Cara menggunakan pengecas aki (maxtron)

 Assallamualaikum, wr, wb.


Pendahuluan


Hallo brother?! Sahabat teknik maintenance workshop apa kabar kalian hari ini semoga sehat selalu yah? Jangan lupa menggunakan masker dan jaga jarak aman terkait pandemi covid yang belum berakhir ini. Nah artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan pengecas aki merek maxtron atau cara menggunakan pengecas aki portable. Kali aja artikel ini bisa sedikit memberikan pencerahan tentang penggunaaan yang baik dan benar pada peralatan pengecas aki maxtron ini.


Kuys disimak tutorial cara menggunakan pengecas aki (merek maxtron)


Skuys kita simak dan baca sampai habis artikel ini.


Jangan lupa mampir kechannel youtube saya genks dimarik : 

https://youtube.com/c/Maintenanceworkshop


Teori Dasar


Pengecas aki merek maxtron
Pengecas aki ( maxtron)



Dalam cara menggunakan pengecas aki beremek maxtron teman-teman harus memahami tombol dan beserta penggunaan kabel positif dan negatif pengecas aki, agar aki yang anda cas tidak meledak. Berdasarkan pengalaman yang saya jalani tentang kelistrikan, ketika mengecas aki ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar aki yang kita cas baik-baik saja berikut penjelasan singkat :


  • Aki bebas dari tumpahan air zuur 
  • Kepala aki harus kuat ( tidak kendur)
  • Tutup aki dikendur (ketika mengecas aki)
  • Tidak dalam kondisi merokok

4 point penting diatas yang harus diperhatikan dalam cara mengecas aki.
Karna kalau anda salah dalam mengecas aki, maka bisa saja aki anda akan meledak.

Seperti yang kita tahu aki mempunyai tipe dan bentuk yang berbeda yakni sebagai berikut :

  • Aki motor 
  • Aki mobil
  • Aki kering
  • Aki basah
  • Tipe aki misalanya 50 dan 70 (aki mobil)
Nah penjelasan diatas merupakan bentuk aki dan beberapa kapasitas amper pada aki (50 dan 70) yang akan digunakan. Nah pada dasarnya aki yang low atau lemah ada baiknya dicas untuk apa untuk memksimalkan aki dan dapat digunakan kembali.

Karna artikel ini saya buat untuk cara menggunakan pengecas aki merek maxtron jadi saya lebih fokus ke pengecas akinya saja.

Beberapa hal yang harus diperhatikan pada penggunaan fungsi tombol yang terdapat pada tampilan pengecas aki maxtron dan bagaimana cara menggunakannya saya akan jabar dan menjalaskannya, agar teman-teman dapat memahami fungsi tombol yang terdapat dipengecas aki merek maxtron:

1.  Tombol ON / OFF

Pada cara menggunakan pengecas aki maxtron saya rasa teman-teman dapat memahami fungsi dan kegunaan tombol ON / OFF pada pengecas aki yang dimana fungsinya untuk menghidupkan dan mematikan arus listrik.

2. Tombol MIN dan BOST 

Tombol min dan bost pada pengecas aki atau pada tampilan pengecas aki berfungsi sebagai besar dan kecil pengaturan arus pada saat mengecas aki, nah minimal atau min pada tombol pengecas adalah sebagai bentuk atau sebagai pengecilan arus mislanya kita mengecas aki 12 VDC artinya arus minimal sekitar 2 amper artinya 12 x 2 amper = 24 watt / DC.

Anggaplah anda menggunakan pengecas handpone yang arusnya kecil atau ampernya kecil maka dipastikan proses pengisian baterai handpone akan memakan waktu dengan kata lain min adalah proses pengisian aki yang lambat.

Sedangkan tombol bost adalah kecepatan cepat pengisian aki, karna arus listrik akan lebih besar pada saat anda menekan tombol bost pada pengecas aki.

Tapi dalam proses pengecasan aki pada tombol MIN atau MINIMAL sangat baik dalam hal keawetan pengecas aki merek maxtron, berdasarkan pengelaman yang saya temui hal ini berkaitan dengan kuat antar arus pada kabel dan proteksi beban lebih pengecas aki merek maxtron ini.

