Perbedaan dari kapasitor starting dan kapasitor running Pada motor listrik 1 phase

 Assallammualaikum, wr, wb.


Hai sahabat perbaikan peralatan listrik, jadi kali ini bukan kali ciliwung, saya akan menjelaskan tentang perbedaan dari 2 buah kapasitor starting dan kapasitor running atau perbedaan dari kapasitor starting dan kapasitor running, jadi jujur saja saya dulu tidak paham akan kedua hal ini, karna kapasitor yang saya tahu hanya untuk star awal saja. Jadi saya rasa artikel ini sudah sepantasnya saya terbitkan dan mungkin memberikan sedikit pencerahan untuk teman-teman semua.


Bagaimana sih bentuk dan wujud kapasitor starting?

Apa sih kapasitor starting dan kapasitor running?


Apa sih perbedaan kapasitor starting dan kapasitor running?

Langsung saja kita guaskan ke teori dasar mang buluk.


Teori Dasar


Motor listrik 1 phase adalah suatu alat  kelistrikan yang umumnya menggunakan listrik bertegangan 220VAC, yang dimana pada motor listrik satu phase memiliki dua buah komponen penting untuk dapat bekerja yakni stator dan rotor sedangkan jenis motor 1 phase kapasitor garis bawahi memiliki kumparan utama dan kumparan bantu. umumnya kumparan bantu lebih besar lilitanya pada penggunaan kawat email dibanding kumparan utama. Artinya nilai tahanan lebih besar kumparan bantu dibandingkan kumparan utama.


Dengan demikian kapasitor untuk memperbesar kopel awal ( kopel awal lebih ke memperbesar tegangan awal ) dengan demikian terdapat beda fasa antara kumparan bantu dan kumparan utama.  Karnanya ada istilah leagging dan leading pada faktor daya. Arus mendahului tegagangan (leading) dan tegangan mendahului arus (legging) maka dari itu kapasitor dipasang untuk memperbaiki faktor daya beda phase pada kumparan bantu motor satu phase. Jadi kapasitor memperbesar start awal yang mengkonsumsi tegangan begitu besar dimana biasanya nilai tegangan yang terdapat di kapasitor  motor satu phase berkisar  450 volt.


Bang Saya pernah lihat motor 2 buah kapasitor ini beda lagi ceritanya. Motor satu phase mempunyai 2 buah kapasitor yang pertama kapasitor starting dan kapasitor running.


Oke kita masuk ke kapasitor starting :


Kapasitor starting yang saya lihat pada motor 1 phase yang menggunakan 2 buah kapasitor ini bertegangan 250 VAC dan berkapasitas 150 uf berwarna biru bentuknya agak panjang seperti gambar dibawah ini :


Perbedaan  dari kapasitor starting dan kapasitor running  Pada motor listrik 1 phasE.webp
Perbedaan  dari kapasitor starting dan kapasitor running  Pada motor listrik 1 phase

Nah gambar yang kalian lihat adalah jenis kapasitor starting jika motor listrik 1 phase sudah berputar maka selesai urusan kapasitor starting Kemudian dilanjutkan dengan kapasitor running dalam penggunaan 2 buah kapasitor ini biasanya ada saklar sentrifugal yang memutus kapasitor starting saat sudah mencapai putaran awalnya dan dilanjutkan dengan kapasitor running untuk perbedaan antara kedua kapasitor starting dan running ini biasanya antar kehalusan putaran dan kebisingan putaran kapasitor starting suara agak berisik pada putaran motor dan running lebih ke memperhalus suara inipun berlaku untuk motor  1 phase kapasitor starting dan motor kapasitor running.  Berikut gambar :



Jika kita membahas bentuk dari Kapasitor starting biasanya berbahan agak keras lapisan luar pernah lihat yang berwarna putih seperti seng nah ini kapasitor starting. Sedangkan running berbahan plastik contoh pada kapasitor motor pompa air, kipas angin dan lain sebagainya. 


Pertanyaan saya sederhana apakah bisa kapasitor starting dipasang pada pompa air yang berfarad sama dan tegangan sama? Katakanlah kapasitor starting kita ganti kapasitor running seperti agan bilang tapi spesifikasi sama Pada motor listrik 1 phase blower?


Perbedaan kapasitor starting dan kapasitor running.webp
Kapasitor starting 12 uf / 450VAC

Perbedan Kapasitor starting dan running.webp
Kapasitor running 12 uf / 450VAC

Gambar diatas adalah salah satu contoh kapasitor starting dan kapasitor running dengan tegangan sama 450 VAC dan berfarad sama 12 uF.


Saya pernah mencoba ke motor blower burner  bertype om 2 N dengan menggunakan kapasitor yang berbeda-beda seperti gambar diatas dan saya coba satu-persatu seperti yang kalian bilang kapasitor starting dan kapasitor running, lalu apakah motornya hidup? Hidup....!!! Apakah aman? Aman!!!, tidak ada keruskan.


Jadi jangan ngacok, bos untuk masalah  yang kalian bilang kapasitor starting dan running. Kalau belum percobaan.


Jadi gini bos  pemahamanya untuk masalah kapasitor starting dan running ini digunakan untuk motor yang memang membutuhkan 2 buah kapasitor perlu digaris bawahi ( motor star / running starting lebih kecil tegangan 250 volt uf (farad) besar kisaran 150 uf dan running lebih besar tegangan 450 Volt. Uf kisaran 30 uf.


Kapasitor running ini lebih ke meperhalus dan memang untuk motor yang menggunakan 2 buah kapasitor yakni motor start dan running. Kalau motor 1 phase 1 buah kapasitor baik itu kapasitor running dan kapasitor starting ini jika spesifikasi kapasitor sama kita mau bilang apa kapasitor sepsifikasi running dan starting.


Kesel juga ane.

Jadi......

Jika kita berbicara jenis atau macam-macam motor satu phase dikehidupan kita sehari-hari  maka ini adalah contoh motor satu phase yang wajib agan atau teman-teman ketahui :

  • Motor 1 fase sebelah
  • Motor 1 phase kapasitor
  • Motor 1 phase kapasitor permanen
  • Motor 1 phase bayangan kutub
  • Motor 1 phase kapasitor starting / running

Berdasarkan judul saya hanya membahas mengenai motor 1 phase kapasitor starting dan running atau lebih tepatnya perbedaan kapasitor starting dan kapasitor running.

Kesimpulanya kapasitor starting dan running masing - masing penyebutnya atau diucapkan jika pada motor listrik terdapat 2 buah kapasitor. Sedangkan yang terdapat 1 buah kapasitor  pada motor listrik tidak berlaku. Kenapa tidak berlaku berdasarkan percobaan yang saya lakukan.

Dan satu buah kapasitor pada motor listrik disebut kapasitor running. 

Oh iya saya punya video youtube yang sudah saya buat dengan dan melakukan pengujian kapasitor starting dan kapasitor running menggunakan motor 3 phase cek link disini :


Ketika kalian mengklik link diatas akan diarahkan dan langsung menonton video youtube saya...jika ingin memantapkan pengetahuan mengenai kapasitor starting dan kapasitor running.

Sampai disini aman?


Saya rasa itu saja yang dapat saya sampaikan berdasarkan percobaan yang saaya uji.

Jadi baca dulu macam-macam motor baru agan tau.

Kek gimana kapasitor running dan kek gimana kapasitor starting.

Mohon maaf jika ada kesalahan pada tulisan maupun perkataan yang agah nyeleneh. Hehehe. Salam satu kata belajar genks ya.

Terima kasih genks ya. Salam hangat genks.

Kita satu tujuan.



Related Posts