Cara pasang kabel motor 3 phase berdasarkan daya

  Assallamualaikum, wr, wb.


Pendahuluan 


Hai sahabat teknik maintenance workshop, hari ini saya akan menulis artikel tentang teori kelistrikan dengan judul artikel cara pasang kabel motor listrik 3 phase, hal ini perlu diketahui tentang pemasangan kabel motor 3 phase berdasarkan daya pada motor 3 phase.

Mungkin artikel ini sedikit memberikan pencerahan mengenai cara memasang kabel pada motor 3 phase berdasarkan daya motor itu sendiri.

Nah dibawah ini sedikit penjabarannya.

Teori Listrik

Motol listrik 3 phase banyak sekali model atau type yang akan kita gunakan untuk mendapatkan energi mekanis dari suatu motor 3 phase, berdasarkan pengalaman ( pegalaman sedikit ) tentang motor listrik.

Hal ini sangat perlu diketahui dalam pemasangan motor listrik 3 phase atau cara pasang kabel koneksi motor 3 phase, umumnya motor listrik memiliki daya yang besar ( katakanlah 15 kw misalkan ) bisa kita gunakan hubungan delta tetapi butuh start awal untuk hubungan delta ini dengan cara apa, ya itu tadi dengan koneksi star delta (otomatis)

pada motor listrik 3 phase terdapat cara pasang kabel,  koneksi star atau koneksi delta. Seperti yang kita ketahui motor listrik 3 phase berdasarkan daya yang kecil misalnya 0,75 kw koneksi star bisa digunakan opsi pilihan pasang kabel motor berdaya kecil hubung star bisa jadi andalan.

Pertanyaan saya apakah bisa digunakan koneksi hubunga delta?


Pernah di youtube saya bertanya seperti hal ini dan saya jawab iya. Akan tetapi saya masih ada pertanyaan dibenak dan masih mengganjal dipikiran. Ada juga artikel yang membahas hal ini katanya motor kapasitas kecil, tidak bisa hubungan delta. Saya selalu menghargai pertanyaan dan artikel suhu lainya.

Lantas saya melihat motor kapasitas kecil 0,75 kw. Untuk memastikan apakah benar hubungan start saja yang bisa digunakan.

Dan disini saya masih penasaran, saya buka tutup dan menelah,  apa yang ada.

Diagian tutup motor 0,75 kw ada cara pemasangan star dan delta.

Pertanyaan saya sederhana untuk apa mereka membuat koneksi hubungan star dan koneksi hubungan delta ditutup box kalau tidak bisa digunakan hubugan delta.

Memang dalam penggunaan motor 3 phase untuk koneksi star dan dan delta konsumsi arus berbeda karna tentunya kita tahu bahwa delta terdapat beberapa sambungan kopel hal inilah menjadi besarnya konsumsi arus. Untuk penjelasan star delta anda bisa lihat disini :

 



Lantas memang ada motor yang koneksinya untuk star beberapa menit dan delta seterusnya ini untuk penggunaan motor 5 kw ketas. Hal ini bertujuan agar pada saat starter motor tidak mengalami trip karna konsumsi arus yang begitu besar. Karna starting awal sangat besar konsumsi arus, jika kita memakai hubungan delta. Masuk diakal juga, jika kita koneksikan ke star terlebih dahulu kemudian ke delta.


Untuk itulah perlu star awal motor 3 phase yang berdaya 5 kw keatas. Jadi begini.

Lonjakan arus motor akan besar 7 X lebih besar dari arus maksimal pada motor 3 phase (saat starting awal ) hal ini dapat kita lihat dengan perhitungan dibawah ini :

5, 5 = 5500 watt

P = V x I x cos phi x akar 3. ( ane nyari akar susah amat diblog, jadi saya tulis saja...ekekeje)

5500 = 380 x I x 0,8 x 1,73

5500 watt = 525,92 / I

I = 5500 watt / 525.92 

= 10.45 amper

7 x 10.45 = 73,15 amper 


Dari perhitungan tentunya semakin besar arus semakin besar juga biaya yang akan kita gunakan untuk pembuatan panel kontrol motor listrik 3 phase, dari peralatan listrik atau perangkat kelistrikan seperti kontaktor, mcb dan sebagainya dan daya yang kita gunakan.


