Cara pasang instalasi listrik satu saklar meghidupkan 2 lampu

Assallammuallaikum, wr, wb.

Selamat siang para pengais rezeki, tetap semangat bosku untuk menjemput rezeki. Artikel kali ini saya membahas Satu saklar tunggal mengoprasikan 2 lampu atau cara pasang 1 saklar untuk 2 lampu.

Adapun skema diagram yang ingin saya sampaikan mengenai judul artikel ini. Anggaplah skema diagram satu saklar menghidupkan 2 lampu atau satu saklar untuk 2 lampu ini sebagai acauan pemsangan instalasi listrik untuk rumah teman-teman.

Berikut penjelasan atau teori cara pasang saklar tunggal menghidupkan 2 lampu.

Teori dasar

Dalam pemasangan instalasi listrik rumah tinggal atau instalasi untuk rumah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan serta mematuhi puil yaitu sebagai acuan standar umum pemasangan instalasi listrik, penggunaan kabel, evaluasi kabel dan lain sebagainya.

Dalam pemasangan instalasi listrik rumah khusunya pada artikel ini satu saklar untuk 2 lampu atau satu saklar mengoprasikan 2 lampu. teman-teman sudah paham betul, pembacaan skema diagram ini dan penerapan secara langsung  ketika pemasangan kabel ke saklar tunggal dan 2 lampu.

Oke saya anggap teman-teman sudah paham mengenai kabel phase, netral dan lain sebagainya.

Kabel pada instalasi listrik untuk rumah biasanya ada perbedaan warna, secara pribadi pada pengelaman yang saya temui ada yang menggunakan warna hitam untuk netral ada pula yang menggunakan biru untuk netral.

Lantas warna apa yang menjadi standar pemasangan berdasarkan puil (persayaratan umum instalasi listrik), biasanya persyaratan standart pemasangan instalasi listrik merah dan biru sebagai acuan instalasi listrik rumah...tetapi hal ini. Adapula yang menjadikan kabel merah dan hitam sebagai pemasangan instalasi listrik rumah tinggal.

Berikut sekema diagram instalasi listrik rumah untuk pemasangan satu saklar mengoprasikan 2 lampu atau satu saklar 2 lampu :

Skema diagram satu saklar untuk 2 lampu.png
Satu saklar menghidupkan 2 lampu


Jika kita melihat gambar diatas terdapat kabel biru dan merah sebagai acuan pemasangan instalasi listrik rumah tinggal,, grondingnya mana bang? Oke gronding wajib dipasang tapi apakah teman-teman paham mengenai pemasangan grounding? Jika kita memasang grounding  maka kita wajib menambah kabel dan juga elektroda batang untuk membuat jalur kesalah arus listrik dan petir.


Intinya disini saya menjelasakan satu saklar untuk 2 buah lampu dan satu saklar mengoprasikan 2 buah lampu.

Kembali lagi ke gambar diatas gambar tersebut teman-teman bisa jadikan acuan untuk cara memasang satu saklar mengoprasikan 2 buah lampu oleh karna itu teman-teman harus paham pembacaan diagram diatas, mislkan ni dirumah kita diatas rumah terdapat kabel yang sudah disiapkan atau dipasang kabel untuk membuat jalur listrik ke beban, kita tinggao menarik kabel yang hendai kita pasang dari atas ke saklar mislanya.

Saya rasa teman-teman dapat melihat video yang saya buay guna memahami lebih lanjud penjelasan skema diagram satu saklar mengoprasikan 2 lampu atau satu saklar tunggal untuk menjalankan 2 lampu sekaligus, berikut videonya tonton sampai habis ya:


Nah mungkin video diatas dapat memberikan faedah untuk teman-teman, tonton sampai habis saran saya agar tidak gagal paham. 

Jangan lupa untuk koment,,koment aja kok ngk susah kan,,atau like...ud itu aja sudah lebih dari cukup buat saya apalagi disubscribe...

Penutup

Saya rasa cukup penjelasan mengenai satu saklar untuk 2 lampu atau 1 saklar tunggal mengoprasikan 2 buah lampu sekaligus.

Terima kasih...

Bye-bye

Wassallamulaikum, wr, wb.

Related Posts