Prinsip kerja kontaktor magnetik 4 pole tegangan 42 volt AC

 Assallammualaikum, wr, wb.


Halo sahabat teknik maintenance workshop khususnya yang bekerja sebagai tukang listrik. Nah kali ini saya akan sedikit memberikan artikel penambah ilmu yakni tentang prinsip kerja kontaktor magnetik 4 pole bertegangan 42 volt AC. Sudah pernah denger dan lihat barangnya belum?! Yang sudah ok, ora popo yang belum silakan baca artikel ini supaya kalian tidak salah menggunakan kontaktor 4 pole atau kontaktor 4 lobang. Langsung saja kita simak dibawah ini....


Asiappp gaskuen brother....


Teori Dasar


Kontaktor magnetik atau yang lebih dikenal dengan kontaktor biasanya digunakan untuk memutus dan menyambung aliran arus listrik ke beban, beban yang seperti apa itu? Beban motor listrik 3 phase umumnya. Kontaktor ada yang sebagai relay pada kontak utama yakni kontaktor 4 pole atau kontaktor 4 lobang (pada kontak utamanya).


Saya cerita sedikit kemarin saya pernah dibikin pusing oleh kontaktor 4 pole ini hal ini dikarnakan saya tidak mengukur kontaktor 4 pole yang ada. Alhasil kesalahan tersebut membuat saya lama dalam memperbaikki crane hoist demage. Setelah senior saya turun tangan ternyata kontaktor 4 pole ini berbeda dengan kontaktor 3 pole. 4 pole atau 4 lobang pada tulisan di kontaktor utama terdapat beberapa huruf seperti berikut :

1. 1 ( angka)

2. R1 

3. R2

4. R3

5. R4 

6. 2

7. 3

8. 4


Pada kontaktor utama huruf diatas terdapat kode di antara lobang kontaktor 4 pole ini. Kode ini saya anggap teman-teman paham megenai keterhubungan huruf pada kontaktor. Simbol R pada kontaktor biasanya sama dengan Relay artinya koil bekerja maka pada kontak utama OFF ini berlaku pada huruf R1 dan seterusnya.


Kontaktor 4 pole bertegangan 42 volt ini menggunakan listrik AC untuk mengoperasikan koil magnetik kontaktor sehinga kontak utama dapat bekerja. 

Pertanyaanya apakah ada kontaktor magnetik yang menggunakan tegangan 42 volt DC ? Jawabnaya ada tergantung teman-teman untuk keperluan apa.


Tanpa banyak basa-basi lagi saya ingin mengajak teman-teman untuk menonton video yang sudah saya siapkan untuk menambah wawasan teman-teman.


Langsung saja kita teropkng hal berikut :




Jadi video ini bisa memwakili teman-teman dalam menambah wawasan. Atau teman-teman bisa langsung teroping channel saya di my yotube channel.


Semoga bermanfaat.








Related Posts