Pengertian load cell timbangan (H8C-C3-1.0t-4B)

Assalamualaikum, wr, wb.

1. Pendahuluan


Selamat pagi para pekerja keras, jangan lupa salalu berdoa pada saat melakukan aktivitas sehari-hari, tetap semangat dan jaga kondisi kesehatan. Pada kesempatan hari ini saya ingin menjelaskan tentang load cell pada timbangan Kapasitan 1 ton, ditempat saya bekerja, kita mengurus timbangan baik dalam kalibrasi maupun maintenance, nah timbangan ditempat saya bekerja terdapat 3 table timbangan. Kita masuk pada pembahasan pertama yaitu pengertian load cell timbangan dan langsung saja kita masuk pada teori dasar dari pada load cell tersebut :

2. Teori penunjang

Load cell timbangan.gif
Load cell timbangan


Load cell merupakan komponen utama dari timbangan, bahkan timgkat akurasi timbangan ditentukam oleh load cell itu sendiri dari jenis dan tipe load cell yang dipakai, load cell merupakan sensor berat, apabila load cell diberikan beban pada inti besinya makan niai resistansi pada starin gauge akan berubah.

Load cell terdiri dari 4 kabel dimana tiap kabel dibagi 2 kegunaan, 2 untuk eksitasi dan 2 lagi untuk pengirim sinyal atau sinyal keluaran.

Load cell juga disebut alat electromekanik atau tranducer. Prinsip kerja load ceel yaitu gaya yang bekerja berdasarkan prinsip deformasi akibat sebuah matrial dengan adanya tegangan mekanis, sehingga merubah gaya mekanis menjadi sinyal listrik. Nah untuk itu tadi load cell terdapat 4 kabel eksitasi, apakah abro-abro paham dengan eksitasi kalau belom saya jelaskan secara sederhananya jadi eksitasi ini adalah perubahan energi dasar misalnya 0 Menjadi  nilai yang lebih tinggi. (load ceel) nah makanya pada kabel timbangan red + eksitasi, black - eksitasi, green + sinyal, white - signal bare adalah ground. Lihat gambar dibawah ini adalah contoh kabel load cell :



Pada gambar diatas adalah 4 kabel utama load cell yang dijadikan patokan, untuk penyambungan kabel, panjang kabel 4 meter dari dekat load cell sambai akhir kabel.

Bahan matrial yang ada pada load cell adalah matrial alloy steel, nah gambar yang saya gunakan adalah gambar load cell kapasitas 2 ton tapi pada tipe hanya menghilangkan angka 2 jika load cell kapasitas 2 ton diakhir huruf pada name plate load cell.
Contohnya :

1. H8C-C3-1.0t-4B (kapasitas 1 ton)
2. H8C-C3-2.0t-4B2 (kapasitas 2 ton)

Jadi intinya sama cuma beda kapasitas saja.

Load cell  merek zemic ini memiliki nilai eksitasi 5-12VDC (nominal) 18VDC adalah maksimal.



Jadi untuk lebih jelasnya lihat gambar diatas keterangan load cell 1 ton, untuk dijadikan patokan teman-teman, dalam pemasangan load cell tersebut.

3. Penutup

Saya rasa cukup penjelasan dan pengertian tentang load cell, semoga bermanfaat.

Sukses selalu menyertai kita dunia akhirat, amin.

Good luck.

Bye-bye.





Related Posts