Catatan 

Jika anda mempunyai pengecas aki merek maxtron tipe kecil maka ada lagi tipe yang besar. Tipe kecil lebih kepada pengecasan aki yang kecil dengan arus yang kecil pula dalam hal ini aki mobil bertipe aki N50 dapat dicas hanya satu unit saja jika 2 unit aki tipe N50 dengan penggabungan seri 24 volt maka anda harus menggunakan aki maxtron dengan kapasitas yang besar. Jika anda memaksa mengunakan aki kecil maka dipastikan pengecas aki maxtron anda tidak akan tahan lama,  apa lagi anda menggunakan mode boster dan ini berdasarkan penglaman yang saya temui. 

Kira kira kenapa demikian 

Karna pengecas aki maxtron yang kecil trafo curentnya pun kecil jadi kapasitas yang kecil baiknya digunakan dengan spesifikasi yang sama.  Jika dipaksakan akan trip.  Lambat laun akan rusak. 

sedangkan pada tombol bost (mode boster)  pada pengecas aki maxtron yang bertipe kecil jika kita mengecas aki dalam waktu jangka lama (24 volt N100 atau N70) akan menyebabkan proteksi beban lebih pada pengecas aki sering trip (thermal)  dan menyebabkan hangus, dalam hal ini perlu diperhatikan guna membuat awet pengecas aki bermerek maxtron.

3. Fuse 

Pada tampilan pengecas aki merek maxtron ada fuse atau sekring yang berfungsi sebagai pemutus jika terjadi konsleting atau arus pendek dan lebih tepatnya sebagai pengaman peralatan  yang ada didalam pengecas aki maxtron. Fuse ini akan memutus power pada pengecas aki anda, jika terjadi lonjakan arus.

Sebgai contoh jika anda salah memasang kabel pengecas aki yang merah ke negatif dan yang hitam ke positif maka dipastikan fuse akan putus.

4. 12 VDC dan 24 VDC

Pada tombol 12 dan 24 pada tampilan pengecas aki maxtron adalah sebagai pengaturan jika anda ingin mengecas aki 1 unit aki dan 2 unit aki, seperti yang kita ketahui 1 unit aki sama dengan 12 VDC dan 2 unit aki sama dengan 24 VDC. Jika kita mengecas aki perhatikan pemilihan tombol pada 12 dan 24 yang ada pada pengecas aki maxtron ini.

Sampai disini bagaimana paham?

Oke next lanjut

5. Lampu indikator heat

Pada pengecas aki maxtron ada lampu indikator yang dimana lampu akan menyala jika pengecas aki anda dalam keadaan panas dan ini sama dengan over current saat kita sedang mengisi aki yang low.

Lampu indikator heat akan menyala jika panas.


6. Over curret

Nah pada tulisan over current atau switch yang bertugas memutus arus listrik saat anda sedang mengisi aki dikarnakan switch pada over curret kelebihan arus pada saat pengecasaan hal ini tidak lain panasnya sebuah matrial pada switch pengecas aki yang menyebakan putusnya tombol switch over current, pada pengecas aki maxtron anda.

Cara mengetahui cas aki penuh.

Kemudian ketika kita sudah melakukan pengecasan aki, kita harus melihat pada batasan mana aki ketika terisi penuh atau bagimana cara mengetahui cas aki penuh, aki yang bagus pada pengecas aki pada bagian amper di indikator pengecas kita dapat melihat pengecasaan aki, saat aki terisi penuh di indikator amper pengecas . jika aki terisi penuh maka amper pada pengecas aki akan turun ke bawah atau mendekati angka NOL, karna penyebab aki yang low adalah konsumsi arus pada aki tersebut yang sudah hampir abis akibat sering dipakai, hal ini menandakan aki wajib di cas, dengan cara melihat amper pada pengecas aki akan lebih baik.

Catatan :

Ketika aki terisi penuh maka amper mendekati nol, ketika aki low maka amper pada indikator penunjukan aki dirate 2 amper - 5 amper dan ini ada pada pengaturan mode bost atau low saat mengecas aki.

Nah itulah beberapa penjelasan tampilan pada pengecas aki atau cara menggunakan pengecas aki ( merek maxtron).

Oh iya genks baca saya ada tips untuk kalean yang ingin membeli pengecas aki tapi  tidak paham memilih pengecas aki langsung saja klik artikel disini :


Link ke video cara menggunakan aki maxtron 


Type dab jenis pengecas aki maxtron :



Penutup

Saya rasa cukup jelas tentang penggunaan pengecas aki maxtron dan penjelasan tombol yang terdapat pada pengecas aki maxtron, agar anda dapat menggunakan dengan baik pada saat ingin mengecas aki mobil atau motor.

Semoga bermanfaat.

Channel youtube kami :


Jangan lupa subscribe like dan comment genks ya....terima kasih.





Related Posts