Diagram Skema instalasi saklar tunggal untuk 2 lampu

Assallamualaikum, wr, wb

Salam satu sapa..untuk semua, sudah lama saya tidak post artikel, dan hari ini saya ingin memberikan sedikit pencerahan kepada teman-teman tentang cara pemasangan instalasi listrik untuk saklar tunggal melayani 2 lampu.

Dasar teori

Diagram Skema instalasi listrik sangat dibutuhkah dalam pemasangan kelistrikan, guna sebagai petunjuk instalatir dalam pemasangan peralatan kelistrikan. Baik dalam pemasangan kabel, lampu, saklar tunggal, saklar ganda . Agar tidak salah dalam pemasangan yang diingikan, tetapi ini berlaku untuk istalatir pemula, lalu apakah seorang ahli tidak memerlukan skema diagram pemasangan instalasi listrik?! Bergantung pada Tempat, apakah gedung, hotel yang menjadi tempat instalatir kelistrikan yang akan dipasang oleh seorang instalatir listrik.

Nah gaes,  disini pada artikel ini saya ingin memberikan pencerahan bagaimana pemasangan saklar tunggal mengoprasikan 2 lampu atau diagram pemasangan listrik saklar tunggal untuk 2 lampu, untuk memandu teman-teman dalam pemasangan saklar tunggal melayani 2 lampu untuk seorang instalatir pemula. Seperti gambar dibawah ini :

Skema diagram saklar tunggal melayani 2 lampu

Jadi pada gambar diatas teman-teman bisa jadikan acuan dalam pemasangan listrik untuk saklar tunggal  melayani 2 lampu atau 1 saklar untuk 2 lampu, untuk itu saya anggap teman-teman bisa membaca diagram diatas. Gambar diatas menerangkan s1 adalah saklar tunggal dan 220V adalah phasa, 0V adalah netral dan L1 adalah lampu 1 dan L2 adalah lampu 2.

Jadi bagaimana sistem kerjanya satu saklar melayani 2 lampu atau 2 lampu 1 saklar.

 Berikut Sistem kerjanya :

Jika saklar 1 ditekan maka arus listrik akan mengalir melalui 2 lampu, teman-teman bisa melihat dari 220V adalah sumber api atau phasa yang terhubung ke saklar dimana saklar adalah sebagai pemutus dan penghubung arus listrik.


Penutup

Semoga bermanfaat untuk skema diagram saklar tunggal melayani 2 lampu dan cara pemasangan saklar tunggal untuk 2 lampu dengan melihat digaram diatas, saya ucapkan terima kasih.

Wassallamulaikum, wr, wb.

Bye-bye.....








Related Posts