Cara pasang satu saklar tunggal mengoprasikan satu lampu dan cara pasang stop kontak instalasi rumah tinggal

assallammuallaikum, wr, wb.

Pendahuluan

Selamat sore genks, pada artikel kali ini saya ingin memberikan pencerahan atau sedikit pengetahuan tentang bagaimana cara pasang instalasi listrik 1 saklar mengoprasikan 1 lampu dan satu buah stop kontak untuk rumah tinggal.

Baca sampai habis ya genks.


Teori Dasar

Cara pasang saklar tunggal dan stop kontak.png
Cara pasang saklar tunggal dan stop kontak

Saklar ataupun stop kontak pada umumnya digunakan untuk memasang instalasi listrik rumah. Saklar berfungsi untuk memutus aliran arus listrik yang terhubung ke lampu (dengan catatan jika kita menggunakan beban lampu), prinsip kerja sederhananya saklar saat saklar ditekan baik itu keatas atau kebawah maka lampu tersebut akan mati dan hidup. Jika kabel phasa dan netral terpasang dengan baik.

Stop kontak atau colokan pada instalasi rumah berfungsi membuat jalur arus listrik ke beban seperti kulkas, dispenser setrika dan lain sebagainya, stop kontak sendiri di dalam rumah bisa dipasang pada beberapa bagian misalnya didapur, ruang tamu, kamar, dan ditempat sesuai kita menempatkan beban seperti yang saya jelaskan diatas

Lalu bagaimana cara pasang saklar untuk mengoprasikan satu lampu :

Nah pertama saya jelaskan kepada teman-teman tentang cara pasang saklar untuk mengoprasikan satu lampu, berikut penjelasan singkatnya :

Saya jelaskan secara teori dulu nanti teman-teman bisa diperjelas dengan video yang saya buat.

Saklar pada instalasi rumah tinggal saat mengoprasikan satu lampu hanya membutuhkan sumber pahsa atau phase (api).

Nah kan dirumah biasanya ada netral dan positif nih, diatas rumah pada kabel merah dan biru jika kita menggunakan tespen, setuh pada ujung tespen jika menyala artinya inilah arus listrik yang akan digunakan untuk menyambung dari kabel atas rumah kita tarik ke saklar phase datang dan saklar phase keluar ke lampu dan netral tarik dari atas menuju lampu dengan catatan kita wajib memasang instalasi rumah secara rapi.

Lalu cara pasang stop kontak / colokan listrik atau bagaimana cara memasang  kabel stop kontak atau colokan listrik :

Cara pasang stop kontak atau cara memasang kabel stop kontak untuk rumah tentu saja sangat mudah bagi para amatir dan susah bagi pemula. Untuk cara memasang kabel stop kontak, teman teman hanya menghubungkan phase dan netral. karna ini adalah syarat agar kita dapat mencolok beban seperti kulkas pada stop kontak rumah.

Jika kita ingin memasang stop kontak dan saklar tunggal mengoprasikan 1 lampu teman-teman dapat memasang terlebih dahulu ke stop kontak atau bisa sebaliknya karna menurut pandangan pribadi ada baikanya stop kontak terlebih dahulu kita pasang setelah itu kita kopel atau jumper pahse dari stop kontak ke saklar.

Kenapa harus stop kontak dahulu yang kita pasang baru saklar karna secara pandangan pribadi hal ini tidak menyebakan panasya kabel atau kawat penghantar saat colokan atau stop kontak menggunakan beban, dan takudnya jika terjadi penumpukan beban dengan satu buah stop kontak yang kita pasang (jika kopel kita ambil dari saklar) maka satu kawat phasa dari saklar tidak akan mampu menahan arus listrik yang menggalir ketika terjadi penumpukan beban.

Untuk lebih memahami artikel ini ada baiknya teman-teman menonton video youtube yang saya buat guna memberikan pencerahan kita hendak memasang saklar tunggal dan stop kontak pada instalasi rumah.


Jangan lupa support channel kita genks, subscribe, like, share dan koment.
Itu sangat berarti  buat saya untuk kelangsungan hidup channel ini.


Penutup

Saya rasa cukup untuk pembahasan cara pemasangan saklar tunggal mengoprasikan satu lampu dan cara pasang stop kontak pada rumah tinggal.

Semoga dengan adanya artikel ini sedikit memberikan pencerahan kepada teman-teman. Saya tidak meminta banyak sedikit saja sudah alhamdullilah....


Saya ucapkan terima kasih

Wassallamualikum,wr,wb.







Related Posts