Cara memperbaiki crane hoist tidak bisa naik / turun (mitshubishi hoist 5 t)

Assallamualaikum, wr, wb.

1. Pendahuluan 

Selamat siang, para pengais rejeki dan apa kabar semoga selalu dalam keadan sehat. Kali ink saya akan menulis artikel tentang crane hoist mitshubshi kapasitas 5 ton, tentang bagaimana cara meperbaiki crane mitshubshi yang tidak bisa naik turun atau up / down. Sehingga macetnya aktivitas pabrik shingga berdampak buruk kinerja suatu pabrik industri. Langsung saja kita masuk pada pembahasan.

2. Teori

Apa sih itu crane hoist, buat apa sih crane hoist, seperti yang teman-teman ketahui crane hoist merupakan jantung dari suatu perusahaan, peleburan, apa jadinya jika crane ini rusak tentu saja akan berdampak buruk pada export atau impor pada suatu perusahaan. Crane hoist adalah suatau alat yang digunakan untuk mengankat, menaiki, menuruni barang dengan berat berdasarkan kapasitas dari suatu alat  crane itu sendiri (5 ton). Bisa saja kita menggunakan alat berdasarkan kedaan darurat, tapi yang jelas kita tidak mungkin menggunakan atau mengakal-akali dengan cara kita sendiri untuk memenuhi keinginan standart dari suatu perusahaan.

Cara memperbaiki crane hoist up /down mitsubishi 5 ton.jpg
Cara memperbaiki crane hoist tidak bisa naik / turun (crane hoist mitsubhsi 5 ton)

Dalam kasus kerusakan crane hoist mitsubishi ada beberapa kerusakan yang sering terjadi, saya cerita sedikit ya misalnya pada judul artikel saya ini, long travel, mati total, kontaktor terdapat 2 power suplai listrik dan lain sebagainya. Disni saya akan menjelaskan kerusakan crane hoist mitsubishi atau membagi pengalaman yang saya temui dalam perbaikan alat listrik crane hoist yang tidak bisa naik / turun :

Cara memperbaikk crane hoist mitsubshi tidak bisa naik/turun pada angkat beban.jpg
Crane hoist mitsubshi 
Tapi saya ingin bertanya terlebih dahulu apakah crane kita sama?!  Kalau tidak sama bisa jadi alat pada crane hoist saya dan teman-teman ini berbeda.


3. Langkah perbaikan

1. Resistor crane hoist mitsubishi kapasitas 5 ton.

Cara meperbaiki crane hoist mitsubitshi.jpg
Resistor crane hoist mitsubitshi 5 ton

Saya anggap teman-teman sudah mengerti prinsip kerja resistor crane hoist mitsubshi ini. Dalam kerusakan crane hoist mitshubsi, langkag pertama ada baiknya teman-teman mengecek kondisi resistor pada crane mitshubshi ini dengan mengukur kelayakan pakai resitstor tersebut. Ok saya anggap disni teman-teman sudah paham cara mengukur mengunakan multitester kalau belum silakan baca disni :




Jika bagus berati kita ke opsi langkah ke dua, jika rusak ganti atau repair resistor tersebut. 

2. Dioda bridge / kiprok

Pada bagian ini ada baiknya teman-teman mengecek dioda bridge yang terdapat pada crane hoist mitshubshi seperti contoh gambar dibawah ini :

Cara memperbaki crane hoist mitsubishi tidak bisa naik / turun.jpg
Dioda bridge crane hoist mitsubishi

Ukur menggunakan multitester, saya anggap agan atau mas bro sudah paham cara mengukur dioda bridge kalau belum silakan kunjungi link dibawah ini :

Cara cek dioda bridge 


Yang pastinya haruslah layak pakai jika kondisi dioda bridge terukur bagus, jika rusak ganti baru. Jika sudah selesai Maka pada kondisi ini, agan-agan atau mas brok...bisa mengunakan opsi ketiga  cek kabel controler pada remote crane.

3. Control remoten crane

Untuk picnya mohon maaf  saya tidak punya. Tapi saya akan mencoba menjelasakan tentang ini. Pada dasarnya crane hoist dikendalikan mengunakan remote atau tombol push button, ntah itu naik turun mata paengait, long travel dan lain sebagainya.

Cek pada control crane yang menghubung kan remote dan terminal pada intput / output pada crane hoist mitshubshi. Ukur kelayakan. Jika bagus, Syukur. dan jika rusak berarti ganti kabel atau gunakan cadangan kabel pada control remote crane tersebut.
Biasanya pada opsi ini, teman-teman pastikan terlebih dahulu phasa dari remote dan phasa dari terminal in dan out   yang mengarah pada remote crane hoist ini atau crane mitsubshi, cek satu persatu, jumlah  isi kabel remote crane pada control biasanya ada 12 ada juga yang 18 kabel.

4 cek kontaktor

Crane hoist mitsubishi ini biasanya terdapat unit control pada kontaktor untuk menggulung wire rope crane hoist baik itu posisi naik dan turun, lakukan pengecekan di kontaktor bagian yang naik dan turun. Tekan bagian tengah kontaktor ( dalam kondisi terkunci atau berenergi)  untuk posisi naik jika saat ditekan crane bisa naik pada sling angkat bebn berarti kontaktor dalam kondisi bagus tidak ada kerusakan dibagian ini, dan sebaliknya jika tidak dapat naik berarti kontaktor rusak. Kemudian lakukan juga pengecekan crane hoist di kontaktor bagian turun sama seperti yang saya jelaskan tadi.

Semoga bermanfaat.
Dan semoga pekerjaan berjalan lancar amin. 


Catatan :

Opsi pertma, opsi kedua, ketiga dan ke empat adalah contoh dari keruskan crane hoist yang saya alami. Dengan mengecek kondisi resistor, dioda dan remote crane dan menguji kelayakan pakai. Jika terdapat salah satu  dari opsi diatas yang rusak ganti baru. Tingal pasang yang baru.

4. Penutup

Saya rasa cukup dan jelas tentang perbaikan judul artikel ( cara memperbaiki crane hoist mitsubshi kapasitas 5 ton) terima kasih banyak telah berkunjung share jika artikel ini bermanfat, klik subcribe email dibawah agar tidak ketinggaln berita dari updete terbaru artikel teknik maintenance workshop. Silakan tulis dikolom komrntar jika ad pertanyaan.

Coba lah tengok video dibawah ini salah satu penyebab crane hoist tidak bisa naik / turun :






salam hangat 

Wassallamualikum, wr, wb.

See you again....
Bye-bye....




Related Posts