Sop (standart oprasional prosedur) mesin genset /generator

Assallammuallaikum, wr, wb.

Halo anak manusia, pada artikel saya kali ini saya ingin memberikan penjelasan mengenai SOP  mesin genset / generator atau standart oprasional prosedur mesin genset, memang siapa saja bisa mengoprasikan mesin genset atau generator dengan pelatihan yang cukup.


Sop (standart oprasional prosedur) mesin genset /generator.jpg
Sop (standart oprasional prosedur) mesin genset /generator

Akan tetapi oprasional mesin genset atau menghidupkan mesin genset ada baiknya dioprasikan oleh seorang yang memang berasal dari sekolah Menegah kejuruan elektro, kenapa demikian untuk menghidari kesalahan pada saat oprasional atau menghidupkan mesin genset. Saya cerita sedikit ya.

Berdasarkan pengalaman yang saya alami atau katakanlah pengelaman kehidupan di dunia kerja, Saya sempat atau kami pernah mengajarkan satpam untuk mengoprasikan mesin genset secara manual dan alhasil banyak kesalahan yang terjadi yakni sebagai berikut :

1. CB genset untuk distribusi lupa dimatikan
2. Genset atau generator jadi motor.
3. Genset lupa isi solar
4. Dan lain lain, hehehhe.

Jelas salah satu dari 4 point kesalahan pengoprasian mesin genset atau mesin generator, diatas adalah kesalah fatal, kumparan untuk penguat medan magnet hancur, Genset atau generator yang kita pakai memiliki kapasitas 275 KVA tegangan 3 phase 380 V tidak pakai trafo penurun ( kebayang? ), lumayanlah kalau terkena sengatan listrik dari pembangkit listrik tenaga diesel ini.

Lalu kenapa harus orang listrik yang  harus mengoprasikan mesin genset ini, sederhananya setidaknya dia paham akan cara kerja pemutus dan penghubung arus listrik atau Circuit breaker ini, karna memang genset kita tidak dihidupakan dalam kondisi otomatis atau dihidupakan dengan Automatic transfer switch.

Lantas langkah apa yang harus kita harus lakukan untuk standart oprasional prosedur pengoprasian  mesin genset / generator :

Saya ngomongin ini karna saya punya sertifikat dan sudah mengikuti pelatihan SOP mesin genset (generator). Apakah saya pantas menulis artikel ini sebagai acuan kepada teman-teman yang mungkin sekarang belum mengikuti pelatihan standart oprasional mesin genset?! Mungkin kedepanya teman-teman dapat mengikuti pelatihan yaks....amin.
Berikut point yang harus diperhatikan dalam SOP mesin genset.

1. Doa
2. Safety (alat pelindung diri)
3. Cek kelayakan aki
4. Cek bahan bakar genset
5. Cek vanbell alternator
6. Cek air radiator 
7. Cek air filter
8. Cek oli
9. Cek panel
10. Cek kebocoran oli

Jadi ini adalah point sebelum mengoprasikan mesin genset. 

Langkah dalam prosedur mengoprasikan mesin genset yakni sebagai berikut :

1. Doa dan baca laporan

Berdoa merupakan hal yang wajib. Doa disini sama dengan selalu melibatkah alloh dalam setiap kehidupan, bisa dibilang doa ini sebagai penunjang kita untuk minta penjagan terhadap sang pencipta. Karna memang sebagai manusia yang merasa memiliki tuhan dan yang merasa kita sebagai mahluk yang lemah, diciptakan dengan banyak kekurang...aisttttt. keren kali bah.

Baca laporan

Baca laporan sebagai panduan catatan jika kita memiliki shift pergantian tim kerja atau rekan kerja. Karna membaca laporan pada oprasional mesin genset berfungsi sebagai panduan jika diawal pekerjaan sebelumnya terjadi kerusakan yang dimana agar kita dapat mengetahui kerusakan yang akan kita perbaiki.

2. Safety

Dalam cara mengoprasikan mesin genset berdasarkan standart oprasional prosedur memang safety ini adalah hal wajib kepada kita karna memang safety berfungsi sebagai alat pelindung diri untuk keamanan pada diri kita sendiri. Hal ini perlu diperhatikan mengingat kecelakan atau musibah pada kita. Kita tidak akan tahu kapan itu terjadi. Apa saja alat pelindung diri yang harus digunakan untuk  santadart oprasional prosedur pengoprasian mesin genset (generator) ini.
  • Helem
  • Sarung tangan
  • Sepatu
  • Kacamata bila diperlukan
  • Ear plug 
  • Rambu K3 dan rambu K3 kelistrikan

Nah dari penjelasan diatas adalah contoh beberapa alat pelindung diri untuk, standart keamanan pada diri kita sendiri. Semoga dengan adanya alat pelindung diri ini dapat menyelamatkan kita paling tidak meminimalisir dampak buruknya kecelakaan kerja.

