Arti kode IP (ingress protection) pada peralatan listrik / kelistrikan

Assallamualaikum, wr, wb.

1. Pendahuluan

Halo gaes apa kabar?! semoga dalam keadan baik-baik saja.  salam hangat , hari ini saya akan membahas sambil belajar dan mengenal mengenai IP (ingress protection) itung-itung artikel ini adalah sebagai sumber catatan untuk pribadi nanti kedepanya bisa dibaca lagi, apakah teman-teman paham dengan IP (ingress protection) ?! Pasti belom, sama dong kaya saya belom juga, hihhi....oleh karna itu ingress protection atau IP ini adalah pengaman untuk alat listrik maupun pengaman untuk kita sendiri, yang bekerja sebagai mekanik listrik maupun mekanik mesin, langsung saja kita masuk pada dasar teori dibawah ini :

2. Dasar teori



Arti kode IP pada peralatan listrik / kelistrikan.png
Arti kode IP (internasional protection) pada peralatan kelistrikan


Dalam kelistrikan adapun standarisasi berbagai peralatan kelistrikan agar terhindar dari bahaya untuk peralatan maupun manusia dan kode IP ini digunakan sebagai pedoman untuk menentukan peralatan listrik yang akan kita gunakan. Kode IP singkatan dari ingrees protection atau international protection, sebagai contoh kenapa kita harus menggunakan kode IP karna pada dasarnya peralatan yang kita gunakan, haruslah ditempatkan sesuai name plate pada IP misalkan motor listrik tersebut memiliki no IP 22 maka dapat dilihat pada tabel dibawah ini angka awal IP digit pertama dan angka kedua pada digit ke 2. Artinya setelah melihat tabel dibawah ini dengan angka 2.2 peralatan tersebut memiliki perlindungan benda berukuran lebih besar dari 12,5 mm dari jari dan semacamnya, kode pada digit kedua angka 2 yaitu peralatan tersebut memiliki perlindungan dari tetesan air dari sudut kemiringan 15 drajat. Berikut no pada tabel kode angka digit pertama dan kode angka pada digit kedua :

                 Tabel : IP (ingress protection atau international protection) pada peralatan listrik


Arti kode ingress protection.jpeg
Ingress protection
arti kode IP pada peralatan listrik.png
Arti kode IP pada peralatan listrik

Pada tabel diatas adalah warna merah angka awal digit pertama, dan warna biru adalah angka kedua digit akhir dari Ingres protection.

Kode IP tidak hanya angka ada, juga kode huruf biasanya kode huruf ini berada di akhir kode angka kedua pada digit kedua angka dan ketiganya adalah huruf ini berikut pengertian tabel huruf IP (ingress protection atau international protection) pada tabel dibawah ini  :

arti kode huruf IP pada peralatan listrik.jpg
Tabel IP (ingres protection kode huruf)

Keterangan tabel agar lebih nyaman melihat tabel IP huruf diatas saya buatkan perbedan dari sisi warna warna unggu dan merah silakan dilihat dan dipahami dengan mantul (mantap betul).

Selain kode IP (ingress protection atau international protection) ada juga kode IK merupakan kode tambahan berupa kode nomor angka, kode IK ini digunakan menentukan ketahanan untuk dampak mekanis yang terindentifikasi melalu satuan energi  yang terukur joule (j). Berdasarkan tingkat pengawasan yang tinggi maka  standar kode IP digantikan dengan dengan kode IK  berikut tabel dari IK :
Arti kode IP (ingress protection) pada peralatan listrik / kelistrikan.jpg
IP (ingress protection)
Catatan:

Dalam menantukan standartrisasi hendaklah memperhatikan kode ip mapun kode IK agar dalam pemasangan peralatan listrik terkondisikan aman untuk pengguna maupun peralatan, dalam hal ini lingkungan area maupun suhu perlu diperhatikan, guna mendapatkan optimasi yang maksimal terhadap peralatan, lingkungan dan pengguna. 

3. Penutup 

Saya rasa penjelasan mengenani kode IP dan IK cukup, semoga bermanfaat share jika artikel ini bermanfaat, terima kasih telah berkunjung mohon maaf jika ad kesalahan dalam penulisan ini, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum, wr, wb.


Salam hangat.

See i next time.
Bye-bye....

By mekanik serabutan.














Related Posts