Cara kalibrasi indikator digi type DI-517 (timbangan digital)

 Assallamualikum, wr, wb

Hai genks, bagaimana kabar kalian semua semoga sehat selalu dan dilancarkan rezekinya. Nah pada artikel kali ini saya ingin sedikit memberikan pencerahan terkait timbangan digital dengan judul artikel cara kalibrasi indikator digi type DI-517 atau kalibrasi timbangan digital merek DIGI type DI-517, apakah indikator teman-teman sama dengan judul artikel ini, kalau sama maka anda tepat membaca artikel ini tentang bagaimana cara kalibrasi digi type DI 517 ini?! Untuk itu simak dan baca sampai habis artikel ini, guna teman-teman dapat mengatasi masalah pada cara kalibrasi timbangan digital atau indikator timbangan digital yang sekarang anda atasi.

Skuys gaskan!!!


Teori Dasar


Timbangan digital merek digi type DI-517
Cara kalibrasi indikator digi type DI-517 (timbangan digital)


Beberapa indikator memang tidak sama dalam kalibrasi atau untuk membuat timbangan seakurat mungkin demi menjaga timbangan dari selisih angka pada beban timbangan, nah pada indikator digi ini sekarang sangat susah sekali untuk mencari barang dengan type seperti judul artikel ini.

Fungsi dari kalibrasi timbangan adalah menetapkan angka timbangan berdasarkan beban timbangan , contohnya jika beban 1000 kg maka diindikator wajib 1000 kg berdasarkan standart batu timbangan.

Nah pada tampilan Indikator digi type DI-517 memiliki 5 tombol yakni sebagai berikut :

1. On / off

2. Zero

3. T

4. Scroll left

5. Scroll up

Dari beberapa 5 tombol yang ada diatas nanti saya jelaskan satu persatu, agar teman-teman bisa memahami beberapa fungsi tombol yang akan kita gunakan dalam kalibrasi timbangan digital dengan type DI-517.

Pertama-tama saya akan menjelaskan 5 fungsi tombol yang terdapat di digi type DI-517.


Baca juga : penjelasan jembatan timbangan atau junction box


Gaskuen....

1. ON/OFF

Nah agan-agan pasti tahu atau mengenal fungsi tombol ON yang terdapat pada timbangan atau yang terdapat pada indikator Digi type DI-517 ini.

Nah memang fungsi tombol ON / OFF  pada digi type DI-517 untuk mati atau hidup indaktor itu sendiri.

2. Zero ( 0)

Pada tombol zero atau 0 pada tampilan indikator timbangan digi type DI-517 ini berfungsi sebagai pengalihan untuk mode ke menu setting maka didalam cara kalibrasi nantinya anda akan dihadapkan untuk memilih menu yang anda perlukan dalam kalibrasi contoh menu yang akan tampil sebagai berikut :

  • Pakai koma atau tidak pakai koma untuk digit angka timbangan
  • Kelipatan kenaikan (D1)
  • Kapasitas maksimal timbangan (inipun tergantung pada load cell apa yang digunakan)
  • Masuk ke menu D2 ( kelipatan harus dikesamakan pada D1) 
  • Kapasitas kedua
  • Call sp
  • Call 00
  • Kapasitas kalibrasi
3. T

Pada fungsi tombol T Ini adalah untuk masuk ke mode menu setting nah nantinya saya coba jelaskan cara kalibrasi timbangan digital ini type DI-517. 

4. Scroll left

Fungsi tombol pada digi type DI-517 ini adalah untk perpindahan ketahap perubahan anggka mislnya jika anda ingin merubah angka pada baris no 1 angka awal maka kita menekan scroll left sampai ke baris pertama.

Catatan :
Jika angka pada indikator timbangan bergerak maka anda sudah berada pada posisi siap untuk merubah angka timbangan.

5. Scroll UP

Pada fungsi tombol scroll up pada indikator timbangan digi type DI-517, maka anda masuk pada tahap perubahan angka yang ingin anda tetapkan contohnya sebagai berikut :

Jika kita ingin merubah angka pada angka belakang mislnya diawal angka nya 6, untuk merubahnya kita tekan scroll up sampai angka yang kita butuhkan.

Sampai disini bagaimana paham?

Oke sekarang kita masuk pada cara mengkalibrasi timbangan digital berma digi bertype DI-517 ini.

1. ON / OFF

Untuk masuk kemode cara kalibrasi timbangan digital digi type DI-517 ini teman-teman dapat menghidupakan indikator digital terlebih dahulu.

Oke sip lanjudkan....

Setalah hidup maka tunggu beberapa saat.

2. Tekan zero ditahan + tekan scroll left sekali kemudian tekan T 2 kali

Nah no 2 ini teman-teman diwajibkan menekan tombol pada indikator digital digi ini seperti no 2 ini dan berfungsi sebagai mengarahkan teman-teman untuk masuk ke mode setting timbangan digital sampai kalibrasi timbangan dan bebeberapa menu untuk mengatur kenaikan angka, menggunakan koma atau tidak dan kapasitas seperti penjelasan saya di nomor satu.

Setalah anda menekan zero ditahan + scroll left satu kali + T dobel klik maka anda akan diarahkan ke menu setting, kemudian tekan zero lagi untuk merubah dan memasuki next setting, ingat next setting.

Catatan :

Tetapkan settingan mau pakai koma atau tidak, mau kenaikan kelipatan angka berapa, mau kapasitas berapa ( berdasarkan  Kemampuan load cell )

Setalah settingan ditetapkan, tekan zero terus sampai anda menemukan call sp kemudian zero lagi call 00 dan jika mucul angka berdasarkan kapasitas dimenu setting maka anda harus merubah angka tersebut untuk mode kalibrasi, ingat ya mode kalibrasi. 

Nah biasanya ketika kita ingin mengkalibrasi timbangan digital  digi type DI-517 ini maka angka tersebut pada mode call sp harus dirubah atau angka indikator harus sama dengan beban pada peletakan di table meja timbangan.

Contohnya :

Angka di indikator 1000 kg maka beban pada table timbangan harus 1000 kg juga.

Dengan catatan:

Setting terlebih dahulu angka pada indikator timbangan 1000 kg setelah selesai disetting angka tersebut barulah anda menaruh beban 1000 kg pada table (meja) timbangan. Kemudian anda tekan zero untuk menyelesaikan proses kalibrasi timbangan digital digit type DI-517 ini.

Jika angka di indikator sama dengan beban berat pada meja timbangan maka proses kalibrasi berhasil.

Dan jika angka tidak sama baik di indikator dan meja timbangan ada selisih maka anda harus memperbaiki, atau melakukan pengecekan pada timbangan. Berarti ada yang tidak beres pada keseluruhan timbangan digital ini.


Ok genks pahamkah.
Semoga saja paham ya.
Mudah kok....berikut video kartu as saya jika teori tidak mampu membuat anda paham berikut video singkatnya :



Penutup 

Semoga dengan adanya artikel ini bisa mengatasi masalah agan-agan bagaimana cara kalibrasi timbangan digital digi type DI-517, oke sip. Semoga bermanfaat.

Ada pertanyaan ada kolom komentar dibawah genks.
Mohon maaf apabila ada salah kata dan ketikan.

Ini menunjukan saya masih ciptaan tuhan (ALLOH SWT).

saya akhiri

Wassallamualaikum, wr, wb.

Bye-bye......




Related Posts