Cara mengetahui Phasa dan netral pada kabel PLN 4 x 10 mm ( kabel twisted )

Assalammualaikum, wr, wb.


Pendahuluan 


Selamat sore, para pengais rejeki. Apa kabar berhubung tidak  ada kerjaan saya mau nulis artikel berkaitan dengan judul cara mengetahui phasa dan netral pada kabel pln atau cara melihat phasa dan netral pada kabel twisted 4 x 10 mm2. Jadi saya perlu membahas hal ini karna ketika kita sudah menjadi seorang teknisi listrik maka akan ada saatnya kita perlu mengetahui beberapa hal wajib pada phasa / fase dan netral kabel SR PLN yang isinya ada 4 buah.


Langsung kita gaskun ke teori...


Teori Dasar

Apa sih pengertian dari kabel yan agan ketahui? Kabel adalah sarana atau alat untuk mentransfer arus listrik menjadi bentuk lain dalam arti gerak, cahaya, panas dan lain sebagainya tanpa kabel  seperti yang kita ketahui arus listrik tidak akan sampai pada perangkat elektronik.


Kabel terbagi menjadi beberapa bagian pengelompokan yakni sebagai berikut :


  • kabel saluran rendah
  • kabel saluran udara tegangan extra tinggi. 
  • Saluran udara tegangan tinggi

Lantas berapa nilai rate tegangannya dari ketiga poin diatas ?

Pembahasan saya kali ini tidak menjurus sampai nilai rate tegangan pada penggunaan KHA kabel, sesuai judul jadi saya hanya membahas mengenai judul diatas yaitu Cara mengetahui Phasa dan netral pada kabel PLN 4 x 10 mm ( kabel twisted ).


Saya juga pernah dulu sempat tidak bisa membedakan mana phasa dan mana netral, pada kabel twisted. Karena memang kabel twisted ini berwarna hitam baik kabel 2 x 10 mm2 dan 4 x 10 mm2 ( kabel twisted beda ukuran ).


Pada kabel yang sering digunakan PLN dalam mentranmisikan listrik saluran rendah biasanya menggunakan kabel twisted ( biasanya saya atau kita menyebutnya dengan istilah kabel PLN )


Lalu bagaimana cara melihat phasa / fase pada kabel twisted dan netral pada kabel twisted berukuran 4 x 10 mm 2 atau kabel 2 x 10 mm2 :


Catatan jika kita menggunakan 4 kabel pln ( twisted ) maka phase dan netral harus di sambung sama,  oke kalau phase tidak jadi masalah ente menyambungnya terbalik tapi netral harus sama.


Jadi begini dalam cara mengetahui phase / fase pada kabel PLN ( twisted )


Kabel twisted biasanya memiliki jalur atau garis pada setiap phase sedangkan netral tidak menggunakan garis.


Dimana sih letak garis pada kabel twisted atau letak garis pada kabel PLN baik isi 4 dan isi 2 


Biasanya kabel twisted dan kabel PLN memiliki garis di bagian isolasi terluar pada kabel twisted, jika kabel twisted isi 4 maka akan ada garis di bagian isolasi kabel.


Setiap satu kabel twisted atau kabel  PLN memiliki beda garis misalnya katakanlah kabel 1 satu garis di bagian isolasi dan kabel 2 mempunyai 2 garis di bagian isolasi dan kabel twisted 3 mempunyai 3 garis di bagian isolasi, sedangkan netral tidak memiliki garis sama sekali.


Kabel twisted ( kabel pln )
Kabel twisted ( kabel PLN )

Catatan 

Kabel pln isi 4 yang bertanda garis biasanya adalah phase atau fase kalau netral tidak terdapat garis. Sama halnya dengan kabel twisted ( kabel PLN ) yang berisi 2 kabel, netral tidak bergaris.


Jika menggunakan kabel twisted 4 kabel berati ini penggunaan tegangan 380 volt dan 2 kabel 220 volt.


Untuk lebih lanjut bisa kunjungi channel kami disini Tentangan pemasangan skun pada kabel twisted dan cara mengetahui phase dan netral pada kabel pln my channel youtube. Atau bisa tonton video saya channel disini :







Penutup

Semoga dengan adanya artikel ini sedikit memberikan pencerahan mengenai artikel cara mengetahui phase dan netral kabel twisted atau kabel pln atau cara melihat phasa dan netral kabel jenis twisted, mohon maaf jika terdapat kesalahan kata ataupun ucapan semoga bermanfaat.


Salam hangat.


Wassalamualaikum, wr, wb.




Related Posts