Cara pasang trafo current pada panel kontrol

Assallamualaikum, wr, wb.

Pendahuluan

Halo sahabat perbaikan peralatan listrik, apa kabar kalian semoga dalam keadaan sehat selalu, hari ini saya akan memberikan pencerahan dan pengetahuan tentang artikel saya yang berkaitan dengan rangkaian kontrol atau rangkaian kendali dengan judul cara pasang trafo arus atau cara pasang trafo current untuk panel control, pasti teman teman sudah kenal dengan trafo arus?! Langsung saja kita masuk pada dasar teorinya..

Simak dan baca sampai habis agar tidak gagal paham..

Teori Dasar

Gambar dibawah ini dalah trafo yang digunakan untuk panel kontrol dalam mengetahui besaran maksimal maupun minimal amper terpakai pada rangkaian kendali motor listrik, trafo ct bisa juga dipasang pada panel distribusi pembangkit listrik, trafo arus biasanya disebut juga dengan current transformator lihat gambar dibawah ini :

Cara pasang trafo arus / trafo current pada panel kontrol.jpg
Trafo current (current transformator)

Trafo arus atau trafo CT pada rangkaian kontrol digunakan untuk mengetahui besaran arus yang dikonsumsi motor listrik baik pada motor yang sudah menggunakan beban atau motor listrik sebelum menggunakan beban (beban kosong pada motor maksudnya)

Trafo arus atau trafo current pada box panel biasanya dikombinasikan dengan instrument amper meter untuk mengetahui nilai besaran arus, biasnya alat amper ini berebentuk segi empat Dan terdapat variabel besaran nilai dari yang terkecil dan terbesar.

Trafo arus atau trafo current biasanya diletakan di kabel phase baik itu 3 phase dan 1 phase dengan catatan jika yang kita gunakan 3 phase kita bisa memasang trafo  arus dan alat ukur amper 3 buah trafo pada masing-masing phasenya.

Trafo arus (trafo CT) atau trafo current akan terbaca atau terukur jika sudah menggunakan beban yakni pada beban motor listrik misalnya

Berikut gambar cara pemasangan trafo current untuk panel kontrol atau cara merakit pemasangan kabel trafo arus:

Cara pasang trafo arus / trafo current pada panel kontrol.png
Skema pemasangan trafo current pada panel kontrol

Pada gambar diatas adalah skema pemasangan trafo ct. Trafo current dipasang pada kabel satu phase dan pemasangan trafo current inipun pada kabel pahse nya saja, biasnya terdapat 2 buah terminal pada trafo current untuk menghubungkan langsung ke alat amper meter, teman-teman dapat milihat gambar diatas dan memperbesar gambar untuk memahami lebih dalam cara menyambung kabel trafo current ke amper meter atau cara memasang trafo arus untuk panel control.

Catatan pemasang trafo current pada panel kontrol

Jika 3 phase teman-teman dapat memasang 3 buah trafo current dan 3 buah amper meter atau teman teman dapat memasang 1 saja trafo current pada 3 phase kabel denga pilihan 1 kabel dari ketiga phasa yang hendak dipasang trafo ct tersebut.

Trafo ct bisa dipasang di satu phase (220V) atau di 3 phase (380V) dengan pilihan jika 3 phase pilihlah satu kabel saja yang hendak dipasang trafo current.


Bagaimana genks apakah sampai disini teman-teman bisa memahami?




Penutup

Saya rasa cukup untuk penjelasan tentang artikel saya kali ini dengan judul cara memasamg trafo ct / trafo current pada panel kontrol.

Saya ucapkan terima kasih sudah mampir mari kita ngopi....

Heheh.

Saya akhiri

Wassallamualaikum, wr,wb.

See you again...genks...

Related Posts