Cara pemasangan kabel power motor 3 phasa untuk rangkaian star delta

Assallamulaikum, wr, wb.

Jumpa lagi bersama saya di teknik maintenance workshop nah Pada kesempatan kali ini saya ingin menjelasakan tentang pemasangan kabel suplai listrik atau power untuk motor induksi / cara pemasangan kabel power motor listrik 3 phasa pada rangkaian  control star-delta atau cara memasang kabel motor listrik 3 phase hubungan star delta.

Beberapa hal yang perlu diketahui pada pemasangan  kabel power motor induksi 3 phasa ini. Agar tidak terjadi salah pemasang kabel pada saat kondisi start awalnya maupun running timenya

Tapi sebelum kita masuk pada judul cara memasang kabel motor listrik rangkaian control star-delta. Saya ingin menyapa teman-teman, apa kabar speradik (saudara), semoga selalu dalam keadaan baik-baik saja. Amin.

Sudah....

Markimak (mari kita simak)

2. Dasar Teori

Cara pemasangan kabel power  motor 3 phasa untuk rangkaian star delta.webp
Cara pemasangan kabel power  motor 3 phasa untuk rangkaian star delta



Pada kasus pemasangan kabel atau power motor listrik induksi 3 phasa hubungan star delta, tentunya kita harus paham kabel  apa saja yang hedak dikesamakan dari warna kabel maupun kode huruf motor 3 phase star delta. Karna kalau kita salah dalam pemasangan kabel star delta bisa-bisa motor listrik induksi akan terbakar pada koil, juga akan menyebabkan rusak parah motor induksi, lantas guna mengetahui cara pemasangan kabel power tersebut dengan baik dan benar kita harus memahami kumparan stator  (koil ) yang ada pada motor  tersebut yakni huruf yang terdapat pada terminal motor 3 phase (U1, V1, W1 dan U2, V2, W3).

Nah sudah pada tahukan pada motor listrik terdapat terminal suplai listrik 3 phasa dengan penunjukan kode huruf seperti yang saya jelaskan.  


pada dasarnya motor listrik 3 phase digerakan pada saat suplai listrik 3 phasa atau 380V masuk ke motor  3 phase, sehingga pada stator induksi magnetik (medan magnet yang berputar) terjadi, untuk menggerakan rotor dengan kecepatanya yang sama pada rotor dan stator. ini penjelasan singkatnya.

Karna judul artikel ini, yaitu tentang bagaimana cara memasang kabel pada motor 3 phase dengan conection star delta. Jadi saya hanya fokus pada judul artikel tersebut.

3. Langkah pemasangan kabel suplai motor listrik 3 phasa

Jadi begini genk, kita tentunya tahu betul bahwa pada motor listrik 3 phasa yang berkapasitas daya besar atau motor listrik yang akan dijalankan dengan Rangkaian start delta. memiliki kabel power 2 dengan jumlah  isi kabel terdapat 6 kabel untuk rangkaian daya motor listrik 3 phase dan biasanya kabel tersebut memiliki warna merah, hitam, biru dan kuning, jadi 2 kabel dengan isi kabel 6 warna yang sama. Jika kita mengabaikan grounding. 

Pada terminal motor listrik 3 phasa dengan motor yang baru terdapat plat tipis penghubung terminal nanti ketika pemasangan kabel, terminal pada motor listrik yang ada plat tipisnya akan kita lepas karna seperti yang saya jelaskan pada judul kita akan memasang power suplai listrik motor star-delta. Berikut gambar terminal motor listrik 3 phasa pada rangkaian control / kontrol star delta yang telah dicopot plat besi tipis:

Cara pemasangan power motor listrik pada rangkaian kontrol start delta.Webp
Cara pemasangan kabel power star delta kemotor listrik

Pada gambar diatas adalah contoh kabel power untuk motor listrik 3 phasa yang akan kita connection pada rangkain star- delta atau tutorial pemasangan kabel motor 3 phase rangkaian star delta. 

