Cara cek kapasitor mesin cuci ( kapasitor 4 kabel ) menggunakan multitester digital

Assallammualaikum, wr, wb.
Halo genks apa kabar kalian semua, semoga dalam keadaan sehat selalu genks. Jangan lupakan protokol kesehatanya karna pademi belom berakhir genks. Jadi pada artikel kali ini saya sebagai penulis ingin menjelaskan tentang bagaimana cara mengecek kapasitor mesin cuci atau cara cek kapasitor mesin cuci yang terdiri dari 4 kabel dengan angaapan 4 kabel dibagi dua yakni kapasitor mesin cuci 2 tabung 2 kabel satu tabung, artinya 4 kabel 2 tabung mesin cuci ( cara cek kapasitor 4 kabel) lantas bagaimana cara cek kapasitor mesin cuci 2 tabung menggunakan multitester digital?.

Sebelum kita masuk jangan lupa mampir dichannel mamang yaks klik saja link diatas my youtube channel dan jangan lupa juga subscribe, likenya genks.

Langsung saja Gas kuen cara cek kondisi kapasitor mesin cuci bagus atau rusak dan bagaimana sih cara mengecek kapasitor.

Teori Dasar

Kapasitor mesin cuci
Kapasitor mesin cuci

Kapasitor adalah suatu alat kelistrikan yang difungsikan untuk membantu motor listrik pada saat start awal, jika motor listrik 1 phase atau motor kapasitor tidak memiliki kapasitor ataupun nilai dari kapasitor tersebut kurang maka dipastikan motor listrik 1 phase tidak akan bekerja. Hal ini dikarnakan motor tersebut mengkomsumsi arus listrik sangat besar pada saat starting awal, sebagai pengerak mula.

Kapasitor motor listrik terdiri dari 2 jenis kapasitor kotak dan tabung dengan nilai farad yang bervaribel dari nilai 1 sampai nilai terbesar. Sedangkan satuanya biasanya yang umum kebanyak mikro farad atau uF.

Jika kita berbicara kapasitor mesin cuci dengan kapasitor biasa, maka ada perbedaan dari kapasitor mesin cuci ini, yakni terdiri dari 4 kabel 1 kemasan isi 2 dan kapasitor biasa yang saya maksud adalah kapasitor 2 kabel cuma bisa digunakan untuk 1 motor listrik dan mesin cuci 2 motor listrik yakni pengering dan mesin pencucinya, jadi yang saya ingin jelaskan kapasitor mesin cuci terdiri dari 2 tabung. Satu kemasan kapasitor mesin cuci untuk mengerakan 2 tabung mesin cuci.

Kapasitor dikenal juga dengan condesator yang diambil dari nama michael faraday.

Ah sudahlah hal ini sudah pernah saya tulis sebeblumnya diartikel atau video youtube saya. 

Jadi genks kita lanjut lagi pembahasan artikel kita tentang cara cek kapasitor mesin cuci menggunakan multitester digital.

Sebelum kita masuk pada penjelasan utamanya mengenai cara cek kapasitor mesin cuci atau cara mengukur kapasitor mesin cuci menggunakan multitester digital, ada baiknya kalian memahami sepsifikasi kapasitor mesin cuci berikut gambar penjelasanya :

Spesifikasi kapasitor mesin cuci
Spesifikasi kapasitor mesin cuci


pada gambar diatas merupakan name plate kapasitor mesin cuci atau sepsifikasi kapasitor mesin cuci 4 kabel, hal ini agar kalian tidak salah beli ataupun bisa menjadi acuan jika kalian ingin membeli kapasitor mesin cuci.

Kapasitor mesin cuci 4 kabel terdiri dari 4 warna :

  • Merah
  • Biru
  • Unggu
  • Abu-abu


Saya jelaskan sedikit :

Kalau kita melihat spsifikasi kapasitor seperti gambar diatas ada lambang kapasitor seperti lambang apa ya. Emmmmm ya sudah saya buatkan gambarnya seperti dibawah ini lets' go diteropong genks :

Simbol kapasitor Mesin cuci
Simbol kapasitor


Kapasitor mesin cuci teridiri dari 4 kabel isi dua. 1 tabung isi dua. nah spesifikasinya seperti berikut 11 uf dan 3 uf, gambar diatas biasa kalian simpan dan perbesar guna melihat dengan jelas spesifikasi dari kapasitor mesin cuci yang berbentuk tabung ini.

Lalu bagaimana cara mengecek kapasitor mesin cuci yang kondisinya baik atau bagus dengan menggunakan alat ukur multitester digital.

Peralatanya pengukuran saya menggunakan multitester digital sanwa CD 800 a. Jadi tinggal kalian putar selektor ke ohm catatan jika kita sama menggunakan multitester digital. 

Kemudian tekan select 3 kali sampai menemukan tampilan di di multitester digital, hf seperti gambar dibawah ini :  

Kapasitor mesin cuci, multitester digital
Cara cek kapasitor mesin cuci menggunakan multitester digital

Gambar diatas tinggal kalian klik dan lihat perbesar untuk tampilan jelasnya.
Sampai disini oke...!!!

Lalu langkah dalam pengecekan kapasitor mesin cuci sebagai berikut :

Gunakan kabel probe multitester digital merah letakan di kabel  kapasitor merah dan hitam (kabel probe multitester digital) letakan dikabel kapasitor mesin cuci kalian genks. Setelah itu tinggal amati apakah nilai yang terukur pada indikator digital sama dengan nilai yang ada pada name plate atau tabel kapasitor mesin cuci, kalian genks. Jika nilai farad pada penunjukan tampilan di indikator digital tidak sama dengan name plate kapasitor dipastikan kondisi kapasitor mesin cuci agenks sudah rusak (kapasitor mesin cuci rusak)

Next.....


Kabel kapasitor berikutnya  sama seperti penjelasan diatas genks ya, cara mengukur dan melihat nilai kapasitor mesin cuci yang bagus dan rusak.

Kalau belum paham juga tak keluarin senjata andalan mamang video yotubenya dibawah ini :



Oke saya rasa video sudah mewakili artikel. Kita tutup ya artikel ini.


Penutup


Saya rasa cukup dan jelas tentang bagaimana cara  cek kapasitor mesin cuci 4 kabel masih bagus atau sudah rusak. Semoga artikel dan video ini bermanfaat untuk kalian semua.

Mohon maaf apabila ada salah kata dalam penulisan dan lainya.

Saya akhiri

Wassallammualaikum, wr, wb.

Related Posts