Cara merakit kapasitor bank 3 phase ( rangkaian kontrol kapasitor bank )

 Assalammualaikum, wr, wb.

Hai genks apa kabar semoga kalian dalam keadaan sehat selalu dan dimudahkan dalam segala urusan, Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai kapasitor bank atau lebih ke cara merakit kapasitor bank yakni pada bagian rangkaian kontrolnya genks. 

Pada dasarnya rangkaian kapasitor bank 3 phase digunakan untuk mengatasi daya reaktif, dikarenakan banyak pengunaan beban induktif seperti trafo step down yakni 380 volt dan ke 110 volt AC, di tempat kita bekerja kita memiliki trafo step down 380 ke 110 volt untuk penggunaan Tanur listrik yakni memanfaatkan carbon sebagai media peleburan biji timah. Sebelum di lakukan pemanasan atau peleburan ini. Pada bagian panel untuk sistem penyaluran listriknya ada rangkaian kapasitor bank lalu outgoing masuk ke trafo step down ini. Pada intinya kubikel out, panel pemutus, out kapasitor, masuk ke trafo step down.

Kita ke cara merakit kapasitor bank 380 volt ( rangkaian kontrol kapasitor bank 3 phase ) 

Sebelum merakit kapasitor bank 3 phase saya perkenalkan dulu beberapa bahan yang  sayang gunakan untuk merakit kapasitor bank yakni sebagai berikut :

  1. Indikator regulator mikro PFR 60
  2. Relay mks 2 p relay my 2 gs ( tergantung dari terminal yang akan kita gunakan )
  3. Kontaktor
  4. Busbar
  5. Push button
  6. Selektor switch manual dan automatis
  7. Fuse MCB 
  8. Kapasitor 32 amper maksimal 450 volt
  9. Mccb ( modul case circuit breaker )
Pada beberapa point diatas ada bahan yang saya gunakan adalah yang utama dan lainya tambahan saja seperti sepatu kabel dan lain sebagainya.

Saya jelaskan terlebih dahulu untuk regulator kapasitor bank mikro PFR 60

    1. Power factor regulator mikro PFR 60
Regulator pada rangkaian  kapasitor bank 3 phase, Memiliki beberapa settingan yang digunakan seperti auto, manual THD, cos phi, amper, kvar dan lain sebagainya berdasarkan kugunanan dibawah ini adalah contoh gambar regulator yang kita gunakan berdasarkan kebutuhan dengan mengikuti batasa rate dari kapasitor :


Cara merakit rangkaian kapasitor bank
Mikro Regulator PFR 60

Gambar diatas merupakan regulator yang kita gunakan untuk merakit rangkaian kapasitor bank secara manual dan auto.


         2. Relay mks 2 P 

Pada dasarnya relay merupakan alat bantu untuk memisahkan rangkaian kapasitor bank dari auto ke manual, Relay ini cari terminal atau switch yang memiliki banyak kaki satu buah relay koil digunakan 2 kaki misalkan atau lebih untuk satu buah kapasitor. Jika terdapat relay 3 kaki maka penggunaan relay sebagai pemisah dapat kita gunakan dengan 3 kaki contoh gambar relay dibawah ini :

Bahan untuk merakit kapasitor bank
Relay my2gs

Relay ini memiliki switch atau kaki yang berupa NC dan NO siwtch yang bertugas mengatur sumber phase pada listrik untuk mengatur sesuatu ON atau OFF, relay memiliki koil sama halnya dengan kontaktor akan tetapi relay ini untuk pengunaan amper yang tidak begitu besar dan dapat digunakan untuk listrik AC atau DC tergantun name plate yang ada pada relay.


         3. Kontaktor 

Kontaktor saya rasa kawan - kawan atau friends sudah mengetahui kontaktor yang belom paham bisa klik link dibawah sini.

