Cara menggunakan tang crimping RJ 45

assallammuallaikum, wr, wb

Pendahuluan

Pada pagi ini saya ingin memberikan sedikit pencerahan tentang bagaimana cara menggunakan alat tang jepit  konektor rj 45 yang bernama tang crimping RJ 45, apakah teman-teman pernah mendengarkan tang crimping RJ 45, saya cerita sedikit ,jadi saya sebenarnya  baru menggunakan tang ini sekitar 1 minggu yang lalu, nama alat ini pun saya baru tahu, hehhe.

Ya sudah tidak perlu banyak basa-basi langsung saja kita masuk teori dasar.

Teori Penunjang


Cara menggunakan tang crimping rj 45.webp
Cara menggunakan tang crimping RJ 45

" Tang Crimping rj 45 atau tang press konektor rj 45 " adalah suatu alat yang digunakan untuk menekan bagian konektor rj 45 agar kuat dan ngepress dalam arti kabel tidak akan lepas, kemudia bagian konektor rj pada tembaga akan menekan menyentuh isi didalam kabel lan (tembaga) . Teman-teman tahukah dengan konektor 45, pasti tahu ya cuma pasti ngak tahu namanya aja. Bentuk dan wujudnya pasti tahu!!

Nanti saya akan coba terangkan.

Biasanya tang crimping RJ 45 diggunakan Untuk membuat kabel konektor dan membuat jalur konektor pengkabelan  pada jaringan telfon. Wlan dan lain sebagainya, tang crimping RJ 45 mempunyai 2 buah mata pisau, 2 buah lobang konektor berbeda konektor dengan ukuran 8P-6P.

Ukuran lobang untuk konektor pada tang crimping rj 45 biasanya berbeba-beda tergantung pada keggunaan anda sendiri, berikut gambar yang telah saya sediakan :

Lobang konektor pada tang crimping

Gambar diatas jika kita perbesar maka akan jelas sekali lobang konektor beserta angka yang terdapat pada konektor yang hendak teman-teman gunakan. 

Konektor RJ 45 adalah suatu alat berupa soket atau konektor untuk menghubungkan jalur tranmisi kabel ke alat converter misalnya berupa HDMI converter dan lain sebagainya berikut gambar bentuk dari konektor RJ 45.

Konektor rj 45 untuk telfon dan cctv

Gambar diatas Konektor RJ 45 yang ingin saya jelaskan, guna teman-teman paham dengan fungsi tang crimping rj 45 ini jadi tang crimping ini dikombinasikan dengan konektor rj 45  Seperti gambar diatas yakni gambar 2. Umumnya konektor ini digunakan untuk sepatu kabel dalam menghubungkan kabel ke socket  HDMI, telfon misalnya jika anda pernah melihat telefon rumah pada bagian belakang telefon tersebut maka akan terdapat konektor  rj 45 ini. Didalam konektor terdapat jalur untuk kabel yang akan terhubung pada kaki kaki tembaga konektor rj 45 ini.

Cara menggunakan tang crimping rj 45 ini cukup mudah yaitu dengan cara sebagai berikut :

  1. Siapakan alat tang crimping rj 45 dan konektor rj 45
  2. Kupas isolasi kabel
  3. Masukan konektor rj 45 terlebih dahulu ke tang crimping rj 45 
  4. Setalah itu masukan kabel ke konektor  rj 45 yang sudah ingin anda press. dalam memasukan kabel lan yang sudah terkelupas  anda harus memperhatikan setiap warna kabel yang akan digunakan dalam memasang kabel lan ke konektor.

Penutup

Semoga aritikel ini memberikan sedikit pencerahan tentang bagaimana cara menggunaian tang crimping rj 45.

Semoga bermanfaat.

Bye-bye.






Related Posts