Cara memasang instalasi listrik grouping mcb untuk rumah tinggal

Assallamualaikum, wr, wb.

Pendahuluan

Grouping MCB instalasi rumah tinggal

Halo brother apa kabar?! Semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja, dan hari ini saya ingin membahas artikel mengenai gruping mcb untuk rumah tinggal lebih tepatnya cara memasang instalasi listrik grouping mcb untuk rumah tinggal atau rumah kita pribadi.

Untuk itu dengan adanya artikel ini teman-teman atau agan bisa membuat atau memasang instalasi listrik grouping mcb untuk rumah orang atau rumah kita pribadi.

Yuk kita cari tau apa saja yang harus dipahami..

Enggkolll bebssss..hayukk...

Teori dasar

Grouping MCB atau dikenal dengan pembagian phasa atau pahse untuk listrik rumah tinggal sangat baik dilakukan yang dimana tujuan grouping ini adalah untuk mengetahui bagian kerusakan arus pendek atau short circuit pada jaringan istalasi listrik rumah tinggal serta pembagian sumber api arus listrik pada setiap ruangan yang ingin dipasang lampu dan stop kontak maupun saklar.

Grouping mcb pada instalasi rumah terdiri dari 2 atau 3 mcb bahkan lebih. Dikarnakan adanya pembagian phasa Atau phase pada tiap-tiap ruangan rumah tinggal seperti kamar ruang tamu dan lain sebagainya yang dikontrol atau dibagi oleh mcb. Untuk itulah dinamakan grouping mcb dengan kata lain pengelompokan phase listrik pada tiap ruangan.

Grouping mcb juga tidak serta merta memiliki keuntungan adapun kerugian dari instalasi listrik gruping mcb ini.

Memang gruping mcb ini difungsikan untuk daya yang cukup besar atau instalasi listrik untuk perkantoran dan lain sebagainya.

Oleh karna itu jika listrik rumah agan-agan memiliki daya yang terbilang kecil mungkin grouping ini saya tidak menyarankan tapi untuk grouping mcb dengan hanya pemasangan lampu saja tidak mengapa ini dilakukan artinya stop kontak dipasang terpisah dengan lampu.

Pastinya teman-teman sudah paham kerugian dan kelebihan grouping mcb ini. jika belum paham maka saya akan menjelaskan sedikit tentang kerugian dan kelebihan pemasangan instalasi listrik grouping mcb pada instalasi listrik rumah teman-teman.

1. Kelebihan grouping MCB


  • Mudah dikontrol 
Kelebihan Grouping MCB pada instalasi rumah mudah dikontrol ketika terjadi konsleting atau korsleting maka mcb yang telah digrouping akan ada yang down atau jatuh karna kelebihan beban atau short circuit.

Contohnya jika MCB 1 digunakan untuk membebani ruangan kamar tidur yang terdiri dari kipas angin, lampu, komputer yang dimana terjadi konsleting atau korsleting maka MCB ini akan jatuh atau turun istilah bahasa sehari-harinya.

Dengan demikian akan sangat mudah mengontrol atau melihat mana mcb yang jatuh tersebut.

Sedangkan pada MCB 2 dan MCB 3 tidak jatuh karna beda jalur phase yang telah dirancang sebelumnya.

  • Mudah dalam melakukan perbaikan
Bagian ini skip aja yaks....karna saya rasa teman-teman paham betul akan hal ini.

Kekurangan instalasi listrik rumah MCB Grouping atau grouping MCB

  • Boros dan memakan bnyak kabel dan Perlatan instalasi.

Kita lanjud pada gambar dibawah ini tentang grouping MCB :

Cara memasang grouping MCB instalsi listrik rumah tinggal.png
Cara memasang grouping MCB instalasi listrik rumah tinggal

Pada gambar diatas terdapat kwh PLN, dari distribusi PLN pembagi tegangan rendah yang akan disalurkan kerumah tinggal untuk listrik rumah. Pada kwh PLN terdapat MCB yang terpasang teman-teman dapat melihat MCB yang ada dikwh rumah teman-teman, karna memang MCB dari PLN atau MCB Kwh tidak bisa ditukar atau dibuka dan MCB ini merupakan daya yang akan kita gunakan.

Contohnya : jika MCB dirumah teman-teman terdapat tulisan C10 maka dipastikan daya yang akan masuk kerumah berkisar 2200 watt nah dari sini kita dapat membagi daya dengan menggunakan MCB grouping untuk rumah agan-agan. 2200 kita bagi menjadi 3 mcb misalnya 3 x 6 = 1800 maka 2 mcb kapasitas 4 amper dan satunya lagi kapasitas 2  amper misalnya.

Seperti yang saya jelaskan MCB groping dibagi dengan phase yang telah masuk ke MCB pembagi, in Phase PLN out Phase Rumah.

Lihat gambar dibawah ini :

Cara memasang grouping MCB.png
Grouping MCB untuk rumah tinggal

Gambar diatas adalah contoh patokan atau acuan  untuk grouping MCB ini karna memang terdapat beberapa warna kabel merah = phase, kuning = grounding dan biru adalah netral.

Nah tiap phase ini dari out MCB lalu dikoneksikan dengan tiap ruangan contohnya : MCB 2 dikoneksikan utuk ruang tamu, ruang kamar 1, dan ruangan dapur, sedangkan MCB 3 dikoneksikan atau phase dengan ruangan teras, kamar 2, ruang keluarga. Jadi ketika ada short circuit pada tiap jalur MCB maka kita dapat mengecek dengan mudah dari MCB grouping yang telah terpasang sebagaimana kekurangan dan kelebihan MCB grouping yang saya jelaskan diatas.

Untuk itu, saya anggap teman-teman sudah paham betul koneksi peralatan instalasi listrik seperti stop kontak, saklar dan lain sebagainya.

Nah kemudian dari out per phase MCB ini kita bikin kabel sejalur dengan setiap ruangan yang ingin kita pasang karna memang MCB grouping ini dipasang sedemikian rupa untuk phase yang akan kita gunakan sebagai jalur arus listrik untuk setiap ruangan yang sudah kita tentukan berdasarkan yang sudah saya jelaskan.

Jadi kalau agan-agan belum puas dendan teori ini, semoga video ini bisa memberikan pencerahan :







Video lebarnya ada di link sini : maintenance workshop

Oke baby wkkwkw.....dah cukup.

Penutup

Saya rasa cukup, untuk penjelasan grouping MCB atau cara pasang grouping MCB pada instalasi rumah tinggal teman-teman.

Semoga dengan adanya artikel ini, bisa sedikit memberikan pencerahan, sukur-sukur dah sedikit, tidak perlu banyak-banyak dah.

Saya akhiri

Wassallamualaikum, wr, wb.

Bye-bye genks.......






Related Posts