Cara pasang kabel konektor DB9 untuk timbangan digital

Assallamualaikum, wr, wb.

Apa kabar genks,,semoga kalian dalam keadaan sehat selalu genks, artikel kali ini saya ingin menjelaskan tentang cara pemasangan konektor atau socket untuk timbangan digital adapun konektor DB9 ini biasanya dipasang pada komputer. Ariltikel saya kali ini dengan topik konektor DB9 untuk timbangan digital, sebelumnya saya sudah pernah membahas kalibrasi timbangan digital sayaki.

Nah karna memang konektor pada sayaki dan digi ini memang berbeda, untuk itulah. Artikel ini saya buat sejatinya untuk pribadi dan apabila artikel ini bisa ditemukan temen-temen memang karna butuh tutorial tentang pemasangan kabel konektor DB9 untuk sayaki tipe A1-5, semoga adanya artikel ini dapat memberikan sedikit manfaat atau faedah dan mengatasi masalah kawan-kawan semua.

Teori Dasar

Konektor DB9 pada timbangan bergatung pada jenis timbangan yang kita pakai atau lebih tepatnya indikator digital jenis apa dan merek apa.

Nah karna beberapa waktu yang lalu saya dan teman memang pernah mengganti indikator timbangan merek sayaki ini dengan indikator digi. Karna memang beda tipe dan beda tampilan, ada beberapa yang harus kami setting dan kami rubah sebagai berikut.
  •  Merubah konektor DB9 bawaan sayaki karna digi dan sayaki beda tipe
  • Merubah kalibrasi
  • Menyolder ulang kabel 
  • Setting ulang timbagan digital kapasitas ton
Karna memang judul artikel ini saya bikin tentang cara pasang kabel Konektor db9 male atau laki, jadi saya lebih fokus ke konebktor DB9 male nya saja.

Apakah teman-teman pernah atau tahu tentang konektor DB9?

Kalau belum silakan lihat gambar dibawah ini :

Cara pemasangan kabel konektor DB9 Female.Jpg
Konektor db9 female

Gambar diatas adalah sebagai bentuk pengenalan konektor DB9, konektor gambar diatas adalah bentuk konektor DB9 atau lebih dikenal dengan sebutan konektor female DB9. Konektor DB9 Atau db9 female ini memilki 9 lobang pin untuk itu disebut konektor DB9.

Tentunya konektor ini memiliki pasangan atau konektor DB9 male, berikut gambar penjelasan tentang  db9 bagian malenya :

Cara pemasangan kabel konektor db9 timbangan digital.webp
Konektor male db9

Gambar diatas adalah petunjuk tentang konektor db9 male yang akan kita bahas karna bagian male ini akan kita pasang kabel untuk menerima sinyal dan mengirim sinyal pada timbangan digital yang akan kita pasang.

Bagian tampak depan seperti jarum pendek cuman tidak runcing, nah gambar diatas adalah tampak belakang konektor db9.

Lalu bagaimana cara pasang konektor db9 ini :

Berikut akan saya jabarkan gambar dibawah ini :


style="margin-left: auto; margin-right: auto;">Cara pasang kabel konektor DB9 untuk timbangan digital.webp
Cara pasang kabel konektor DB9 untuk timbangan sayaki


Nah karna pada timbangan digital terdapat 4 kabel merah, hitam, hijau dan putih. Teman-teman dapat milihat gambar patokan diatas pin 1 dari konektor db9 male, gambar diatas adalah merah, kita pasang merah dipin 1 dan hitam dipin 5 sedangkan 7 kita pasang kabel warna hijau dan no pin 8 kita pasang kabel warna putih.

Bagaimana jelas? Saya tambahkan  lagi detailnya.

Merah = pin 1 kanan kekiri baca hitunganya.

Hitam = pin 5

Hijau = 7

Putih= 8 

Coba lihat gambar dibawah ini untuk Cara pasang kabel konektor DB9 untuk timbangan digital bagian female yang saya sudah edit. sebagai petunjuk untuk teman-teman :

Cara pasang kabel konektor DB9 untuk timbangan digital.webp
Cara pasang kabel konektor DB9 untuk timbangan digital


Gambar diatas teman-teman Saya sarankan didownload dulu, agar terlihat jelas dan diperlebar dari gambar yang sudah disave di hp teman-teman.


Sudah selesai.

Oh iya baca juga cara pasang kabel pada konektor sentronics untuk timbangan digi : klik disini 


Untuk videonya bisa tonton disini :

Sampai disini apakah teman-teman dapat memahami yang saya jelasakan, semoga dengan adanya artikel ini sedikit memberikan pencerahan bagaimana cara pasang kabel konektor timbangan digital db9 untuk male.

Semoga bermanfaat atas apa yang saya sampaikan.

Tidak jenuh-jenuh saya ingin menyampaikan perkatan ambil yang baik buang yang buruknya.

Salam hangat dari saya.

Saya akhiri

Wassallam.









Related Posts