Tips Pengujian aoutomatic voltage regulator (AVR)

Asallamualaikum....

Pendahuluan

  Berdasarkan pengalaman, untuk menguji AVR (Automatic Voltage regulator) apakah kondisinya baik atau rusak!?. Pada pembahasan ini saya ingin menyampaikan ada baiknya  ketika membeli AVR dan sebelum memasang kita uji dan mengecek AVR (automatic voltage regulator)  dulu apakah layak untuk diterapkan di  mesin genset.

Pada artikel kali ini saya akan membahas cara mengecek AVR (automatic voltgae regulator)  dalam kondisi bagus atau rusak, pengecekan AVR dilakukan untuk mengetahui masih layak pakai atau tidak AVR ini.  Misalnya pada voltase yang naik turun,  amper tidak berfungsi dan pada kerusakan bagian dalam AVR (automatic voltage regulator).

Gas poll

Dasar teori

AVR (Aoutomatic Voltage Regulator)  adalah suatu alat yang berfungsi untuk mestabilkan tegangan dan arus, pada saat genset mengalami perubahan harmonik. berikut penjelasan tentang pengujian AVR, pada gambar dibawah ini :

Cara menguji kelayakan avr (automatic voltage regulator).webp
Cara menguji avr apakah layak dipakai atau tidak


Pada gambar diatas adalah contoh AVR mesin Genset yang saya gunakan, nah gan untuk menguji kodisi AVR dan cara cek kondisi AVR baik atau rusak. Menggunakan lampu AC 220 V, dengan acuan terminal pada AVR T-N adalah input dan J-K adalah outputnya. nah gan, jika lampu menyala berarti AVR  (automatic voltage regulator) dalam kondisi baik atau sebaliknya. Ketika harmonik pada lampu menyebakan  Redup artinya rusak. Setinggan AVR harmonik   setingan harmonik atur voltase pada AVR sehingga lampu terang. Berikut video singkat cara pemasangan pengujian avr genset  dan cara mengetahui apakah automatic voltage regulator anda dalam kondisi rusak atau baik:




Baca juga cara pasang AVR pada genset atau generator
Link : cara pasang AVR pada generator

Demikian yang saya sampaikan apabila ada kritik dan saran untuk membangun tulis dikolom komentar dibawah, semoga bermanfaat sekian.
Salam Hangat.

Related Posts