Cara memodifikasi pengecas baterai senter police yang rusak

Assallamualikum, wr, wb.

Pendahuluan

Halo genks pada artikel ini saya ingin memberikan pencerahan mengenai memodifikasi pengecas baterai Senter police yang rusak dengan menggunakan adaptor, apakah teman-teman tahu tentang pengecas baterai pada senter?! Pengecas baterai senter portable yang bisa diletakan dimana saja biasanya pengecas baterai senter ini digunakan pada senter led bermerek police?! Pasti kalian tahu..!!

Mari kita simak dan baca sampai habis genks...

Teori Dasar

Pengecas senter police
Pengecas senter police

Senter police biasanya menggunakan baterai yang bisa dicas atau menggunakan pengecas portable yang bisa diletakan dimana saja. Senter police menggunakan lampu led yang sangat terang.
Karna pada dasarnya senter police sangat terang sekali. senter police sangat boros baterai dan sangat cepat habis untuk itulah disarankan teman-teman menggunakan baterai cadangan sebagai penganti agar senter police ini dapat digunakan ketika kehabisan baterai karna kesiringan mengecas adakalanya pengecas senter yang agan punya akan mengalami kerusakan.

Nah artikel ini saya buat karna saya pernah mengalami kerusakan pada pengecas senter police ini genks dan memodifikasinya agar bisa digunakan lagi. Memang pada kerusakan yang saya alami ini kerusakan pada komponenya, jadi saya harus mengakali agar senter police pada pengecasnya dapat saya gunakan lagi.

Lalu bagaimana cara memperbaiki seter police yang rusak pada pengecasnya berikut penjelasan singkatnya genks :

Cara mengatasi masalah pada pengecas senter police ini jika komponen sudah rusak, saya memodifikasi dengan menggunakan adaptor yang bertegangan 5 V DC, karna biasanya baterai senter police teganganya 3,5 - 5 VDC, untuk itulah digunakan sebuah adaptor penganti komponen yang rusak pada pengecas portable senter police dan sedikit memodifikasi  pengecas batere senter police dengan beberapa peralatan sebagai berikut :

  1. Solder
  2. Timah 
  3. Kabel 
Nah peralatan ini atau peralatan diatas berfungsi sebagai pembuat pengecas dengan menggunakan teknik modifikasi casan  senter police seperti gambar dibawah ini :

Pengecas baterai senter police
Modifikasi  pengecas senter police menggunakan adaptor

Nah gambar diatas merupakan  bentuk adaptor, pengecas yang akan kita modifikasi pada bagian pengecas senter police ini genks. Bagaimana cara berikut penjelasanya :

Saya jelaskan satu persatu ya :

1. Adaptor

Jika teman-teman mempunyai pengecas  berbentuk adaptor atau casan handpone yang tidak terpakai ada baiknya kita merubah pengecas senter police yang telah rusak dengan menggunakan adaptor agar lebih enak dilihat ketimbang kita lagsung mengecas dan menyambung langsung kabel dari adapator atau casan hape yang tidak terpakai, tentunya kita tahu bahwa adaptor atau cassan hape yang bertegangan 5 volt dapat kita gunakan. untuk sumber pengisian atau mengecas baterai ini genk, Karna artikel ini membahas pengecas senter police yang rusak bagian komponen atau tidak bisa digunakan lagi maka diperlukan sedikit modifikasi dengan menggunakan adaptor.

Setalah siap barang yang akan kita modifikasi maka yang kita lakukan adalah dengan menyolder pada bagian positif dan negatif pengecas dan adapotr misalnya :

Positif dari adaptor biasanya adalah kabel merah dan hitam adalah netral, jika terbalik maka tidak akan mengisi malah menghabiskan baterai senter police anda. Teman-teman dapat melakukan pengecekan positif dan negatif kabel adaptor  menggunakan multitester dengan skala probe DC atau bisa kunjungi youtube saya diatas.

Setelah megetahui mana positif dan negatif dari adaptor tinggal menyolder bagian pada pengecas baterai senter police ini genk dan sedikit modifikasi tambahan tentang jalur kabel dari adaptor agar tetap aman dan tidak terhimpit oleh pengecas senter police.
Jika semua sudah selesai dilakukan pada langkah pengerjaannya step by step maka teman - teman dapat mengecas baterai senter police untuk percobaan pertama.

Bagaimana sampai disini paham cukup mudahkan genks.

Saya akhiri ya.

Penutup

Oke itulah sedikit ulasan tentang memanfaatkan adapator untuk mengatasi masalah pengecas senter police yang rusak pada komponen utama atau jika rusak nya tidak marah. Nagapain pakai adaptor.

Saya rasa cukup dan jelas 

Saya ucapkan terima kasih. Salam hangat dan saya akhiri

Wassallamualaikum. Wr. Wb.

Bye-bye...genks...



 

Related Posts