Cara membalikan arah putaran motor 1 phasa

Assallamulaikum, wr, wb.

1. Pendahuluan

Halo sahabat teknik maintenance workshop. Apa kabar? hari ini saya ingin menjelaskan bagaimana cara membalikan / merubah arah putaran motor listrik  1 phasa (motor  1 phasa  kapasitor) Tapi sebelum itu saya ingin menyapa sahabat semua bagaimana kabar kalian, semoga dalam keadaan sehat selalu dan murah rejekinya, Amin 

Bagaimana kita gas?

Gaspol.....

2. Teori Dasar

Motor listrik start kapasitor 1 phasa ini merupakan motor listrik arus AC 220V.
Biasanya motor ini terdapat pada fan blower, pompa air, kipas angin dan lain sebagainya, tentunya kita tahu motor kapasitor memiliki  bagian terpenting yaitu stator dan rotor. Pada penggunaan kapasitor motor 1 phasa berfungsi memperbesar kopel atau start awal, mengurangi penggunaan arus pada start awal, serta penguat pada pegergesaran phasa antara kumparan utama dan kumparan bantu.

Seperti yang kita ketahui motor kapasitor ini memiliki 2 kumparan yaitu kumparan utama dan kumparan bantu atau baca penjelasan berikut :


Dimana kumparan utama gulunganya lebih banyak atau sama dengan tahahannya lebih besar dan sebaliknya kumparan utama gulunganya lebih sedikit atau sama dengan tahananya lebih kecil, gun
Untuk mengatahuinya lebih pasti  Dalam merubah arah putaran motor 1 phase, gunakan multitester untuk mengetahui kumparan utama dan kumparan bantu. Agar kita lebih paham dalam melakukan perubahan putaran motor 1 phase kapasitor.

Cara merubah arah putaran motor 1 phasa
Motor kapasitor 1 phase (phasa)

Pada gambar diatas motor listrik kapasitor 1 phasa (phase) dengan kabel keluaran pada motor tersebut merah 2, kuning 2..biasanya kabel merah adalah kumparan utama dan  kumparan bantu adalah kabel warna kuning.
Teman-teman bisa Melakukan perubahan putaran motor 1 phase denga mudah, ketika sudah mengetahui mana kumparan utama dan mana kumparan bantu. Gunakan multitester putar ke skala ohm, lalu lihatlah kabel yang warnanya sama apakah beda nilai tahananya, jika kabel merah lebih besar nilai tahananya maka dipastikan kabel tersebut adalah kumparan utama tapi sebaliknya jika kumparan tersebut lebih nilai suatu tahananya maka dipastikan kabel tersebut kumparan bantu, setelah kita menemukan kumparan bantu dan utama sekarang kita masuk pada topij judul pada penjelasan dibawah ini :

Lalu bagaimana cara merubah atau membalikan arah putaran motor 1 phasa  :

Mudah saja genk dengan cara membalikan polaritas antara kumparan utama  dan kumparan bantu dengan melihat  rangkaian skema diagram dibawah ini :


Cara merubah arah motor 1 phasa
Diagram cara merubah arah motor 1 phasa

Penjelasan gambar  merubah putaran motor 1 phase :

Dalam merubah putaran motor 1 phase yang dimana setiap kumparan atau gulungan memiliki awal dan akhir  Pada setiap gulungan, untuk itulah skema diagram diatas  dibuat, teman-teman bisa melihat cotoh gambar diatas jika ingin melakukan perubahan putaran motor 1 phase, degan membalikan  B1 atau B 2 pada kumparan batu (menukar posisi awal/ akhir pada kumparan bantu)

Maka cara tersebut jitu, dan saya pernah memperaktekanya, semoga teman-teman bisa memahami isi dari artikel ini dan semoga merubah putaran motor 1 phase nya pun berhasil.


Kesimpulan:

1. Untuk merubah arah putaran motor listrik 1 phasa harus mengetahui mana kumparan bantu mana kumparan utama.

2. Lihat gambar yang ada diatas  dengan membalikan awal dan akhir ujung kawat kumparan saja, maka putaran pada motor akan berubah arah.

Saran :

Jangan memegang kapasitor pada ujung kabel yang tidak terisolasi karna kapasitor bersifat menyimpan arus listrik.

Sekian penjelasan dari artikel cara merubah arah motor listrik 1 phasa.

Semoga bermanfaat.

Wassalammualikum, wr, wb.

Bye-bye.......

Tonton juga video ini agar lebih paham cara merubah putaran motor kapasitor





Related Posts