Penyebab saklar bersuara dan bermasalah

 Assalammualaikum, wr, wb


Halo bosku, apa kabar semoga kalian dalam keadaan sehat selalu jadi konten kita kali ini kita akan membahas mengenai permasalahan instalasi listrik rumah yakni dengan judul penyebab saklar dirumah berbunyi atau penyebab saklar bersuara. Jadi saklar dirumah yang bersuara atau bermasalah ada beberapa faktor yang terjadi pada saklar rumah anda genks hal ini sangat berbahaya apabila kita tidak cepat mengatasi hal ini. 

Sebelum saya melanjutkan bagaimana cara mengatasi hal ini yakni saklar berbunyi saya ingin menjelaskan terlebih dahulu mengenai jenis saklar. Saklar memiliki 2 tipe untuk rumah yakni ada yang tanam dan ada yang luar yakni saklar inbow dan outbow. Outbow untuk luar dan inbow untuk bagian saklar dalam alias tanam.

Saklar berbunyi
Penyebab saklar bersuara


Pada penyebab saklar yang bersuara atau penyeba saklar yang berbunyi mengalami masalah didalam saklar tersebut. Namun ada faktor lain juga yang membuat saklar berbunyi, apa saja sih faktor penyebab saklar berbunyi :

Beberapa faktor penyebab saklar bersuara :

  • Semut, cicak dan lain sebagainya
  • Kabel kurang masuk ke saklar
  • Kotoran
  • Panas pada lempengan saklar
Nah faktor -faktor diatas yang sering terjadi pada saklar yang bersuara atau saklar berbunyi oleh karena itu saya akan menjabarkan ke teman-teman bagaimana mengatasi hal ini. Karena hal ini akan sangat berbahaya ketika saklar bersuara namun kita mengabaikan hal ini, karena dampak dari saklar yang bersuara ini akan menyebabkan rumah anda bisa terbakar dan hangus. Selain dampak rumah terbakar akibat saklar berbunyi adalagi dampak yang menyebabkan peralatan listrik dirumah rusak, karena saya pernah memperbaiki hal ini sumber phase di jumper dari saklar ke stop kontak, hal ini akan memicu terjadinya kerusakan peralatan listrik anda. 

Jadi genks dalam cara mengatasi hal ini yakni saklar yang bersuara sangat mudah bagi pemula yakni sebagai berikut :

Cara mengatasi saklar yang bersuara :
  • Matikan atau off kan MCB dalam dan luar
  • Buka sumber saklar yang bermasalah
  • Cek kabel pada saklar
  • Bersihkan kotoran jika terdapat disaklar
  • Buka saklar atau ganti baru
Nah dalam cara mengatasi saklar yang bersuara seperti yang saya jelaskan diatas ketika opsi semua dilakukan jika masih bersuara opsi ganti baru saklar yang  bersuara. Saya pernah membuka bagian di saklar dalam yang di mana terdapat semut di dalam lempengan tembaga saklar genks. Hal ini memicu saklar bersuara karena adanya semut yang sudah mati. Lempengan tersebut saya bersihkan dan kemudian saya pasang kembali dan alhamdullilah bagus dan tidak menimbulkan suara lagi pada saklar yang saya perbaiki genks.

Oke genks ya saya punya video YouTube berdasarkan judul ini genks. Link disini genks :


Silakan bisa  lihat disini atau opsi lainya bisa klik link dibawah ini :



Link diatas anda kan diarahkan langsung ke aplikasi YouTube dan menonton langsung video seperti diatas.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua dan semoga masalah instalasi listrik pada saklar yang bersuara teratasi.

Terima kasih


Related Posts