Untuk itu pemula harus tau pemasangan kabel power star delta ini :

Pertama agenk harus paham huruf yang ada di motor listrik ini berikut gambar terminal pada motor listrik 380V ( 3 phasa):


Cara pasang kabel star delta motor 3 phase.webp
Cara pasang kabel power motor star delta

Pada gambar diatas adalah contoh huruf yang ada pada motor listrik 3 pahasa nah bagaimana cara memasang kabel power pada motor star delta ini nanti saya akan jelasakan. Ada baiknya kita memahami gambar diatas terlebih dahulu jadi motor listrik diatas adalah contoh koil atau kumparan yang terhubung pada terminal tersebut genk, misalkan ketika kita mengukur menggunakan multitester  dengan skala multitester ke OHM maka setiap huruf yang sama contohnya U1 dan U2 (ketika diukur menggunakan multitester maka jarum akan bergerak) menandakan motor induksi tersebut bagus dalam keadaan normal begitupun sebaliknya, dan lanjut cek ke huruf berikutnya V1 dan V2 W1 dan W2 (menujukan jarum bergerak berarti stator sehat ). Mungkin kalian akan bertanya. Jadi apa hubunganya terhadap judul artikel...!!!! Tunggu dulu genk ini baru putar radio buruk  menggunakan jari genk ( cuma orang yang pro tau apa ini artinya)

Saya menjelaskan  penjelasaan tersebut itu adalah untuk acuan pemasangan kabel power motor listrik star delta atau connect kabel motor listrik star delta genk atau juga kita bisa menggunakan untuk mengetahui kondisi motor listrik tersebut baik atau rusak genk.

Jadi begini genk jika kabel tersebut kita pasang dengan huruf yang sama Dengan kabel yang warnanya sama contohnya huruf U1 dan huruf U2 dengan kabel warnanya sama (kabel merah ke U1 dan kabel merahnya lagi ke U2) maka motor tersebut gagal jalan dengan kata lain motor tersebut tidak akan menemukan running timenya genk atau pada saat distart motor tersbut overload genk, jika dilakukan dalam waktu lama motor akan terbakar., Start mati, star mati lagi beldust deh...hehehe

Jadi bagaimana pemasangan yang benar :

Cafa pasang kabel star delta .webp
Cara pemasangan kabel motor listrik  3 phasa  pada rangkaiAn Kontrol star delta

Jadi pada gambar di atas kita bisa menggunakan kabel yang sejalur misalnya anggaplah kabel tersebut R S T dan N. Merah =  R, hitam = S, biru = T karna tidak menggunakan netral maka N = grounding, lalu U1 = kabel merah V1 = hitam W1 = biru dan sedangkan W2 = merah U2 = hitam dan V2 = biru sedangkan kuning itu adalah grounding ke body motor listrik.

Nah ketika kita memasamg kabel pada star delta dengan motor diatas 5 kw maka kabel dari kontaktor alias rangkaian kontrolnya " kontak utama kontaktor" seperti gambar diawal atau gambar 1.

Nah ikuti gambar yak, intinya koil tersebut tidak boleh warnanya sama.

Jadi gambar tersebut adalah patokan contoh untuk pemasangan kabel.

Mohon maaf gambarnya jelek karna saya editing menggunakan handpone, ngetik juga mengguanakan handpone. Jadi mohon dimaklumi ya. Hehe.

Tapi di artikel ini semaksimal mungkin saya akan menjelaskanya, agar teman-teman bisa paham.

Sakarang saya ingin bertannya apakah seperadik (saudara) paham? Semog  saja paham. Amin.

Artikel sudah saya terbitkan jika kurang paham anda dapat melihat video yang sudah saya publish diyutube abe brikut video tentang cara pasang kabel motor rangkaian star delta dan melihat  lonjakan arus pada motor listrik 15 kw :


Tonton video diatas untuk menambah wawasan anda tentang judul diatas.



Penutup

Saya rasa cukup penjelasan diatas dengan judl cara memasang power motor listrik pada rangkaian control star delta / cara connect suplai power motor listrik pada rangkain star delta.

Semoga bermanfaat salam hangat.

Bye- bye.......







Related Posts