Penyebab motor listrik 3 phase terbakar

 Assallammualaikum, wr, wb.


Pendahuluan


Halo salam sapa dan salam satu semangat buat sahabat teknik maintenance workshop, biji mane kabar sobat semua. Semoga kalian dalam keadaan sehat selalu. Jadi pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai penyebab motor 3 phase terbakar atau penyebab motor listrik pada koilnya yang sering terbakar. Langsung saja kita simak dan kita teropong artikel berikut ini.


Teori Dasar


Motor 3 phase
Penyebab motor listrik 3 phase terbakar


Motor listrik 3 phase pada prinsip kerjanya memanfaatkan koil sebagai medan elektromagnetik hal ini digunakan untuk memutar rotor pada motor induksi 3 phase. Umumnya motor 3 phase memiliki kumparan biasanya disebut dengan stator dan adapula didalam motor induksi terdapat rotor yang dimana rotor ini lah yang akan digunakan untuk mendapatkan horses power untuk memutar sesuatu dan memanfaatkan energi mekanikanya.


Dalam menjalanakan Motor listrik 3 phase biasanya memerlukan tegangan 3 phase yakni 380 Volt. Seperti yang kita ketahui biasanya terdapat 4 kabel dalam tegangan 3 phase yakni R, S dan T kemudian Netral, Akan tetapi netral sangat jarang sekali digunakan untuk memasang kabel dalam menjalankan atau menghidupkan motor 3 phase hal ini biasanya netral dipasang di body atau grounding degan catatan jika netral pada sumber panel telah terpasang grounding dengan anggapan membuang arus kesalahan pada jalur ketanah grounding ( bisa dimegerti hal ini berikut gambar yang saya maksudkan ) :



Gambar diatas memungkinkan arus kesalahan yang dapat terjadi dibuang ke bumi untuk pengaman suatu peralatan, menjaga kestabilan dan lain sebagainya.


Untuk bagian gambar ada juga yang memasang earthing pada bagian body motor ke tanah agar menjaga kita terhadap tegangan sentuh.


Dalam motor 3 phase Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan motor listrik 3 phase terbakar yakni sebagai berikut :


1. Singel phase atau 2 phase


Penyebab motor 3 phase terbakar pada koil atau kumparan adalah suplai listrik ke motor 3 phase terpasang 1 phase atau bahkan tekoneksi 2 phase dikarnakan kabel penyuplai listrik ke motor katakanlah power ke motor, terputus. Tentunya kita tahu untuk dapat menjalankan motor 3 phase harus bertegangan 380 - 450 Volt ( ini tergantung motor). Ketika terkoneksi singel phase bisa dipastikan tegangan yang didapat hanya 220 V artinya motor listrik 3 phase tidak dapat bergerak dan berputar dan hal ini akan terdengar dengung atau getaran pada motor itu sendiri. Baik singel phase atau 2 phase motor listrik tidak dapat berputar dikarnakan kekurangan input tegangan dalam menjalankan motor 3 phase. Jika motor terkoneksi 1 phase ( singel phase atau 2 phase dalam waktu jangka yang lama dipastikan motor tersebut akan terbakar dan ini adalah penyebab motor 3 phase sering mengalami terbakar (koil hangus).


2. Tanpa pengaman atau tanpa overload


Salah satu penyebab motor listrik 3 phase terbakar adalah tanpa pengaman yakni thermal overload relay. Seperti yang kita ketahui jika motor listrik mengalami beban lebih dan rangkaian kontrol pada beban motor 3 phase tanpa pengaman jelas ini akan menyebabkan motor 3 phase terbakar. Beban yang dipaksakan pada motor 3 phase menyebakan kenaikan arus melebihi kapasitas maksimal motor 3 phase akibatnya motor menjadi panas dan lama-kelamaan akan terbakar. jelas ini salah apalagi tanpa pengaman motor 3 phase yakni thermal overload. Tentunya kita tahu betul bahwa thermal overload relay akan memutus arus listrik pada motor saat motor 3 phase terjadi beban lebih,  berdasarkan setting amper atau arus pada thermal overload relay.


Sampai disini bagaimana dapat byakugan maksud ane bayangan?!


3. Bearing atau klaher


Salah satu penyebab motor 3 phase terbakar adalah bearing atau klaher yang mengalami pecah. Jika bearing atau klaher pecah maka bisa dipastikan koil akan terbakar, kenapa demikian?! Jika kondisi motor 3 phase yang sering terbakar anda wajib mengecek bagian klaher atau bearing dikarnakan bearing punya peranan penting untuk laju suatu motor. Dalam hal ini jika bearing pecah dan korosi dapat meghambat laju suatu motor dan memberatkan putaran motor 3 phase, jika sudah berat diputaran maka arus atau amper motor akan mengalami kenaikan melebihi kapasitas maksimal motor hal ini berpengaruh pada suhu motor 3 phase yakni stator akan panas dan lama- kelamaan akan terbakar.


4. Kontaktor 


Penyebab motor 3 phase terbakar salah satunya adalah kontaktor yang mengalami kegagalan mekanismenya. Misalnya jika kontaktor rusak pada bagian kontak utama salah satunya saja maka dipastikan ini sama dengan singel phase atau 2 phase artinya motor tidak akan bekerja jika motor input kurang dari 380 V. Jika kondisi ini lama terkoneksi 1 phase atau 2 phase maka dipastikan terbakar bro....


5. Tutup motor bagian depan dan belakang


Penyebab motor 3 phase terbakar bisa jadi anda atau kita mengunci bagian tutup motor terlalu kencang dan dapat memberatkan bearing. Bearing berat maka putaran lambat artinya amper naik dan lama - lama akan panas dan terbakar, pastikan memutar bagian shaft rotor jika selesai mengunci tutup motor 3 phase anda.


6. Cooling fan


Salah satu penyebab motor listrik 3 phase terbakar tidak terpasangnya cooling fan pada motor 3 phase anda. Kenapa demikian karna jika motor bekerja ditempat suhu yang panas dan motor tanpa cooling fan, tambah panas dong yaks..heheh...



Penutup


Sudahlah kali aja artikel ini pengunjungnya banyak dan ramai. Semoga bermanfaat untuk kalian semua, saya pemula yang butuh belajar banyak mohon maaf jika ada salah kata saya rasa cukup artikel tentang penyebab motor 3 phase terbakar saya akhiri.


Wassallammualaikum, wr, wb.


Bye-bye bosku.










Related Posts