Cara memperbaiki baterai senter portable dan cara mengatasi senter portable mati total

Assallamualaikum, wr, wb.

Pendahuluan

Halo genks, artikel kali ini saya ingin membahas mengenai cara memperbaiki baterai senter, dan biasanya senter yang tidak menyala atau senter redup bisa jadi masalah utamanya adalah baterai, untuk itu saran saya baca sampai habis.

Teori penunjang

Umunya senter yang mengalami masalah tidak menyala atau redup memiliki pengaruh baterai senter yang airnya kering, lah kok pakai air? Tentunya kita tahu bahwa ada senter yang memiliki penggunaan 2 buah jenis baterai berupa baterai primer dan baterai sekunder, baterai primer untuk sekali pakai sedang sekunder adalah baterai yang diisi ulang degan menggunakan air aki zuur.

Jika senter anda mengalami masalah pada lampu led yang redup atau lampu led tidak menyala jika senter anda menggunakan baterai skunder (baterai asam timbal) anda dapat mengisi cairan elektrolit berupa air zuur atau biasa disebut air aki.

Saya pernah mencoba saat air baterai senter ini kosong maka pengecasan tidak akan maksimal sehingga menyebabkan senter anda tidak menyala dan saya juga pernah mencoba mengecas dengan keadaan air kosong dengan mengecas sampai 1 jam dan hasilnya lampu senter tidak menyala.

Saat itu sayapun binggung kok ngk nyala ya.

Ternyata saya lihat ada lobang pengisian air baterai senter, saat itu saya isi air zuur secukupnya dan melakukan pengecasaan ulang.

Alhamdullilah, lampu senter menyala kembali, tapi perlu diingat saya kurang memahami berapa lama pengisian air baterai  Pada senter saat senter digunakan akan bertahaan lama atau tidak.

Lalu bagaimana bang cara memperbaiki baterai senter ini :
Begini genks kuy disimak.

  1. Bukan penutup baterai
  2. Buka penutup karet baterai senter
  3. Siapkan air aki
  4. Tuangkan air aki atau air elektrolit untuk aki kedalam baterai senter
  5. Cas kembali

Pada 5 poit diatas pejelasan tentang megisi air baterai langkah demi langkah atau step by step, berdasarkan ke 5 point ditas saya akan memberikan penjelasaan singkat sebagai berikut, agar kalian enak memahaminya.

1. Buka penutup baterai



Berdasarkan petunjuk gambar diatas teman-teman dapat melihat tanda panah kuning merupakan bagian petunjuk untuk mengisi air zuur baterai senter. Kedua lobang tersebut wajib di isi air zuur untuk membuat baterai senter anda menyala kembali. Oleh karna itu isi air elektrolit zuur bd.

2. Penutup kater aki senter

Ketika anda memperbaiki senter led atau senter untuk patroli atau senter protable jika menggunakan baterai berupa bentuk batrai aki mini kecil. Akan terdapat karet penutup aki atau baterai senter portabale, karet ini difungsikan untuk menahan dan meminimalisir tumpahnyaa air baterai senter. Oleh karna itu pastikan dan buka tutup karet yang ada pada baterai senter portable ini.

3. Air aki zuur bd.

Lakukan pengisian air zuur ke aki menggunakan jarum suntik isi  air zuur bd secukupnya jangan kepenuhan dan jangan pula sedikit. Yang sedang-sedang saja yah bosku.

Pada baterai senter portable akan ada  2 lobang kecil untuk mengisi air aki atau air zuur bd pada baterai senter tersebut. Seperti pada penjelasan diatas gunakan jarum suntik untuk melakukan pengisian air zuur bd ke baterai senter tersebut.

4. Kosongkan saja ya karna penjelasan diatas saya rasa hampir sama.

5. Cas baterai senter portable kembali

Point nomor lima ini adalah sama halnya dengan akhir dari pengerjaan pada proses pengisian air baterai senter portbale, artinya no 1 dan no 4 sudah selsai dilakukann sedangkan no 5 adalah proses pengecasan aki baterai senter portable setelah melalui beberapa proses seperti penjelasan saya diatas.

Pengegecasan cukup memakan waktu kurang lebih 2 jam.

Catatan

Proses pengecasan baiknya karet penutup jangan dipasang.

Pengecasan baterai senter portable menggunakan rate tegangan 5 VDC dan arusnya berkisar 2-3 A (amper). Ada baiknya menggunakan adaptor.


Penutup

Saya rasa penjelesan tentang memperbaiki baterai senter led yang rusak atau cara memperbaiki senter portabel sudah sangat jelas.

Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan dan kata-kata yang kurang berkenan.

Saya ucapkan terima kasih bayak dan saya akhiri.

Wassallamualaikum, wr, wb.

Bye-bye....




Related Posts