3. Aki (cek kondisi kelayakan aki)

Dalam SOP (standart oprasional prosedurt) mesin genset hal ini perlu diperhatikan pada pengecekaan kelayakan aki karna ini menyangkut operasi atau hidup matinya mesin genset. Artinya tanpa aki tidak akan menyala.

Aki harus diperhatikan dari hal terkecil hingga hal terbesar seperti meledaknya aki. Apa saja yang diperhatikan pada cek kelayakan aki ini.
  • Kepala aki
  • Air aki
  • Tutup aki
  • Skun starter
Nah teman-teman harus memperhatikan hal diatas dari kepala aki yang tidak boleh kendor.

Air aki harus berada pada batas hight, karna aki pada batas hight ini akan sangat kuat apalagi aki baru.

Tutup aki juga harus diperhatikan untuk menghidari letupan pada saat start mesin genset. Jika tutup aki tidak rapat atau kendur maka dipastian tutup aki akan mendapatkan tekanan air yang menimbulkan letupan sehingga tutup aki akan terbang Atau melompat.

Skun kabel aki sangat penting pada star awal mesin genset karna memang skun ini adalah kekuatan pada star awal genset atau generator. Semakin kuat skun kabel semakin baik arus mengalir, begitupun sebaliknya.

4. Cek bahan bakar 

Dalam SOP (standart oprasional mesin genset  atau generator pada cek bahan bakar sangat lah penting menyangkut keandalan dari pembangkit mesin genset itu sendiri. Jika habis tau sendiri akibatnya, mesti dipompa.

Pencekan bahan bakar pada sop mesin genset atau sop mesin generator berfungsi memastikan bahwa bahan bakar dalam kondisi penuh agar tidak terjadi kehabisan bahan bakar minyak solar pada mesin genset.

5. Cek vanbellt mesin genset atau mesin generator

Dalam pengoprasian mesin genset pada standart oprasional prosedurt kita memang wajib mengecek kondisi vanbellt karna pencekan vanbelt berguna memastikan bahwa vanbelt dalam kondisi baik. Sehingga kinerja dari pada mesin genset dipastikan bagus.

6. Cek air pada radiator

Dalam standart pengoprasian prosedur mesin genset Cek air pada radiator memang hal yang wajib karna jika genset kekurang air pada radiatornya maka akan meyebabkan overhaul. Air pada radiator sendiri berfungsi untuk mendinginkan mesin diessel. Nah jika tidak ada air pada radiator sudah pasti tidak baik.

Catatan : pengisian air radiator wajib penuh.


7. Cek air filter (cek filter udara)

Pada standart oprasional prosedur mesin genset memang  harus memperhatikan filter udara pada mesin genset karna ini berfungsi untuk menyaring udara pada mesin genset. Kita tahu sendiri jika filter udara tidak dibersihkan maka akan menyebabkan buntu pada filter udara dan dapat mengakibatkan tidak mengalirnya pembuangan asap pada mesin genset. Hal ini berkaitan pada keandalan mesin genset itu sendiri.

Lakukan pembersihan pada filter udara maksimal 1000 jam oprasional mesin genset, Ini adalah angka yang minimal maksimal 4000 jam kerja oprasional genset. Tetapi alangkah baiknya mengecek secara rutin dalam minimal jam kerja, inipun berlaku untuk priventive maintenance.

Catatan :


  1. Cek air filter
  2. Knalpot (slincer knalpot)


8. Cek oli genset.

Jika kita beberbicara pada SOP (standart oprasional prosedur) mesin genset, mengabaikan prventive maintenance...yakni pengecekan oli mesin genset dilakukan untuk mengetahui kondisi mesin genset (generator) yang dimana kadar dari batas stick oli mesin genset jadi acuan untuk menambah oli atau tidak menambah oli karna penting sekali melakukan pengecekan oli pada mesin genset.

9. Cek panel area genset

Pada SOP (standart oprasional prosedur mesin genset) bagian panel adalah hal terkhir atau terserah teman-teman, pengecekan ini dilakukan agar kita bisa menghindari beda sumber listrik dari PLN dan Mesin genset. Karnaya dalam hal ini pengecekan panel pada ruangan pembangkit untuk menghindari running tanpa beban. Dimana takudnya kita lupa mematikan CB pada panel distribusi penggunaan genset.

Catatan :

Cek circuit breaker, change over swtich, cek skun grounding.


Sampai disini biji mane teman-teman paham?


Agar lebih baik lagi dalam cara pengoprasian prosedur mesin genset atau cara mengoprasikan mesin genset saya tambahkan lagi beberapa hal dibawah ini :


  • Slang house
  • Siapkan senter
  • Majun
  • Input data
  • Komunikasi
  • Informasi

Mungkin point diatas bisa untuk tambahan.

Penutup

Semoga artikel bisa menjadi acuan teman-teman untuk mengoprasikan mesin genset secara standart oprasional prosedur.


Semoga bermanfaat....
























Related Posts