Terkait kontaktor : Kontaktor

         4. Busbar atau terminal pada panel

Busbar merupakan alat sebuah terminal untuk merakit kapasitor bank yang mana terdiri dari 4 buah lempengan tembaga untuk mendistribusikan dari pembangkit ke sumber pengguna, busbar pada kapasitor bank dapat kita beri tanda simbol R, S, T dan NOL dengan warna atau lainya.


         5. Push button 

Pushbutton pada rangkaian kapasitor bank digunakan sebagai switch manual untuk kapasitor bank yang mana manual ini biasanya jarang banget digunakan karena pada  sistem manual rangkaian kapasitor bank ketika beban kosong makan kapasitor bank sendiri yang menjadi beban. Dikarenakan saat kita menekan tombol pushbutton sistem manual pada kapasitor bank maka pada kondisi ini kapasitor bank akan on secara terus menerus begitupun sebaliknya jika kita offkan kapasitor bank.

Bisa dipahami yah.


       6. Selektor Switch auto manual untuk                 merakit kapasitor bank

Selektor Switch pada kapasitor bank atau pada rangkaian kapasitor bank digunakan sebagai sumber pamisah auto dan manual dengan satu sumber. Untuk selektor switch bisa dipilih sesuai kebutuhan bentuk macamnya.


7.  Fuse MCB 

Fuse dan MCB bisa hampir sama kegunaanya untuk short dan beban lebih sedangkan fuse untuk proteksi amper jika melebihi range kapasitas fuse maka fuse akan putus. Contoh fuse tertulis 5 amper dan terjadi melebihi range dan kemudian fuse putus. Dan harus diganti baru. Sedangkan MCB cuma jeglek.

8. Kapasitor

 Pada kapasitor yakni rangkaian kapasitor bank digunakan untuk mengatasi daya reaktif yang ditimbulkan, Pada setiap beban induktif yakni trafo dan motor 3 phase yang lebih ke pada gulungan. Untuk itulah diperlukan pasitor bank agar pengguna listrik tidak terkena denda akibat pemakaian daya reaktif tersebut. Contoh kapasitor bank yang kita gunakan sesuai kebutuhan : 

Cara merakit rangkaian kapasitor bank 380 volt
Rangkaian kapasitor bank 3 phase

Pada kapasitor bank memiliki rangke kapasitas maksimal amper seperti pada penjelasan saya diatas denga 6 buah kapasitor artinya kapasitor ini akan aktif saat dimode auto untuk mengatasi daya reaktif. Pada penggunaan motor kincir tambak udang.


9. MCCB

 Mccb merupakan suatu alat dengan nilai range 40 sampe 1000 A nah biasanya ini hampir sama dengan MCB akan tetapi penggunaanya lebih besar dan ada setingan arus, dan overload serta kurva trip. Nah saya rasa teman-teman paham mccb. Kebayakn dari pembaca tentang listrik.


Nah 9 poit bahan dan alat yang saya gunakan yakni seperti contoh diatas. hal ini saya tulis untuk memastikan teman-teman tidak gagal paham dalam merakit rangkaian kontrol kapasitor bank ini. Dari kesembilan point tersebut jika ada kekurangan teman-teman bisa tulis dikolom komentar.


Untuk lebih lengkapnya saya sudah membuat video YouTube cara merakit kapasitor bank link dibawah sini :






Pada video diatas bisa ditonton di sini dan apabila kurang oke bisa klik Disini : 

Cara merakit kapasitor bank

Tautan di atas anda akan langsung di arakah ke video YouTube langsung masuk ke dalam aplikasi YouTube.


Adapun video rangkaian daya kapasitor bank 

Link disini : Rangkaian daya kapasitor bank


Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menjadikan temen - temen lebih baik dan mempelajari cara merakit kapasitor bank ini. Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan atau bacaan teman-temab bisa sahring dikolom komentar. Jangan lupa untuk mensupport channel YouTube saya. Agar saya selalu bersemangat untuk membuat konten dan artikel tentang listrik genks ya.

Subscribe, like dan coment apa saja lalu share ketemen-temen genks ya.

Sampai jumpa diartikel selanjutnya.

Related Posts