kontak NO dan NC pada pushbutton

Assallamulaikum, wr, wb.

1. Pendahuluan

Selamat siang salam hangat, apa kabar. Semoga dalam keadaan sehat dan lancar rejekinya, amin. Aminin juga dong...jangan ngaak.

Sudah tahu pushbutton? Saya anggap belom, karna kalau sudah tahu dan paham tidaklah mungkin kakang-kakang, abang-abang, akik-akik yang tampan mampir dimari disini, saya akan menjelaskan singkat tentang penjelasan Pushbutton dan apa yang dimaksud dengan pushbutton? pada alat saklar tekan untuk rangkaian control kontaktor berikut ini dan spesifikasi alat yang berlabel pushbutton ini, kejedot...maksud saya cek it's out :

2. Teori menjerumuskan, heheh Teori dasar maksud saya, ia bambang.

Santai selow jangan terlalu serius menantap dan membacanya gambar dibawah adalah pushbutton stop (merah) dan hijau (start).

Pengertian kontak NO dan NC pada pushbutton.gif
Kontak NO dan NC pada pushbutton

Terdapat Gambar diatas Pengertian tombol pushbutton dan penjelasan  pushbutton atau prinsip kerja pushbutton adalah suatu alat listrik pada rangkaian control kontaktor dan lainya sesuai kebutuhan,  jika diberikan gaya tekan  pada masing-masing terminal kaki maka akan membuat kontaktor berenergi (berlaku pada kontak NC) saat terkoneksi kabel dengan arus listrik.  Contohnya 2 kaki terminal pushbutton (NC) sudah ada kabel pada masing-masing terminal NC  terminal kaki 1 dan kabel  koneksikan ke mcb dan satunya ke A1 kontaktor lalu A2 pasang kabel netral maka jika ditekan pushbutton ini kontaktor akan mengunci dan jika dilepas maka kontaktor tidak bernergi (OFF),  tombol pushbutton dianotasikan pensaklaran yang terbuka (NC) dan NO tertutup arus listrik.

Lalu apa yangk dimaksud fengan pushbutton? Pengertian  Dan penjelasan Pushbutton ?  Pushbutton adalah suatu alat saklar listrik yang berfungsi sebagai pemutus dan penyambung arus listrik dari sumber arus listrik ke beban listrik. Suatu sistem saklar pushbutton terdiri dari saklar tekan stop, emergency dan saklar start untuk menhubungkan arus listrik ke rangkaian kontrol

Pushbutton sebagai saklar alat pemutus dan penghubung sumber arus listrik memiliki kontak NO dan NC, lalu apa itu NO dan NC? NO adalah (kondisi saklar terputus) dan NC adalah (kondisi saklar tertutup, terhubung). Anotasinya kurang lebih begini.

Catatan :

Apa itu NO? dimana pada pushbutton NO merupakan sebagai saklar tekan yang dapat menghubungkan dan menjalankan suatu kontaktor pada rangkain control.

Sedangkan apa itu NC? pada pushbutton dimana pushbutton pada saklar stop berwarna  merah merupakan alat yang dapat memutus arus listrik pada rangkain kontrol jika kondisi tombol merah ditekan .

berikut contoh gambar pushbutton pada Prinsip kerja pushbutton atau prinsip kerja kontak NO dan NC :

Penjelasan kontak NO dan NC pada pushbutton.jpg
Pengertian  kontak NO dan NC

 Lihat gambar diatas kawan-kawan bisa berimajinasi dengan gambar diatas, pahami gambar diatas ketika pushbutton ditekan maka spring atau pegas akan membantu gaya dorong pada masing-masing kontak NC maupun NO.

Kontak NO ketika diberikan sumber listrik pada masing-masing kaki dan diberikan gaya tekan maka pegas atau spring akan memberikan gaya dorong yang menghubungkan kontak NO posisi ON ke beban sehingga akan mengalir arus listrik menuju ke beban misalnya penggunaan beban bola lampu (bola lampu).

Catatan
Mainkan imajinasi kawan...biar tajam.Wkwkwk

Sedangkan Kontak NO (normaly open) ketika dilepas gaya tekan maka seketika pegas atau spring kembali ke bentuk awal dan melepaskan sumber listrik (sumber listrik yang menuju ke beban akan terputus)

Begitupun dengan cara kerja kontak NC (normaly close), pada saat tidak diberikan gaya dorong maka kondisi NC tersebut dalam keadaan terhubung, jika diberikan sumber listrik dan beban bola lampu maka arus listrik akan langsung mengalir menuju bola lampu.

begitupun sebaliknya ketika NC diberikan gaya dorong maka kontak saklar NC terputus ( tidak memberikan arus listrik untuk lewat  kebeban jembatanya rubuh..hehe maksud saya jalurnya terputus.

Ada pun spesifikasi kemampuan pada alat yang bernama pushbutton ini seperti contoh gambar dibawah ini :

Penjelasan pada pushbutton.jpg
Pushbutton

Pada gambar mobil tamiya diatas menunjukan. maksud saya pushbutton dengan jenis PB 25 11-4F, ada yang tahu kode tersebut? Jujur saja saya juga kurang tahu dan paham, tapi secara pribadi saya memiliki pandangan tentang  arti kode tersebut.

25 ini adalah diameter 25 mm, sedangkan 11 adalah 1 NO / 1 NC, dan 4F adalah jumlah kaki /fasa (kalau benar maaf kalau salah maaf...hhehe)

Kok jadi maaf semua yaks..ah sudahlah bambang.

untuk sepsifikasi pushbutton :

Frekuesi 50-60 Hz
Tengangan masimal 600 V
AC 250V / 6 amper

Tinggi 65 mm
Berat 41 gram
Tinggi tombol 30 mm
Lebar depan/belakang 32 mm
SNI (standart nasional indo)
Bahan terbuat dari logam

Spesifikasi diatas adalah contoh push button type PB 2511-4F

Silakan disimak video yang akan kita bahas breee......seperti judul artikel ini bree berikut video selengkapnya :


Mungkin video ini sedikit memberikan pencerahan untuk kalian tentang penjelasan kontak NO dan NC pada  tombol pushbutton.


4. Penutup

Semoga bermanfaat, mohon maaf kalau ada salah kata, baik penulisaan maupun ucapaan,jangan lupa untuk balik kembali kesini lagi saya merindukan mu bambang, silakan komentar dikolom dokter kesehatan jika anda merasa sakit. Hubungi dokter, jagan lupa berobat. Kok jadi ngacok gini ya....komentarlah dengan santuy dan sopan. Saya ucapkan terima kasih dan wassallamualaikum,wr,wb.

Bye-bye
Mekanik serabutan.


Related Posts