Cara pasang kabel power motor 3 phase

Assallammualaikum, wr, wb

Halo sahabat teknik maintenance workshop kali ini saya ingin berbagi ilmu tentang pemasangan kabel motor listrik 3 phase atau cara pasang power motor 3 phase. Kalau dari judul apa yang anda bayangkan. Power disini artinya saya ingin memberikan pencerahan mengenai cara pasang kabel ke motor listrik Untuk meningkatan torsi motor 3 phase dan melemahkan torsi motor.

Lets go, cek it's out....


Teori Dasar

Beberapa hal yang perlu perhatikan dalam pemasangan kabel untuk menjalankan motor 3 phase agar kita bisa melihat perbedaan dari pemasangan  hubung star dan pemasangan hubung  delta.

Nah dalam  memahami motor listrik 3 phase ada yang namanya hubung star dan ada yang namanya hubung delta.

Pemasangan power ke motor listrik ini jelasa ada pengaruhnya apa saja sih pengaruhnya.

1. Arus kecil dan torsi lemah.
2. Konsumsi arus besar dan torsi kuat.

Tapi dengan catatan apakah tegangan yang kita gunakan dalam pemasangan power ke motor listrik ini apakah sama dengan yang kita gunakan.

Begitupun halnya dengan frekuensi, apakah sama dengan frekuensi yang kita gunakan.

Berkaitan dengan frekuensi jelas kita menggunakan frekuensi 50 Hz.

Nah ini adalah acuan pemasangan power ke motor yakni melihat dari name plate yang hendak kita pasang.  Karna sangat peting melihat name plate motor listrik Sehingga bisa diterapkan untuk pemasangan power motor listrik 3 phase baik itu star atau delta.

Nah brother biasnya motor listrik  kapasitas dibawah 5 kw menggunakan hunungan star dan motor yang berkapastias 5 kw keatas menggunakan hubungan star/delta otomatis menggunakan timer delay relay.

Kenapa menggunakan star dan delta otomatis, pemasangan kabel power star delta ototlmatis bertujuan meminimalisir lonjakan arus saat starting awal motor kapasitas 5 kw keatas.

Saya punya pengalaman memasang motor listrik 3 phase  5 kw keatas bisa jalan tapi mccb jeglek karna saat star awal di alat  pengukuran arus,  hampir 32 amper.

Artinya bisa jalan tapi lonjakan arus sangat besar.

Nah saya lupa berapa frekuensi yang digunakan dalam hubungan delta ini.

Kembali lagi saya ingatkan untuk melihat suatu name plate motor listrik untuk pemasangna kabel power ntah itu hubungan star dan ntah itu hubungan delta.

Dibawah ini adalah suatu video yang saya buat untuk teman-teman cara koneksi motor listrik hubungan star dan hubungan delta.

Silakan disimak.



Owkeh bosku...nah video diatas setidaknya memberikan nasehat baik untuk pemasangan koneksi kabel hubungan star dan hubungan delta.
Tonton sampai habis agar temen-temen tidak gagal paham.

Penutup

Saya rasa cukup jelas penjelasan teori yang saya berikan semoga bermanfaat untuk teman-teman semua dan saya ucapakan wassallamualaikum, wr,wb

Bye-bye bosku.


Related Posts