Cara mengatasi kontaktor tidak mengunci pada box panel control

Assallammulaikum, wr, wb.

1. Pendahuluan

Halo para pengais rejeki, jadi hani rini, maksud saya hari ini. Saya ingin memberikan penjelasan tentang bagaimana cara mengatasi kontaktor yang tidak mengunci pada rangkain control manapun. Jadi saya punya pengalaman tentang bagaimana cara mengatasi hal tersebut genk.

Mau tau yuk digas...genk.


2. Dasar teori

Pada gambar dibawah ini adalah kontaktor yang saya jelaskan berdasarkan judul diatas genk :

Cara mengatasi kontaktor tidak mengunci pada box panel

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada kontaktor yang tidak mengunci dibox panel yang beroprasi 24 jam non stop, dari yang terparah dan teringan. Jadi saya pernah mengalami hal ini dan saya dibikin pusing oleh hal ini. Kontaktor tidak mengunci pada saat tombol push button start ditekan dan saya pun mencoba dengan ide yang ada dikepala, tentang bagamana mengatasi kontaktor tidak menguci yang ada dipanel dengan cara menganti kontaktor, mengecek kabel power, cek pada sumber kontaktor yaitu A1 dan A2, cek kontak NO pada kontaktor semua saya lakukan tetapi nihil.

Sebenarnya sepele geng tapi untuk pemula seperti saya dulu minta ampun deh, sama kerusakaan kontaktor yang tidak mengunci 1 ini, sampai-sampai saya sempat berfikir ini adalah gangguan jin.

Jadi apa penyebabnya ini sungguh terlalu kamu roma...

Jadi penyebab sebenarnya adalah bukan ganguan jin ataupun ganguan manusia dan lainya, tetapi  kontaktor yang tidak mengunci atau koil pada kontaktor tidak mendapatkan sumber ini adalah tombol push bottonnya genk.

Cara mengatasi tombol push button tidak mengunci pada panel control

(tombol stop berwarna Merah) karna tombol stop ini yang memberikan sumber api ke kontaktornya. Jadi jika tombol stop ini tidak ada suplai sumber listrik maka otomatis kontaktor tersebut tidak mengunci.

Semoga bisa membantu teman-teman semua untuk mengatasi kontaktor yang tidak bisa terkunci pada panel.

Saya berharap jika teman-teman mempunyai masalah seperti judul diatas yaitu bagaimana cara mengatasi kontaktor yang tidak mengunci atau kontaktor yang  tidak beroprasi saat ditekan tombol pushbutton berwarna hijau.

Maka kerusakaanya tidak lain adalah tombol  stop push button nya rusak (tombol berwarna merah).

Catatan  sedikit tambahan.

Adapun beberapa opsi untuk mengatasi kontaktor yang tidak mengunci yakni dengan melihat sumber tegangan yang ada, biasanya jika rangkaian kontrol tidak mengunci atau suatu kontaktor magenetik tidak mengunci anda sebaiknya melihat sumber terlebih dahulu, bisa jadi sumber dari 3 phase ke rangkaian kontrol kurang dari nilai asupan untuk mengunci kontaktor, misalnya sumber dari MCB atau mccb 3 phase mengalami masalah seperti kurang tegangan dan bisa jadi juga mengalami kabel power pada netral lepas, nah jika kabel netral lepas otomatis kontaktor tidak akan mengunci dikarnakan kontaktor membutuhkan netral untuk beroprasi.


3. Penutup

Saya rasa cukup penjelasannya, semoga teman-teman bisa megatasi hal tersebut.

Semoga berkarat maksud saya semoga bermanfaat.

4. Saran dan kripik (maksud saya kritik)

Adapun saran saya agar selalu mengecek secara rutin pada bix panel, membersikan debu, memberikan pengaman dan lain sebagainya dan bagi yang mempunyai keritik silakan tulis dikolamikan, maksud saya kolom komentar, agar kami selaku penulis bisa memberikan terbaik kepada pembaca setia blog teknik maintenance workshop.

Dan saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualikum, wr, wb.


Bye-bye.....









Related Posts