Penyebab crane hoist electric pada wire rope sling angkat beban turun sendiri

 Assallamuallaikum, wr, wb.


Pendahuluan


Halo genks apa kabar, salam hangat pada kalian semua. semoga dalam keadaan sehat selalu..amin. hari ini saya akan menjelaskan penyebab crane hoist electric pada wire rope sling angkat beban turun sendiri atau penyebab masalah wire rope sling crane hoist turun sendiri. Kemarin saya sempat membahas artikel tentang cara mengatasi crane hoist mitsubishi tidak bisa naik turun pada wire rope sling angkat beban. Nanti saya tempel link dibawah artikel ini tentang penyebab crane hoist tidak bisa naik turun.

Link : crane hoist mitsubishi tidak bisa naik turun

Jelas Ada perbedaan masalahnya pada crane wire rope sling turun sendiri dan wire rope sling tidak bisa naik turun.


Langsung saja kita pelasa ( simak ) :


Teori Dasar


Penyebab crane hoist electric pada wire rope sling angkat beban turun sendiri 


Crane hoist electric lebih dikenal dengan mesin pengangkat beban dari bawah ke atas, ke samping ( kiri dan kanan ) atau maju kedepan dan kebelakang. Hehhe, ada - ada aja.

Jadi crane hoist electric, saya cerita sedikit, ini benar dan tidak mengada-ada kemarin pada hari jumat tangal 12 september kita mengalami keruskan pada crane hoist dan dibenerin oleh ahlinya yakni teknisi dari mitsubishi, jujur saja kita belum punya pengalaman dalam membongkar crane hoist ini. Akan tetapi kita sudah mengetahui letak masalah yang terjadi pada penyebab crane hoist yang wire rope turun sendiri pada saat diam  (off ) maupun ON ( hidup ), saya ingin bertanya sedikit tentang masalah anda saat ini apakah crane hoist electric  anda turun  sendiri pada wire rope sling seperti judul ini, jika iya anda berada di masalah yang sama seperti yang kita alami.

Pada crane hoist electric memiliki banyak macam merek dan berbeda alat, koreksi jika saya salah. Merek Crane hoist yang saya ketahui saat ini adalah demage, mitsubishi dan hitachi, pertanyaan saya apakah crane hoist  electric berkapasitas kecil dan besar pada angkat beban maksimum semua tipe memiliki canvas atau rem pada naik turun wire rope atau sling?!


Jujur saja jika kalian bertanya kepadaku ( njir kepadaku ) mungkin saya akan menjawab bisa iya dan bisa juga tidak berdasarkan merek dan masing - masing tipe, nah jika teman - teman tahu atau paham silakan komentar di kolom komentar jika semua crane hoist electric memiliki canvas rem pada wire rope sling angkat beban. 


Jadi penyebab sebenarnya nanti saya akan jabar, satu persatu kemungkinan memang bukan canvas rem pada crane hoist itu sendiri, sebelum kita mengklaim bahwa memang canvas yang habis menyebabkan sling atau wire rope pada crane hoist turun sendiri saat kondisi ON dan OFF.


Ada baiknya kita mengecek penyebab crane hoist electric pada wire rope sling  angkat beban turun sendiri berikut point yang akan saya jabar :


1. Remote cerane hoist


Jika crane anda memiliki remote kontrol bisa jadi penyebab crane hoist electric anda  pada saat mengangkat beban slingnya turun sendiri, karet  silikon pada tombol down pecah. Hal ini tentunya menyebabkan debu atau pasir yang terdapat logam besi atau timah bisa membuat dan menggangu tombol  down pada sling atau wire rope angkat beban, kemungkinan debu logam besi masuk pada papan circuit atau tombol down dan menggangu kinerja remote anda.


Tidak ada salahnya anda mengecek remote terlebih dahulu, bisa jadi penyebab crane hoist electric anda pada sling turun sendiri adalah ini salah satunya yakni remote crane bermasalah.


2. Kabel remote 


Tentunya kita tahu bahwa kontaktor pengendali sling naik dan turun pada remote. Remote crane hoist yang memiliki kabel tekoneksi pada kontrol pengendali up dan down, hal ini jika kabel putus ditengah atau kabel crane hoist pada remote pengendali turun wire rope sling putus dan terkoneksi  sumber arus listrik bagian yang lain ini, jelas kemungkinan dan penyebab crane hoist anda slingnya turun  sendiri.

Bagian ini ( kabel remote ) bisa saja terjadi kabel phase yang lain mislanya terhubung ke kabel kontrol down tidak ada salahnya melakukan pengecekan untuk mengetahui lebih lanjut pada kerusakan yang sebenarnya yakni Penyebab crane hoist electric pada wire rope sling angkat beban  turun sendiri


3. Canvas rem habis


Pada gambar dibawah ini adalah bentuk canvas rem  crane hoist electric yang kita perbaiki yang  sudah menipis, adapun gear atau gigi untuk memutar kanvas dan gigi pada gear canvas rem crane hoist harus dihitung  jumlah gigi gear untuk menyamakan spare part yang akan kita ganti baru. Hal ini bertujuan agar tidak salah beli.


Crane hoist electric pada Wire rope sling
Penyebab crane hoist electric pada wire rope sling angkat beban  turun sendiri 


Penyebab crane hoist pada wire rope sling turun sendiri bisa jadi canvas yang sudah habis? Pertanyaan kapan anda menganti canvas rem crane hoist anda ?


Jika sudah 4 tahun atau 3 tahun anda dapat menganti baru, ane cerita lagi boleh? Jadi kemarin crane hoist kita sling turun sendiri pada saat angkat beban, terjadilah beban tersebut jatuh seketika sungguh terlalu kau roma. Saya tidak mengada - ada atau saya tidak mengarang cerita ini.


Jelas ini sangat berbahaya sekali dalam proses pengangkatan beban takudnya terjadi hal yang tidak kita inginkan. Sepeti yang saya ceritakan.


Jadi perhatikan penyebab crane hoist electric slingnya turun sendiri, kemungkinan ini adalah penyebab utamanya. Anda dapat menganti canvas rem crane hoist dengan yang baru jika canvas rem sling yang anda pakai tipis 2 tahun dengan oprasional jam terbang tinggi wajib ganti sebelum memakan korban....ngeri amat yaks.


Kita tutup ya.


Penutup


Saya rasa cukup dan jelas penyebab crane hoist electric seling turun sendiri atau penyebab crane hoist electric wire rope turun sendiri.


Semog dengan adanya artikel ini dapat mengatasi masalah yang ada. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Salam hangat


Bye - bye..

Related Posts