Cara menentukan kapasitor untuk merubah motor 3 phase ke 1 phase

 Assallammualikum, wr, wb.


Pendahuluan


Halo sahabat teknik maintenance workshop, kali ini saya akan menulis artikel ya iyapah nulis masak main bor mesin...hehehehe. jadi aritkel kali ini saya membahas mengenai bagaimana cara menentukan kapasitor untuk motor 3 phase yang kita rubah menjadi motor 1 phase atau kapasitor  ukuran berapa yang digunakan untuk merubah motor listrik 3 phase  menjadi satu phase? Mari kita simak slurrrrrrr...


Cat tileepilar...heheh


Teori Penunjang


Motor 3 phase ke Motor 1 phase
Cara menentukan kapasitor untuk merubah motor 3 phase ke 1 phase


Seperti pertanyaan kawan-kawan yang sudah saya tulungin untuk menjawab beberapa pertanyaan di channel youtube ane, memang kebanyakan pertanyaan kapasitor berapa bang untuk motor bla bla bla...

Hal ini timbul pada saya pribadi untuk membuat video dan membantu walupun sedikit. terkait pertanyaan yang diajukan. Kepada agan-agan yang ingin merubah motor 3 phase ke satu phase...memang tidak segampang itu ferguso...hehehe

Jadi dalam merubah motor 3 phase ke 1 phase ada beberapa hal yang perlu diperhatikan berikut point penting merubah 3 phase ke satu phase :

  •  Daya rumah
  • Kapasitas motor 3 phase
  • Kapasitor berapa uF
  • Beban terpasang untuk mendapatkan energi mekanik
  • Poli yang digunakan


Dalam merubah motor 3 phase menjadi motor 1 phase ada beberapa hal yang perlu diketahui yakni kapasitor ukuran berapa yang akan kita jadikan acuan untuk mendapatkan energi mekanik dari motor 3 phase yang sudah kita rubah menjadi motor 1 phase kapasitor. 


Kita tahu sangat penting dalam menentukan kapasitor ukuran berapa, karna jika salah maka motor 3 phase agan akan rusak tentunya agan tidak ingin motor 3 phase agan rusak butuh biaya yang sangat lumayan mahal jika motor 3 phase agan rusak.


Peralatan apa saja yang akan kita gunakan dalam menentukan kapasitor untuk motor 3 phase yang kita rubah ke 1 phase berikut peralatan yang saya gunakan untuk menjadikan motor 3 phase ke 1 phase.


  • Tang ampere
  • Motor 3 phase 2,2 kw
  • Kapasitor

Saya sudah menyiapkan videonya dichannel youtube ane terkait cara merubah motor 3 phase 2,2 kw menjadi motor 1 phase hal ini  ini saya buat karna memang untuk membantu agan-agan yaa walupun kagak bayak la membantu.....

Tetapi ini menujukan saya begitu peduli lataran memang tujuan saya untuk membantu. Tapi tidak menutupi rasa kemunafikan tujuan lainya yakni untuk kemajuan channnel. Artinya kita sama-sama diuntungkan yahhh genks yaah....

Saya terangkan sedikit lagi yaks....

  • Pertama kita harus menentukan motor sesuai beban penggunaan motor 3 phase yang kita jadikan motor 1 phase

  • Semakin besar beban semakin besar pula tenaga kuda yang akan kita butuhkan.

  • Semakin besar beban artinya semakin besar daya motor HP (horses power)

  • Semakin besar daya motor semakin besar juga daya pln yang akan  kita gunakan

Biji mane dipikir yah genks.

Saya rasa agan-agan dapat menonton video yang sudah saya buat dibawah sini atau langsuung kunjungi channel ane di atas my yotube channel :


Nah video diatas mungkin akan sedikit memberikan pencerahan tentang bagaimana menentukan kapasitor untuk merubah 3 phase ke satu pahse.

Tips untuk merubah motor 3 phase ke 1 phase harus mengetahui acuan amper dari maximal motor 3 phase yang kita gunakan ah syudahlah saya rasa video sudah mewakili dan memebrikan jawaban rasa pengen tahu agan-agan.


Penutup

Saya rasa cukup dan jelas dalam artikel kali ini tips bagaimana menentukan kapasitor pada motor 3 phase yang akan kita rubah ke satu phase.

Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan maupun perkataan babang spyerman. Terima kasih sudah berkunjung salam hangat, saya akhiri.

Wassallammualaikum, wr, wb.

Bye-bye genks.










Related Posts