Cara mengganti compressor AC yang rusak

Assallamualaikum,wr wb.

Halo genks apa kabar, sudah lama saya tidak menulis artikel tentang listrik. Nah mumpung hari ini saya mendapatkan referensi berkaitan dengan compressor AC, nah pada artikel ini saya ingin menjelasakan tentang cara mengganti compresor AC yang rusak, hal ini perlu teori singkat agar kita tidak salah untuk melangkah dalam cara mengganti compresor AC yang rusak parah.

Berikut teori singkat tentamg tata cara dalam menganti compresor AC yang rusak genks.

Teori Dasar

Cara mengganti compressor AC.webp
Cara mengganti compressor AC

Dalam masalah yang terjadi pada compressor AC yang rusak. Hal ini terjadi karna compressor AC yang  sudah lama terpakai atau ketidakmampuan compressor AC tersebut memampatkan dengan baik gas refrigerant atau freon AC ke tekanan yang cukup. Nah disini dipastikan dibutuhkan teknisi yang handal untuk mengganti compressor AC tersebut.

Pada umunya dalam mengganti maupun perbaikan compressor AC tentunya membutuhkan biaya yang cukup banyak. Oleh karna itu sebelum dipastikan compressor AC anda rusak pada compressor tersebut ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu secara keseluruhan pemeriksaan keseluruhan meliputi kelistrikan, pemeriksaan kondisi filter dan duct serta pemeriksaan kipas  pada blower, nah ketika sebuah kompressor AC terbakar, hal ini berarti kumparan didalam kompressor mengalami kerusakan parah Yakni korsleting dan terbakar. Jika sudah terbakar jalan terbaik adalah mengganti compressor AC.

Dalam mengganti compresor AC atau cara mengganti compressor AC merupakan pekerjaan sangat rumit oleh karna itu diperlukan teknisi yang handal untuk menganti compressor AC ini karna ini adalah bagian termahal dari sebuah alat pendingin ruangan .

Lalu bagaimana langkah pengerjaan untuk mengganti compresor AC ini atau berikut cara mengganti compressor AC :

1. Anda harus memperhatikan bahwa compressor AC setelah dilakukan pengencekan benar-benar sudah tidak layak pakai, pilihanyapun ada 2 menganti baru atau memperbaikinya.
Perhatikan juga keuntungan dan kerugian yang didapat dalam menganti baru dan memperbaiki compressor AC ini.

2. Melihat atau mengindentifikasikan model dan kapasitas type dari compressor AC, agar penggantian compressor AC benar-benar tidak salah dan tepat sasaran.

3. Matikan air conditioner tersebut, termaksud jaringan listrik air conditioner yang terpasang.

4. Kosongkan refrigerant atau freon AC. Prosedur modern memungkinkan untuk menampung refrigerant ini dari pada melepasnya ke lingkungan agar terhindar dari polusi udara.

5. Potong pipa refrigerant fan copot compressor

6. Pasang kompressor baru atau yang sudah diperbaiki dan hubungkan pipa refigerant kembali.

7. Lakukan vacuuming pada sistem untuk  mengeluarkan udara dari pipa refrigerant dan compressor AC. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah masih ada kebocoran didalam sistem. Jika masih terdapat udara yang bercampur dengan refrigerant akan menyebabkan sistem tidak bekerja dengan baik begitu juga refrigerant bercampur dengan air.

8. Refrigerant dimasukan kedalam sistem pada jumlah yang tepat, tidak kurang dan tidak boleh lebih ( wajib pas)

9. Lakukan test dan evaluasi pada sistem.


Penutup

Saya rasa cukup dan jelasa tentang cara mengganti compressor AC atau cara ganti compressor AC baru.

Semoga bermanfaat.

Salam hangat.

Saya akhiri wassallamualaikum, wr, wb.


Related Posts