Penyebab genset / generator cepat panas

assallamualikum wr, wb.

Pendahuluan


Halo anak adam hawa, berkaitan dengan judul diatas yakni genset yang cepat panas memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan guna mengatasi genset atau generator tidak cepat panas, oleh karna itu artikel ini sedikit memberikan pencerahan agar genset atau generator teman-teman tidak lagi panas.

Teori Dasar


Penyebab genset dan generator cepat panas.png
Generator / genset


Genset atau generator dikenal sebagai pembangkit listrik cadangan atau pembangkit listrik umum (umum ini lebih kepada tidak adanya sumber listrik PLN masuk). Nah saya ingin cerita sedikit masalah genset ini gan, karna memang saya pernah mengalami hal yang serupa dan mengurus genset atau generator 2 unit kapasitas 275 KVa nah.

Pada genset terdapat indikator tempratur suhu yang dimana ini menunjukan hasil generator panas atau tidak. Nah jika indkator menunjukan tingginya angka tempratur atau panasnya generator ini menandakan ada yang tidak beres pada generator atau genset agan-agan punya.

Nah dalam mengatasi generator atau genset yang tidak normal oleh penunjukan tempratur panasnya genset atau generator teman-teman harus melakuakn pengecekan baik radiator atau balde kipas generator mengalami masalah yuk kita bahas mesalah generator atau genset sering mengalami panas dan cara mengatasinya berikut beberapa tips dalam mengatasi penyebab genset atau generator yang cepat panas :

Penyebab genset atau generator cepat panas :

1. Radiator genset / generator

Penyebab genset atau generator cepat panas.jpg
Penyebab genset / genearator cepat panas

Nah gan radiator pada genset adalah salah satu penyebab genset/ generator tersebut panas, karna lobang pada celah radiator ini buntu sehingga angin atau kipas pada radiator tersebut tidak keluar maksimal untuk mendinginkan setiap celah lobang pada radiator, celah radiator tersebut tertutup oleh debu yang bercampur oleh oli genset. oleh karna itu penyebab genset atau generator yang cepat panas bisa diatasi dengan menyemprot ulang radiator dengan steam air. Dibersikan secara maksimal tiap celah radiator tersebut.

2. Air radiator

Nah salah satu penyebab genset cepat panas bisa jadi adalah air radiator yang karatan (air berwarna kuning). Kekentalan air radiator yang tidak diganti akan membuat cepat panas, dan bercampur dengan serbuk karatan yang ada didalam pipa penyaluran antara radiator ke dalam genset / generator.

Air radiator yang kental justru akan membuat air radiator tidak mengalir atau sirkulasi air lambat.

Untuk mengatasi hal ini yakni generator cepat panas teman-teman harus mengganti air radiator sampai benar-benar bersih. Caranya agar air bener-benar bersih seblum menganti air teman-teman harus menghidupakan genset atau generator selama 15 menit yang dimana penghidupan genset selama lima belas menit untuk mengeluarkan kekentalan air radiator yang melekat pada tiap pipa penyaluran air radiator ke genset setelah itu barulah dibuang.

Dalam pengurasan air ini teman-teman harus menghidupkan genset berulang kali tapi dengan catatan air harus tetap ada didalam radiator dalam menghidupkan genset ini.

Pastikan air radiator benar-benar bersih total barulah teman-teman dapat santuy.



Penutup

Nah saya rasa cukup penjelasan diatas dengan judul penyebab genset atau generator cepat panas dan tips cara mengatasi genset cepat panas.

Oke baby..thank you for mampir dimarik.

Semoga teman-teman dapat pencerahan dari artikel ini.

Saya akhiri

Wassallamualaikum, wr, wb.

Bye-bye....






Related Posts