Cara cek selenoid bagus atau rusak

assallamualaikum, wr, wb.

Halo brother sahabat teknik maintenance workshop, pada artikel kali ini saya ingin memberikan tentang penjelasan bagaimana cara cek kondisi selenoid atau bagaimana kita dapat melihat suatu selenoid  tersebut bagus atau rusak. Sebelum kita masuk pada pembahasaan ada baiknya kita berdoa demi kelancaran bersama.

Mari kita gasken..

Teori penunjang

Umumnya selenoid yang rusak bisa kita cek secara visual jika, tampilan pada selenoid tersebut memang sudah tidak layak pakai, tetapi jika kita melihat pada tampilan selenoid yang masih baru atau pengecekan selenoid saat membeli selenoid, maka kita harus melakukan pengukuran guna memastikan kondisi selenoid memang layak pakai atau kondisi selenoid bagus.

Seperti yang kita ketahui, selenoid merupakan suatu kumparan yang dibuat sedemikian rupa untuk menghasilkan medan magnet, kumparan tersebut berupa gulungan kawan email atau kawat tembaga berdiameter sesuai kegunaan, 

Prinsip kerja selenoid ini sederhananya dengan memanfaatkan sumber listrik yang mengalir melalui kawat email, sehingga kawat tersebut menjadi magnet. Selenoid umunya memilki 2 jenis jika kita melihat dari penggunaan sumber listrik yakni selenoid arus AC dan selenoid Arus DC,  dalam mengetahui jenis sumber listrik yang digunakan pada selenoid, teman-teman dapat melihat suatu name plate pada selenoid apakah selenoid yang digunakan arus AC atau Arus DC. 

Selenoid yang saya ketahui bentuknya bayak macam  dari selenoid foklif, selenoid bobcat, selenoid pressure oil, Lantas bagaimana cara cek kondisi selenoid ini? Untuk mengetahui kondisi selenoid teman-teman bisa menyamakan pengukuran menggunakan motor listrik misalnya, atau bisa menonton video yang telah saya buat dibawah ini :

Saran saya tonton sampai habis agar tidak gagal paham.



Video atas menjelaskan bagaiamana cara melihat kondisi selenoid rusak atau bagus menggunakan multitester digital.

Penutup

Semoga video ini bermanfaat untuk teman-teman dan sedikit memberikan pencerahan kepada teman-teman tentang bagaimana cara cek kondisi selenoid bagus atau rusak.

Tks for watching.


Related Posts