Cara pemasangan timer delay relay pada rangkaian kontrol star-delta

assallamualikum, wr, wb.

Pendahuluan

Halo genks, sahabat teknik maintenance workshop, apa kabar kalian semua. Semoga sehat selalu dan dilancarkan resekinya, amin. 
Tetap pakai masker keluar rumah jika memang peting.

Pada aritikel kali ini saya akan memberikan sedikit pencerahan bagaimana cara memasang timer delay relay pada rangkaian kontrol star delta atau cara pasang TDR (timer delay relay pada rangkaian star delta. untuk itu saran saya baca sampai habis agar tidak gagal paham.

Gasken...

Teori Penunjang

Timer delay relay atau biasa disebut TDR yang digunakan pada rangkian kontrol star delta berfungsi untuk menghidupkan kontaktor 2 dan 3 sesuai settingan detik yang digunakan, kenapa setingan timer delay relay pada star delta detik?! Karna TDR atau timer delay relay digunakan untuk merubah hubungan motor listrik, pada saat tombol start ditekan pada rangkaian star delta maka motor listrik memasuki hubungan Star atau hubung bitang, dan biasanya motor listrik 3 phase memakan arus yang cukup besar pada star awal pada hubungan delta untuk itu digunakan timer delay relay untuk melakukan perpindahan kontaktor 2 dan 3 yang tadinya motor berjalan dihubung star maka dengan otomatis TDR merubah rangkaian kontrol ke delta guna mememinimalisir besaran konsumsi arus saat motor listrik berjalan.

Biasanya timer delay relay disetting hitungan detik. Lalu bagaimana cara pemasangan timer delay relay untuk rangkaian kontrol star delta.

Berikut penjelasanya :

Seperti yang kita ketahui timer delay relay memiliki settingan waktu, setingan mode, dan setingan lainya.

Untuk itu dalam pemasangan timer delay teman teman bisa melihat gambar berikut :

Cara setting timer delay relay untuk rangkaian kontrol star delta.jpg
Cara setting timer untuk star delta

Gambar diatas adalah cara setting timer delay relay untuk rangkaian kontrol star delta atau sebagai contoh patokan yang hendak teman-teman gunakan misalnya dengan menggunakan mode A untuk pada timer delay relay untuk rangkian star delta, setingan waktu second atau detik, dengan angka dibawah lima detik.

Gambar diatas teman-teman bisa simpan agar nanti bisa dijadikan contoh pemansangan rangkilain star delta.

Lalu bagaimana cara pemasangan kabel timer delay relay untuk rangkaian kontrol star delta ini saya jelaskan sedikit agar teman-teman dapat memahaminya :

  1.  Tentunya kita tahu bahwa timer delay relay memiliki kaki 1 sampai 8 atau sama dengan 8 kaki, 8 kaki ini adalah sebagai kontak relay untuk memberikan sumber ke suatu peralatan misalnya pada kaki NO 3 dan 4 nah kontak relay ini atau saklar otomatis timer delay relay ini akan berfungsi berdasarkan waktu setting dan penggunaa mode.
  2. Timer delay relay memiliki kaki dimana kaki 2 dan 7 adalah sebagai sumber atau input ke timer (kaki untuk mengerakan kontak relay).2 dan 7 pada timer delay relay biasannya untuk sumber listrik AC dengan catatan jika kita menggunakan timer delay relay untuk rangkain kontrol Motor Star delta. Lalu apakah bisa timer delay delay menggunakan input DC jawabnya tentu saja bisa  disni timer delay relay jika menggunakan arus DC maka rate teganganya  100-125VDC dan untuk rate tegangan arus AC 100-240V ( ini untuk penggunaan kaki 2 dan 7 ingat ya ini berarti sumber.
  3. Kaki kontak relay kaki kontak relay ini biasanya tergantung pada kaki mana yang hendak kita jadikan kontak saklar relay, jika NO 2 adalah api ( phasa) maka teman-teman wajib jumper kaki 2 ke kaki NO satu agar kaki no 1 ini dapat mengghidupakan langsung kontaktor 3 untuk rangkaian kontrol star delta.
Ya suda langsung sajalah ribet juga menjelaskannya berikut gambar terminal timer delay relay untuk acuan setting dan penyambungan kabel timer delay relay pada rangkaian kontrol star delta.

Cara pasang kabel timer delay relay untuk rangkaian kontrol star delta.png
Cara pasang kabel timer delay relay untuk star delta

Gambar diatas adalah contoh kabel yang hendak teman-teman pasang dengan acuan 2 dan 7 power input untuk menjalankan timer delay relay sedangkan 2 dan 1 dijumper untuk untuk mengaktifkan kontak saklar relay berdasarkan waktu setting timer, kontak saklar relay yang akan aktif terdapat nomor 4 dan no 3 lihat diterminal timer delay relay maka akan ada nomor pada tiap-tiap terminal. Kontak saklar relay 3 dan 4 inilah yang akan mengerakan kontaktor yaitu kontaktor 2 dan kontaktor 3 pada rangkaian kontrol star delta.

Tentunya kita tahu betul bahwa rangkain kontrol star delta harus memiliki timer. Kemudian terdapat 3 buah kontaktor dalam artikel ini saya mengesampingkan atau mengabaikan kontaktor 1 karna timer delay relay pada rangkaian star delta difungsikan untuk menggerakan kontaktor 2 dan 3.

Bagaimana paham!!! Kalau belom paham saya punya kartu terakhir video youtube tonton sampai habis yaks :




Semoga saja  anda paham ya genks.

Penutup

Saya rasa cukup dan jelas tentang artikel kali ini yaitu cara pasang timer delay relay untuk rangkaian star delta atau cara memasang kabel pada timer delay relay untuk rangkaian kontrol star delta.

Saya ucapkan terima kasih telah berkunjung, salam hangat.

Saya akhiri

Wassallamualaikum, wr, wb.


Bye-bye....












Related Posts