Tips cara cepat merakit control start delta tanpa wiring diagram

Assallamulaikum wr.wb

1. Pendahuluan

Apa kabar, para pekerja keras?! Semoga keadaan kalian selalu baik-baik saja, amin...aminin dong..dan hari ini saya ingin menjelaskan tentang artikel yamg berhubungan pada rangkaiaan control atau tips cara cepat merakit panel star delta tanpa wiring diagram, jadi disni saya ingin membagikan pengalaman saya dalam memahami dengan mudah merakit rangkaian kontrol motor induksi start delta dengan cepat dan mudah, tapi sebelum kita masuk pada pembahasan artikel dengan judul misteri gunung berapi 3, eh maaf maksud saya tips cepat merakit rangkaian star delta tanpa wiring digram ada baiknya teman-teman ikuti blog saya agar saya termotivasi untuk meberikan pengalaman-pengelaman kerja dibidang listrik dan sebagainya dan jangan lupa subscribe juga chanel youtube saya yang baru bikin, apalah daya blog dan youtube tanpa subcribe hanyalah jomblo yang merana,,,,aisssssiap bukan aisah....gas ngak ni...nyokk kita gas....


2. Dasar Teori

Pada dasarnya rangkaian kontrol motor star delta digunakan untuk motor listrik dengan kapasitas besar, yang berfungsi untuk meberikan star awal agar motor dapat running dan torsi pada maksimal puncaknya batas yang ditentukan, pada umumnya rangkain kontrol star delta ini juga berfungsi sebagai pengaman, jika terjadi beban lebih pada motor listrik atau arus pendek, oleh karna itu dibutuhkan rangkaian ini guna menjaga motor listrik agar tetap aman, nyaman dan tenang, ngeri...ngeri ngeri...nyaman dan tenang.

Tapi disni saya tidak menyampaikan secara gamblang tentang teori-teori pada umunya, jadi batasan yang saya ambil hanyalah judul diatas tentang bagaimana tips cepat merakit kontrol star delta untuk motor listrik tanpa wiring diagram.


Hemmm...... Jadi begini, gaes kita tahu bahwa rangkaian ini memerlukan timer, kontaktor, tombol push button, mcb 3 phasa atau mccb, dan mcb 1 pahasa., jadi semua kompenen peralatan yang saya jabarkan tentunya itu adalah kompenen yang kita perlukan pada saat merakit rangkaian control start delta...berikut gambar penjelasan start delta :

Tips cara cepat memahami rangkaian kontrol star delta.Webp
Tips cara cepat memahami rangkaian kontrol star delta


Bagaimana Cara memahami rangkaian control start delta dengan cepat tanpa wiring digram, tapi saya ingin bertanya kepada ageas-ageas semua?! Dan tanyakan pada diri kalian? Apakah teman-teman paham dengan sistem rangkain direct online?!! Dan apakah teman-teman paham dengan timer omron? Merakit maupun prinsip kerjanya..jika belum kuylah belajar lagi...pada dasarnya untuk memahami rangkaian ini teman-teman hanyalah harus paham rangkaian direct online dan keluaran pengapian pada timer omron kita tentu tahu dan mengerti bahwa untuk merakit  rangkaian control start delta ini kuncinya kita paham akan apa itu kontak NO dan NC...nah tanpa sadar saya sudah memberikan tips merakit rangkaian control start delta dengan cepat tanpa wiring diagram, kenapa saya bilang begitu....karna kontaktor 1 pada star delta adalah hampir sama dengan direct online, kontaktor 2 dan 3 hanyalah mendaptkan sumber api dari timer omron untuk menjalankan kontaktor 2 dan 3, nah di artikel ini saya anggap teman-teman sudah paham prinsip kerja dari timer omron mapun kontak NO dan NC, kalau belum ni baca disni link :

Pengertian kontak NO dan NC pada push button


Kesimpulan dari sistem rangkaian control start delta ini :

1. Kontaktor 1 pemasangan rangkaian controlnya hampir sama dengan direct online
2. Timer omron dihidupkan oleh kontaktor 1 dengan kata lain timer omron mendapatkan sumber arus listrik dari kontaktor 1.
3. Timer omron mempunyai tegangan masukan 220V. Dengan power pada terminal timer yaitu 2 dan 7 dan juga terkoneksi pada kabel jumper pada  pengambilan phasa untuk suplai arus ke kaki timer 3 dan 4, kita tahu timer mempunyai kontak NO pada kaki 3 dan kontak NC pada kaki 4, dan penghubungan kabel jumper dari 7 ke 8 (pahasa) agar dapat suplai arus ke kaki 3 dan 4 guna menghidupkan kontaktor 3 dan 2.
Berikut video yang telah saya bikin dalam memahami rangkaian kontrol star delta dengan cepat :



Video diatas menerangkan cara merakit star delta dan pemahaman rangkaian kontrol untuk motor dengan kapasitas diatas 5 Kw. Jangan lupa tonton atau kunjungi channel saya diatas situs. 

3. Penutup

Saya rasa cukup, penjelasan tentang cara cepat merakit control start delta, semoga bermanfat, mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan maupun kata-kata dan saya ucapkan terima kasih telah berkunjung, saya akhiri wassallamualaikum, wr, wb.

Bye-bye.

Related Posts