prinsip kerja mesin diesel 4 langkah

Assallamualaikum, wr , wb. 



1. pendahuluan

selamat malam selamat menuju jum'at barokah, kali ini saya akan membahas mengenai prisip kerja mesin diesel, mungkin yang telah paham kagak mampir di artikel saya ini. tapi mungkin bagi  sebagian ada teman-teman yang belum paham dengan prinsip kerja mesin diesel yang digunakan sebagai pemutara rotor untuk genset  atau yang lebih dikenal sebagai Pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) , yuk mari  simak atau belajar mengenal dan memahami prinsip kerja mesin diesel ini. 

2. Dasar Teori

Mesin diesel digunakan sebagai pengerak mula atau prime mover untuk menggerakan suatu rotor generator (PLTD), PLTD ini digunakan sebagai pembangkit listrik dalam jumlah beban kecil dengan kata lain digunakan didaerah terpencil atau kebutuhan suatu pabrik maupun pendesaan. nah bagi yang belom punya listrik boleh ni beli PLTD. 

Prinsip kerja mesin diesel.jpeg
Prinsip kerja mesin diesel


PLTD ini jenis VOLVO PENTTA yang sehari hari saya jalankan atau running tanpa beban guna melihat kondisi genset, untuk memastikan kodisi genset baik-baik saja jika digunakan pada saat diperlukan mislanya pada saat PLN mati, genset inilah yang nantinya memasok kebutuhan listrik di pabrik saya bekerja. prinsip kerja PLTD yaitu bahan bakar dipompakan kedalam tangki penyimpanan  sementara (daily tank), jika bahan bakarnya adalah bahan bakar minyak (BBM) maka bahan bakar  dalam daily tank dipompakan kepengabut (nozzel), bahan bakar dinaikan temperaturnya hingga menjadi kabut. Sedangkan jika bahan bakar yang digunakan GAS (BBG) dari daily tank dipompakan ke convertion kit guna diatur tekananya. Di dalam mesin diesel terjadi penyalaan sendiri karna proses kerjanya udara murni yang  di maanfaatkan didalam silinder pada tekanan yang tinggi sehingga temperatur didalam silinder naik kemudian, bahan bakar disemprotkan di dalam silinder yang bertemperatur dan bertekanan tinggi melebihi titik nyala bahan bakar sehingga akan menyala secara otomatis menimbulkan ledakan bahan bakar.

dalam prinsip kerja mesin diesel  biasanya dikenal dengan 4 langkah kerja dari suatu prinsip kerja mesin diesel yaitu sebagai berikut :

3. Prinsip Kerja Mesin Diesel

1. langkah hisap

selama langkah pertama, yaitu langkah hisap piston akan bergerak kebawah dari TMA ke TMB sehingga akan membuat kevakuman didalam silinder. pada saat inilah yang dinamakan katub hisap membuka dan katup buang menutup.

prinsip kerja mesin diesel.webp
langkah hisap mesin diesel

2. Langkah Kompresi


Pada langkah kompresi ini udara yang sudah masuk kedalam silinder akan ditekan oleh piston yang bergerak ke atas (TMA). perbandingan kompresi pada motor diesel berkisar diatara 14 : 1 sampai 24 : 1 akibat proses ini udara menjadi panas dan temperaturnya mencapai 900 derajat celcius pada langkah ini kedua katub menutup semua, lihat contoh pada gambar dibawah ini :

prinsip kerja mesin diesel (langkah kompresi).jpg
langkah kompresi


3. langkah pembakaraan


OK kita masuk pada langkah pembakaran, pada proses langkah pembakaran ini setelah langkah kompresi injeksi atau injector nozzel menyemprotkan  bahan bakar minyak bertekanan tinggi dalam bentuk kabut kedalam ruang bakar dan udara yang bersama sama akan terbakar oleh panas yang telah dihasilkan sebelumnya pada langkah kerja langkah kompresi yang akan diikuti pada langkah pembakaran tertunda pada langkah usaha ini terjadi pembentukan atom yang nantinya bahan bakar akan terbakar secera langsung setelah pada proses sebelumnya yang tertunda dan akan membakar hampir seluruh bahan bakar. hampir berarti masih ada sisa ya.....heheheh, yang mengakibatkan efek panas pada silinder  meningkat dan juga pada tekanan silinder bertambah besar. kemudian tenaga yang dihasilkan oleh pembakaran diteruskan ke piston. Piston terdorong ke bawah (TMA) dan tenaga pembakaran dirubah menjadi tenaga mekanik (gerak). pada langkah ini kedua katup kondisi tertutup. 

prinsip kerja mesin diesel langkah pembakaran.jpg
langkah pembakaran


4. Langkah Buang


Dalam langkah ini piston bergerak naik ke TMA dan mendorong sisa gas buang keluar melalui katup buang yang sudah terbuka, pada akhir langkah buang, pada proses ini udara segar akan masuk dan ikut mendorong sisa gas bekas keluar dan proses kerja slanjutnyapun mulai, pada prosesnya ini katup buang terbuka katup masuk tertutup, untuk lebih jelas berikut gambarnya :


langkah buang mesin diesel.jpeg
Langkah buang mesin diesel



saya rasa cukup dan jelas  tentang penjelasan prinsip kerja mesin diesel, selamat malam selamat beristri 2 upps beristirahat, terima kasih telah berkunjung. Salam hangat dari saya saya ucapakan 

wassallamualaikum. wr. wb.

see u next time....

bye - bye.

BACA JUGA LINK BERIKUT :

1.prinsip kerja terafo
2. cara melihat kondisi motor listrik baik atau rusak 
3. wiring diagram forward reverse interlock 









Related Posts