Nah kenapa  kapasitas hp motor 3 phase semakin besar kw smakin besar start awal jadi begini genks agan pernah angkat stator motor yang 50 kw coba diangkat sendiri. Ngeri beratnya bukan kaleng-kaleng. 


Secara asumsi motor pada star awal memakan arus cukup besar dikarnakan rotor yang berat ini genks. Pada start awal koil menerima power menjadikan electromagnetik untuk mengerakan rotor yang besar ini karna kalau kita pikirkan apakah rotor ini sama dengan beban. Semakin besar rotor semakin besar bulan tenaga suatu motor maka konsumsi arus semakin besar.


( teman-teman ada pendapat lain ) monggo kita bersilahtuhrahmi.


Catatan 


Semakin besar hp ( horse power ) semakin besar kekuatan.

kita tahu bahwa daya 5 kw keatas begitu besar hal ini perlu, biaya lagi untuk merombak. Untuk mendapatkan kemapuan dan kekuatan motor listrik yang baik, seperti poli, atau penggunaan gearbox tergantung kondisi motor listrik yang akan kita gunakan seperti apa dan bagaimana.


Berdasarkan cara pasang kabel motor listrik 3 phase memang ada yang banyak memilih memasang motor listrik dengan hubungan star akan tetapi bukan berarti delta tidak bisa dipasang. Hal ini perlu percobaan seperti yang saya jelaskan diatas. Karna secara teori pada tutup box motor 3 phase ada cara koneksi kabel motor 3 phase. Star dan delta.

Saya jelaskan sedikit agar mantul

pada cara sambung kabel pada motor kapasitas yang besar seperti  5 kw keatas kita bisa menghubungkan rangkaian koneksi  ( power ) motor listrik ke star dan kemudian kedelta dengan setinggan waktu timer delay relay.


Lantas cara pasang kabel motor 5 kw kebawah bagaimana bang?!

Oke saya jawab.


Pada video saya dichannel youtube saya, bisa klik linknya diatas,  saya praktekan koneksi star dan koneksi delta dengan motor berdaya 2,2 kw kalian tonton dan simak disini :



Video diatas mungkin bisa sedikit memberikan pencerahan tentang cara memasang kabel ke motor 3 phase koneksi star dan koneksi delta dengan motor 2,2 kw tegangan 3 phase ( bukan 1 phase )


Lalu motor listrik 3 phase dengan daya 0,75 kw bagaimana bang!? Motor listrik 0,75 kw juga terdapat koneksi star dan delta pada tutup box motor 3 phase, akan tetapi kabel yang saya temui pada terminal motor 3 phase berdaya rendah 0,75 kw ini memakai 3 kabel power, memang kalau dilihat cara pemasangannya baiknya digunakan star akan tetapi bukan berarti delta tidak bisa, memang saya belum mencoba apakah delta bisa digunakan atau tidak nantilah kalau ada waktu saya akan upload video tentang pembahasan ini. 


Kesimpulanya


  • Jadi ketika kita memasang kabel motor 3 phase perlu melihat amper motor, agar sesuai  sumber listrik atau daya yang kita gunakan untuk menjalankan motor 3 phase.


  • Koneksi star arus kecil dan koneksi delta arus besar torsi kuat.
  • Memasang ke kekoneksi delta ada baiknya melihat name plate motor dan kw motor agar penerapan koneksi kabel sesuai sumber listrik dan biaya anda.



Kita tutup ya genks.



Penutup

Semoga artikel ini sedikit memberikan pencerahan  tentang Cara pasang kabel motor 3 phase berdasarkan daya, mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata dan penulisan baik di sengaja maupun tidak disengaja.


Kita dan saya adalah proses pembelajaran.


Terima kasih kawan.


Salam hangat.....








Related Posts