Cara tes starter tanpa beban

Bismillahnirrohmanirrohim

Hallo sahabat perbaikan peralatan listrik,  kali ini saya akan menjelaskan tentang artikel cara tes starter mobil  tanpa beban atau cara mengetes starting mobil tanpa beban, nah yang belum paham bagaimana cara tes starter mobil mungkin artikel ini sebagai pencerahan untuk taman-teman berkaitan dengan otomotif atau mekanik mesin (engineering). Lantas bagaimana cara mengetes starter mobil. 

Mari disimak... 


Teori Dasar

Kita berteori dulu yah brother. 

Starter mobil atau starting digunakan sebagai alat kelistrikan bertegagan 12 volt - 24 volt DC untuk menghidupkan mesin mobil pada saat ingin menjalankan atau memanas suatu mesin mobil.  namanya juga starter atau starting pasti digunakan untuk memulai sesuatu.  Heheh. 

Biasanya starter mobil atau starting mobil memiliki 2 buah jenis pada penggunaan tegangan seperti yang saya jelaskan diatas tadi.  12 dan 24 DCV.  

Sehingga dalam langkah pengujian starter mobil atau cara mengetes Starter mobil pun berbeda karena kita tahu sendiri perbedan tegangan pada masing-masing teganganlah yang menjadikan dasar bahwa langkah cara mengetes starter mobil atau starting mobil pada masing masing tegangan mengunakan aki mobil 1 unit untuk 12 volt DC dan 2 unit untuk 24 volt dc. 

Saya ingin bertanyaa apakah starting agan rusak?  Sehingga memaksa untuk  melakukan pengecekan starter mobil?  Jika iya mari dibaca terus... Hehe

Dalam langkah test starter mobil tanpa beban, ada beberapa peralatan yang harus dipersiapkan yakni :

  1. Kabel pendek
  2. Kabel aki
  3. Kunci 12
  4. Amper meter jika diperlukan
  5. Dan lain sebagainya

Lantas apa saja yang harus kita lalukan dalam mengetes starter mobil sebenarnya ada beberapa macam dalam pengetesan starter mobil agar kita tahu bagian mana yang bener-bener rusak.

Akan tetapi dalam cara tes starter tanpa beban tidak banyak bertele-tele dilakukan dengan secara langsung  yakni dengan melihat pinion gear dan putaranya saja, lalu bagaimana caranya? Sebelum kita masuk pada pengujian  ada baiknya aki anda dalam kondisi bagus.

Oke langsung saja kita simak gambar dibawah ini :

Starter mobil
Cara tes starter tanpa beban

Nah gambar diatas jika kurang jelas dapat diasave terlebih dahulu dan diperbesar melalui handpone anda, hal ini agar dapat memudahkan teman-teman melihat kabel sambungan yang akan kita jadikan contoh mengetes starter mobil tanpa beban. 

Saya rasa dalam pengujian starter tanpa beban kita cukup melihat dari satu sisi pinon gear  starting bergerak  keluar dan berputar seperti halnya dinamo, maka dipastikan starter mobil agan dalam kondisi bagus. 

Nah jika kurang jelas dalam gambar saya punya video youtube untuk memudahkan teman-teman dalam mengetes starter mobil tanpa beban. Berikut videonya :


Nah dengan durasi 3 menit semoga dapat memberikan pelajaran mengetes starter mobil. Teman-teman dapat mengunjungi channel saya di my youtube channel diatas atau langsung klik disini my youtube channel.

Oke aman? 

Semoga video atau artikel kali ini dapat bermanfaat untuk kita semua saya mah ngk usa banyak-bangak memberikan faedahnya sedikit aja sudah bersyukur banget. 

Oke kita tutup ya


Semoga dengan adanya artikel atau tulisan ini  tentang judul cara tes starter mobil atau cara mengetes starting mobil tanpa beban dapat sedikit berfaedah. 


Salam hangat dari saya....

Saya akhiri.... 


Wassallammualaikum,  wr, wb. 

Bye-bye......








Related Posts