Beberapa peralatan umum & khusus yang sering digunakan oleh seorang teknisi listrik

 Assallamualaikum, wr, wb.


Pendahuluan


Halo bosku, apa kabar?! Semoga dalam keadaan sehat selalu, nah hari ini saya akan menjelaskan beberapa peralatan umum yang sering digunakan oleh seorang teknisi listrik, apa saja peralatan yang sering digunakan dalam memperbaiki peralatan listrik dan prventive maintenance guna menjaga peralatan listrik dari kerusakan maupun perbaikan harian.


Mari kita simak dan baca sampai habis...!!


Teori Dasar


peralatan umum & khusus yang sering digunakan oleh seorang teknisi listrik
Beberapa peralatan umum & khusus yang sering digunakan oleh seorang teknisi listrik


Beberapa peralatan umum bagi seorang teknisi listrik yang digunakan untuk menjaga peralatan-peralan yang terkhusus berarus listrik yang harus anda ketahui. Tanpa peralatan khusus atau peralatan umum sangat sulit untuk teknisi listrik melakukan perbaikan, peralatan khusus mencakup pada keamanan seseorang atau seorang teknisi listrik demi menjaga atau melindungi diri dari pekerjaan yang beresiko dan retan  terhadap bahaya.

Seorang teknisi listrik, tentunya kita tahu bahwa dalam pekerjaannya, mencakup pada ketinggian maupun di bawah (permukan tanah), ketinggian seperti apa pekerjan seorang teknisi listrik :

  • Memperbaiki kelistrikan diarea atas misalnya pemansagan kabel
  • Pemasangan terminal udara dan lain sebagainya
Masih banyak lagi bosku, pekerjaan teknisi listrik diatas permukaan tanah yaitu berkaitan dengan ketinggian.

Sedangakan didarat atau permukaan tanah, perbaikan dan preventive maintenance untuk menjaga peralatan listrik dari kerusakan kecil dan besar.

Apa saja peralatan umum dan khusus untuk seorang teknisi listrik :

Umum :

  1. Multitester
  2. Tespen
  3. Tang potong
  4. Tang jepit
  5.  Obeng + dan -
  6. Tang amper

Khusus
  1.  APD (alat pelindung diri)
  2. Safty belt (pengaman untuk perbaikan peralatan pada ketinggian)
  3. Ada lagi yang ingin menambahkan?
Silakan tulis dikolom komentar. Beberapa penjelasan yang saya jabarkan adalah contoh hal kecil yang saya ketahui peralan umum dan khusus sebagai teknisi listrik. 

Nah pada peralatan umum saya akan menjelasakan 6 point penting peralatan umum yang sering digunakan oleh teknisi listrik sebagai perbaikan kecil atau instalasi listrik berikut penjelasan singkatnya genks :

1. Multitester 

Bagi seorang teknisi listrik, multitester adalah hal yang harus kita miliki atau yang harus teknisi listrik miliki. Karna multitester ini sebagai peralatan umum yang akan digunakan untuk mengecek berbagai masalah pada kelistrikan, mislakan kabel konsleting, arus pendek dan lain sebagainya.

2. Tespen

Tespen bagi seorang teknisi listrik adalah ibarat istri kedua pribahasanya ya..heheh. karna pada saat terjadi kerusakan peralatan listrik atau sumber listrik peralatan yang dicari adalah tespen untuk memastikan bahwasanya kondisi listrik baik-baik saja dan jikapun terjadi kerusakan makan seorang teknisi listrik akan melakukan perbaikan.

3. Tang potong

Pada peralatan umum untuk seorang teknisi listrik untuk peralatan yang bernama tang potong ini, sangat-sangat dibutuhkan bro karna tang potong untuk memotong kabel dan mengelupas isolasi kabel saat memerlukan inti kabel untuk penyambungan.

4. Tang jepit

Tang jepit pada peralatan umum bagi seorang teknisi listrik. Tang jepit salah satu alat perbaikan kelistrik untuk seorang teknisi listrik tang jepitpun bagi seorang teknisi listrik akan digunakan untuk memutar atau memuntir kabel pada saat penyambungan kabel serabut dan kabel kawat tunggal.

5. Obeng

Peralatan umum tentunya obeng juga termaksud diperlukan bagi seorang teknisi listrik atau tukang listrik. Karna memang obeng ini banyak sekali kegunaanya baik obeng + dan obeng -, obeng biasanya digunakan untuk membuka dan menutup bagian yang memiliki skrup. 

6. Tang amper

Menurut teman-teman apakah tang amper ini masuk pada katagori umum atau katagori khusus, kalau kita melihat dari kegunaan tang amper. Tang amper biasanya digunakan untuk melihat arus atau beban listrik. Karna biasanya ada juga tang ampere digunakan untuk mengecek tahanan yang besar atau tahanan kecil, mengecek tegangan DC / AC dan lain sebagainya.

Nah skarang kita masuk pada peralatan khusus yang sering digunakan untuk seorang teknisi listrik :

Sepertinya tidak ada lagi yang ingin saya jelaskan pada peralatan khusus, karna peralatan khusus diatas menyangkut peralatan perlindungan diri pada saat diatas dan pada saat berada diketinggian.

Sebenarnya peralatan umum yang sering digunakan oleh seorang teknisi listrik banyak sekali genk jika kita, masuk lebih dalam tentang perlatan-peralatan umum yang sering digunakan pada seorang teknisi listrik.

Ada tang skun, ada skun kabel masih banyak lagi deh.

Nah penjelasan saya diatas merupakan peralatan umum teknisi listrik pada saat bekerja saja genks.

Penutup 

Saya rasa cukup genks yaks, penjelasan beberapa peralatan khusus dan umum yang sering digunakan oleh seorang teknisi listrik genk, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan maupun ucapan.

Ambil baiknya dan buang buruknya, genks.

Terima kasih sudah berkunjung genks.

Salam hangat 

Dan saya akhiri 

Wassallamualaikum, wr, wb.








Related Posts