Penyebab senter led tidak menyala

Assallamualaikum, wr, wb.

Pendahuluan

Halo genks, kali ini saya ingin memberikan artikel sebagai pencerahan yakni tentang penyebab senter led tidak menyala atau senter yang lampu lednya mati. Mungkin tips ini sedikit membantu teman-teman yang kesulitan saat  malam senter lednya rusak dan tips ini akan membantu secara teori penjelasan guna memperbaiki,  Senter anda yang rusak.

Untuk itu simak sampai habis, agar tidak gagal paham.

Teori penunjang

Penyebab senter led tidak menyala.png
Penyebab senter led tidak menyala

Senter led yang saya maksud adalah senter portable atau senter pak satpam bisa juga dibilang senter genggam dimana senter ini yang selalu dibawa ketika ngeronda ataupun jaga malam di suatu perusahaan, biasanya senter yang tidak menyala penyebabnya banyak sekali genks , dari kabel putus, baterai soak dan komponen didalam sudah rusak.

Pada artikel ini. saya menjelasakan beberapa point penting dalam mengetahui penyebab senter led tidak menyala.

Beradasarkan point penyebab lampu senter led gengam tidak menyala atau senter portabel tidak menyala sebagai berikut :

  1. Led putus
  2. Kabel putus
  3. Solder kurang kuat
  4. Baterai yang tidak mengisi
  5. Komponen utama didalam senter rusak

Beberapa point diatas atau 5 point penting yang mengindikasikan senter tidak dapat menyala. Saya akan jabarkan dan memberikan penjelasan sederhananya yakni penyebab senter led  tersebut tidak menyala, on focus.

1. Lampu senter led putus


Penyebab senter led tidak menyala.jpg
Lampu senter led putus

Tentunya kita tahu betul bahwa senter memiliki 2 jenis dalam penggunaan  lampu. yakni lampu bohlam ataupun berbentuk lampu led, tapi diartikel kali ini saya ingin mebahas mengenai lampu senter led saja lalu berdarsakan point diatas no 1  maka senter yang tidak menyala mungkin bisa jadi lampu lednya putus, oleh sebab itu lakukan pengecekan dengan melihat dibagian mata lednya saja, saya rasa teman-teman  tidak perlu mengukur, cukup lihat dengan mata kalau sentar bagian lednya sudah ada tanda titik hitam seperti hangus maka dipastikan penyebab senter tidak menyala adalah keruskan pada lednya, lalu bagaimana cara mengatasinya.

Opsi yang paling baik adalah ganti baru dengan membeli lampu led ditoko-toko elektronik.

Atau opsi kedua dengan mencari lampu bekas.

Opsi Ketiga menganti dengan lampu led rumahan, atau philips led dengan catatan anda paham dengan pengerjaanya.

2. Kabel Putus

Penyebab senter led gengam tidak menyala atau senter  portabel tidak menyala adalah kabel yang terputus, ini biasanya sering terjadi pada saklar yang terhubung ke lampu led senter, penyebab kabel putus ini biasannya terjadi akaibat humaan eror misalnya senter terhempas dan lain sebagainya.

Lalu bagaiamana mengatasi senter yang tidak menyala yakni sebagai berikut :

  • Bukalah senter anda
  • Cek kabel yang terindikasi rusak atau solder kurang kuat.
  • Kabel putus teman-teman dapat mengecek dengan menggunakan multitester

3. Solder kurang kuat

Dalam penyenyabab senter led atau senter portable yang rusak bisa jadi soleder kurang kuat dimana komponen atau senter seperti yang kita ketahui memiliki penyeloderan nah bagian ini teman-teman bisa mengecek senter led yang tidak menyala tersebut dibagian penyolderan baik itu kabel batrei, kabel lampu led, maupun saklar.

4. Baterai senter yang tidak mengisi

Salah satu penyebab senter led tidak menyala yakni bisa jadi dibagian baterai yang tidak mengisi. Oleh karna itu penting untuk teman-teman mengecek baterai senter led. Kabel baterai, komponen pada pengisian baterai dan pengubung besi tipis yang terseri pada masing-masing baterai baterai.

Saran :

Umunya baterai senter yang menggisi akan sangat mudah menyalakan senter tetapi dalam penyebab senter led tidak menyala akan sangat sulit bahkan tidak menyala sama sekali, karna baterai mempunyai peranan peting, untuk itu perlu diperhatikan kelyakan pakai baterai.

Oyah ane lupa seri apa pararel yaks...hehe

Dicek ya genks!!!


5. Kompenen senter led

Salah satu penyebab senter tidak menyala bisa jadi penyebabnya adalah komponen yang terdapat pada senter portable atau senter led anda, oleh karna itu komponen ini harus dilakukan pengecekan, guna memastikan apakah komponen senter rusak, dengan menggunakan multitester.

Lakukan pengecekan langkah-demi langkah, untuk memastikan senter anda baik-baik saja pada komponen senter portabel ini.

Jika terdapat kerusakan teman-teman dapat menganti komponen yang ada di lampu bekas dan menggunakan kompenen tersebut sesaui spesifikasi komponen dari senter.

Sampai disini paham...

Penutup

Saya rasa cukup jelas penyebab senter led yang tidak menyala atau penyebab senter mati total







Related Posts