termokopel) terdapat pada gambar diatas ini adalah tipe K yang dimna tipe K ini memiliki bahan choromel / alumel memiliki retan suhu  200-1500 drajat celcius. (sumber : wikipedia)

2. Thermocouple (termokopel tipe R)

Prinsip dan kegunaan thermocouple (termokopel).png
Thermocouple (termokopel) tipe R

Nah termocouple (termokopel) paltinum dengan 7% rodium tipe R ini sangat mahal sekali bosku karna suhu pembacaan pada thermocouple di angka 1200 derajat celcius keatas pada display  indikator pembacaan, nah...termocouple ini harganya lumayan merogoh kocek juga, yang terdapat gambar  diatas bagian bawah termokopel adalah berbahan keramik yang tahan terhadap titik lebur panas diatas 1200 derajat celcius keatas, oleh karna itulah termocouple (termokopel) ini harganya Lumayan tergolong sangat mahal, dikarnakan suhu pakai termokopel ini 1200 derajat celcius keatas.

Inilah penjelasan singkat mengenai pengertian termokopel dan kegunaan termokopel yang saya ketahui, nah jika teman-teman ada tambahan mengenai pemahaman yang lebih baik silakan berkomentar dibawah, saran yang baik dapat saya jadikan pelajaran untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Kita masuk ke penutup ya?!

3. Penutup

Saya rasa cukup dan jelas tentang kegunaan, prinsip kerja, pengertian dari thermocouple (termokopel). Semoga bermanfaat dan jangan lupa tolong share artikel ini jika teman-teman merasakan manfaat, agar teman-teman yang lain bisa mengetahui kegunaan dan pengertian dari thermocouple (termokopel)

1 share 1 kebaikan

Terima kasih sudah berkunjung, salama hangat.

Bye-bye....





Related Posts