Tips Perbaikan dan indikasi kerusakan olympia burner OM2N

Bismillahirrahmanirrahim


Asallamulaikum wr.wb.


Pendahuluan 

Hallo sahabat perbaikan peralatan listrik yakni maintenance workshop, hari ini saya selaku penulis ingin memberikan artikel kelistrikan dengan judul tips dan trick perbaikan dan indikasi kerusakan olympia burner OM2N. Apa saja indikasi kerusakan olympia burner om2n dari yang terparah sampai yamg teringan, jadi saya punya pengalaman tentang bagaimana cara memperbaiki burner Om 2 N atau burner bermerk olympia ini genks.

Simak terus baca sampai habis agar tidak gagal paham.

Teori Dasar

Olympia burner om 2 n
 Tips Perbaikan dan indikasi kerusakan olympia burner OM2N



Apa sih burner?! Atau apa sih olympia burner ini? Jadi jika teman-teman belum kenal dengan burner saya akan jelaskan sedikit tentang apa olympia burner ini ?! 

Olympia burner atau burner olympia adalah suatu alat kelistrikan yang menggunakan motor 1 phase jika teman-teman bertanya ada ngk sih burner olympia yang menggunakan motor 3 phase, jawabanya ada. Jika kita berbicara perbedaan panjang kali ceritanya genks. Jadi saya hanya memfokuskan artikel ini sesuai judul tips untuk teman-teman yang ingin memperbaiki burner olympia OM 2 N berdasarkan type yang saya sudah saya tulis berdasarkan judul artikel.

Sebulum kita masuk pada perbaikan atau cara memperbaiki burner olympia OM 2 N ini ada baiknya kita mengenal kerusakan-kerusakan yang terjadi pada burner olympia OM 2 N saya jelaskan dibawah ini point-point kerusakan pada burner olympia OM 2 N :
Indikasi kerusakan burner yang saya alami :
  1. Burner tidak dapat hidup pada motor
  2. Burner tidak menyemburkan api
  3. Solar tidak keluar pada nozzel
  4. Motor mati hidup- mati hidup
  5. Penyetel pompa solar ( oil pompa ) tidak berfungsi
  6. Ruangan ( lorong burner ) sering berasap
  7. Asap banyak

Banyak sekali genks sebenarnya indikasi kerusakan burner olympia ini, akan tetapi 7 point ini saya kan jabar dan coba mempersingkat penjelasanya biar ceritanya kagak panjang dan lebar.

Nah 7 point indikasi kerusakan burner olympia om 2 n ini adalah setelan pabrik maksudnya mesin burner tidak kita rubah masih keadaan olympia burner bawaan dari pabrikanya.


BURNER-OLYMPIA-OM2N
Burner olympia

Nah gaskuen

  1. Burner tidak menyala atau tidak dapat hidup
Nah jika indikasi kerusakan olympia burner agan tidak dapat hidup atau mati total maka biasanaya kerusakan ini ada pada kapasitor atau gulungan motor 1 phase yang memang tidak bisa diharapkan lagi bang bambang. Hehe.

Untuk kapasitor kita dapat mengganti kapasitor sesuai ukuran burner olympia yakni berfarad 12 uf.

Untuk kerusakan kumparan motor 1 phase gulung ulang  adalah opsi perbaikanya.

2. Olympia Burner tidak menyemburkan api

Nah opsi pertama jika pada indikasi kerusakan burner olympia om 2 n tidak menyemburkan api maka yang harus kalian lakukan adalah mengecek oil pompa atau pompa minyak pada burner olympia om 2 n, buka saja apakan buntu atau ada kotoran yang menyumbat pada pompa burner ini genks. 

Kemudian opsi kedua cek selenoid burner om 2 n tentunya kita tahu betul bahwa selenoid berperan penting pada kelancaran bahan bakar burner tersebut, hal ini jika terjadi kerusakan pada selenoid maka tidak akan ada solar yang keluar dari nozzel yang menyebabkan burner tidak menyemburkan api.

Oke sampai di sisini aman?!

Next point tiga

3. Nah solar tidak keluar hampir sama pada point no 2 saya tambahkan sedikit jika point 2 tidak dapat mengatasi maka yang agan harus lakukan adalah dengan mengecek coupling dari motor 1 phase ke pompa oil yang ada hal ini bisa jadi indikasi kerusakan yang terdapat pada point 3 sehingga menyebabkan pompa minyak burner tidak dapat berputar biasanya kopling pecah, aus dan sebagainya.

Opsi perbaikan cek yah jangan kagak. 

Next point 4.

4. Motor mati hidup-mati hidup


Pada indikasi kerusakan motor mati hidup-mati hidup untuk olympia burner om 2 n maka yang teman-teman harus lakukan adalah dengan mengecek sensor cahanya pada burner olympia burner om 2 n bisa jadi sensor salah baca. Karna kita tahu sendiri fungsi sensor cahaya pada burner olympia om 2 n adalah untuk pengaman dimana jika api  terlau besar maka sensor akan otomatis mematikan motor burner om 2 n ini genks.

Opsi perbaikan teman-teman dapat membalikan posisi sensor atau tidak menggunakan sensor.

5. Penyetel pompa oil tidak berfungsi

Nah point 5 ini jika pada burner olympia om 2 n bagian penyetel minyak tidak dapat berfungsi maka kita tidak akan dapat memperbesar atau meperkecil minyak yang keluar pada nozzel hal ini tentu akan mengangu kinerja burner yang harus temen-temen lakukan adalah membuka pompa bagian penyetel minyak biasanya akan terdapat korosi pada penyetel pompa minyak, hal ini terjadi biasanya solar bercampur dengan air sehingga menyebabkan korosi ringan pada bagian penyetel minyak burner om 2 n. 

6. Ruangan ( lorong burner ) sering berasap

Nah bagian ruangan burner yang berasap merupakan indikasi kerusakan yang sering terjadi pada burner hal ini disebabkan karna minyak pada nozzel burner menetes, biasanya penyebabnya adalah kurang kuatnya pemasangan pada nozzel kemudian ada lagi pipa oil yang terpasang pada socket pipa atau pipe gauge kurang kencang dan ada lagi hal lain yakni bagian penutup angin yang berada pada bagian nozzel ini mengenai semburan minyak dari nozzel otomatia minyak tersanggah kebawah dan menetes. Busyett tersangah apa yaks artinya. Heheh.

Cek seluruh ya genks.

7. Asap banyak

Pada indikasi kerusakan burner olympia om 2 n yang mengeluarkan asap terlalu banyak hampir sama pada point 6 cek terlebih dahulu pada point 6 yaks genks. Ada lagi tambahan jika asap terlalu banyak maka setel minyak dan angin harus selaras genks. Agar minyak pada nozel bisa terdorong dan memaksimalkan pembakaran pada setel angin dan setel minyak. Ingat selaras genka.

Nah bagaimana genks sampai disini aman, saya rasa cukup muda untuk dipahami tentang tips perbaikan dan indikasi keruskan olympia om 2 n, oke kita tutup ya.


Ok saya rasa cukup dan jelas tentang judul artikel  Tips Perbaikan dan indikasi kerusakan olympia burner OM2N semoga dengan adanya artikel ini memberikan pencerahan kepada teman-teman, salam hangat dari saya.

Tks sudah mampir dimarik.





Related Posts