Cara membuat mesin sumur bor air semi manual

Assallammualaikum, wr, wb.

Pendahuluan

Halo bre.....apa kabar kita sapa-sapa terlebih dahulu, semoga kalian selalu diberikan kesehatan, tetap jaga diri, Pakai masker.

Artikel kali ini saya ingin mengangkat tema atau judul cara membuat mesin sumur bor semi manual atau membuat mesin bor untuk mengebor tanah dan menjadikanya sumur air dan inipun bisa anda jadikan pendapatan pundi-pundi uang untuk kebutuhan anda. Ya setidaknya bisalah untuk menambah pendapatan.


Oke langsung saja kita masuk pada teori dasar untuk cara pembuatan mesin sumur bor dan prinsip kerja mesin untuk membuat sumur bor semi manual.


Teori Dasar



Sumur bor adalah cara mudah untuk mendapatkan air, dengan menggunakan beberapa peralatan yang akan digunakan pada saat membuat lobang atau membuat sumur air menggunakan mesin bor semi manual.


Kenapa saya mengakat judul ini?!


Karna dulunya saya pernah bekerja sebagai pengali sumur bor semi manual.  Tapi bukan kepunyaan saya pribadi saya hanya sebagai crew. Lantas berapa sih penghasilan tukang bikin sumur bor. Lumayan bro tarifnya sekarang sekitar 6 juta untuk 1 lobang jadi ( sampai menemukan air )


Inipun tarifnya tergantung anda  ada yang lagsung instalasi pipa + mesin dan adapula yang sebaliknya ( tarif 6 juta diluar instalasi pipa dan mesin )


Tapi jika kemahalan pada tarif penggalian sumur bor yang anda pasang otomatis yang ingin menyewa jasa anda akan pikir-pikir terlebih dahulu ( ia kalau orang tersebut banyak doku)

Pada jasa pengalian sumur bor yakni pada harga tarifnya tergantung pada pipa dinding berapa inch yang akan anda gunakan mislkan anda menggunakan mesin jet pump otomatis anda harus menggunakan dinding sumur bor 5 inch. Hal ini untuk menjaga air pada sumur bor anda tetap penuh. ( paling tidak level air turun dikit lah).


Level air atau volume air tergantung dinding pipa yang anda pakai semakin besar pipa dinding semakin baik nilai bit air yang akan kita gunakan, inipun tergantung mesin pompa air mana yang akan kita pakai jet pump atau mesin air biasa.

Lantas bagaimana cara membuat mesin sumur bor semi manual, oke kita bahas bre.....!!


Begini bre...!!!


Ketika kita hendak membuat mesin bor semi manual tentunya kita harus mengenali alat dan bahan yang akan kita jadikan kunci dalam menjadi jasa penyedian penggali sumur bor baik semi manual dan otomatis.


Tapi disini saya hanya membahas mengenai cara membuat mesin sumur bor air semi manual..


Dalam pembuatan mesin bor untuk sumur air pertama jelas kita harus menyiapkan alat dan bahan sumur bor semi manual.


  1. Pipa galvanis
  2. Mesin robin
  3. Stang besi 
  4. Mata bor


4 point ini adalah hal wajib dalam bahan pembuatan mesin bor air semi manual jika anda ingin menjadi jasa penggalian sumur bor air.

Nanti 4 point wajib ini saya akan bahas dalam pembuatan mesin bor semi manual.

Gaskuen....

1. Pipa galvanis

Pada cara pembuatan mesin sumur  bor air semi manual kita dapat menggunakan pipa galvanis untuk membuat lobang tanah atau mengebor tanah biasanya pipa galvanis ini ukuraanya 3/4.

Pada pipa galvanis berukuran 3/4 dan panjang sekitar 4 meter ( jika ada yang lebih panjang tidak masalah malahan lebih bagus ). Nantinya pipa galvanis ini akan kita buat soket untuk penyambungan pipa besi galvanis berikutnya. Hal ini berguna untuk menambah kedalam lobang sumur bor.

Intinya kalian dapat membuat derat pada tiap ujung besi pipa galvanis untuk menambah kedalaman. Karna pipa galvanis ini kan ukuranya 4 meter atau lebih maka untuk menambah lobang sumur bor kita harus menambah pipa lagi kan. Hal ini bertujuan untuk memperdalam lobang sumur bor air anda.

Perlu diperhatikan Jangan lupa alur derat luar dan socket penyambungan pipa galvanis yang berderat dalam.

Sampai disini paham bre?

2. Mesin robin

Pada cara membuat mesin sumur bor air semi manual kita membutuhkan mesin robin. Untuk apa sih bang mesin robin? Mesin robin berguna untuk membantu pengeboran ketanah dengan bantuan air sirkulasi yang kita buat pada bak air sirkulasi.

Mesin robin ini nantinya akan kita gunakan untuk menyembur atau menyemprot air melalui pipa galvanis untuk mengangkat tanah  ke atas.

Lah emang bisa tanahnya naik?

Lah bisa lah, semprotan air pada robin kenceng banget bro apa lagi kita menggunakan ukuran pipa galvanis 3/4 hal ini membantu mendorong tanah naik keatas permukan, dengan memanfaatkan tekanan dari perubahan pipa galvanis 3/4.

Akan tetapi untuk dapat mengangkat tanah keatas kita harus menggunakan pipa dinding misalnya 2 inch dengan kedalaman tergantung pada pipa galvanis.

Berdasarkan pengalaman saya, saat mengebor tanah untuk tahap awal biasannya kita melihat kondisi tanah untuk memasang pipa dinding hal ini dilakukan untuk membuat sirkulasi air.


Mesin sumur bor semi manual
Cara membuat mesin sumur bor air semi manual

Dan pada gambar diatas merupakan bentuk pipa galvanis yang saya jadikan patokan untuk Membuat mesin bor semi manual, pipa galvanis ini tersambung atau terkoneksi dengan selang dari robin ke ujung bagian pipa galvanis atas. Hal inilah dijadikan penyemprotan untuk mengangkat tanah dari lobang yang akan kita gali.

Dengan catatan

Membuat pipa dinding seperlunya untuk sirkulasi air. Point satu dan poin 2 baca dan bisa dipahami.

3. Stang besi

Pada Gambar 2  diatas adapun stang besi yang harus wajib agan buat untuk mesin bor semi manual, pembuatan stang besi untuk mesin bor semi manual berguna untuk mengangkat pipa galvanis dengan bantuan tenaga manusia hal inilah disebut dengan bor semi manual.

Stang besi bor semi manual ini biasanya berbobot 10 kg.


Stang sumur bor
Stang sumur bor semi manual


Biasanya pada stang bor ini terdapat pengunci yang dipress, untuk dapat mengangkat Pipa galvanis.

Mata bor

Nah pada pipa galvanis ini, untuk mengebor tanah biasanya terdapat mata penggali sumur bor tanah, berbagai macam bentuk untuk mengali kedalaman sumur bor seperti mata bor air model buah belimbing ata u bor air model pipih seperti alat todos buah sawit,  mata runcing, banyak lagi model dan bentuknya.

Adapun socket penyambungan yang terdapat pada mata bor untuk disambungkan ke pipa galvanis.

Oke bre semoga artikel ini dapat anda gunakan untuk cara pembuatan sumur bor air, oke saya tutup bre ya.

Penutup

Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan maupun kata yang kurang berkenan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat.

Salam hangat dari saya.

Saya akhiri

Wassallammualaikum, wr, wb.















 


Related Posts