Cara menggunakan tang skun kabel (tang press skun hidrolik)

Assallamualaikum, wr, wb.

Pendahuluan

Hallo, bosku sahabat teknik maintenance workshop hari ini saya ingin menjelaskan tentang bagaimana cara menggunakan tang skun kabel ( tang press Skun hidrolik),  ada beberapa tips dan cara menggunakan tang skun hidrolik atau cara menggunakan tang untuk skun kabel , untuk itu simak agar teman-teman tidak gagal paham, saran saya baca sampai habis, dah capek-capek bikin tidak dibaca sampai habis...heheh

Gasken trus...


Teori penunjang

Pada gambar dibawah ini adalah tang skun yang saya gunakan untuk mengepres skun kabel atau gambar ini adalah contoh dari tang press skun hidrolik lengkap dengan box alat tang press, yang ingin teman-teman gunakan berikut teori penunjang untuk memperkuat penjelasan :


Isi box tang press hidrolik

Tang skun kabel atau tang press skun hidrolik umumya digunakan untuk mengepress bagian dari skun dibagian sisi bawah guna mempermudah kabel yang kita gunakan untuk dipasang di mccb atau di bagian panel yang terdapat skrup untuk memperkuat penyambungan, biasanya skun kabel terdapat lobang.

Skun kabel

nah lobang ini digunakan untuk menghubungkan ke sumber listrik maupun ke beban.
Contohnya jika kita memasang kabel generator ke change over switch maka kita menggunakan baut untuk dipasang dibagian busbar change over switch untuk memperkokoh pemasang, serta tidak membuat kabel bergerak, karna itu fungsi dari skun kabel adalah sebagai penghubung kabel agar tidak terjadinya bunga api, panas thermal pada skun karna kurang kuatnya sambungan ini antara busbar change over switch dan skun kabel yang dipasang dengan baut.

Lalu untuk memasang skun kabel diperlukan tang press skun hidrolik yang berguna memperkuat cengkraman skun untuk menjepit inti dari kabel dan skun kabel agar arus listrik yang mengalir tidak mengalami masalah, masalah seperti apa ?!

Umumnya masalah yang terjadi jika skun kabel tidak terlalu kuat biasanya akan menimbulkan, Jamur pada inti kabel, panas, hangus, isolasi terbakar, inti kabel rapuh dan lain sebagainya, dalam permasalahan yang ada bannyak hal yang dapat kita lakukan untuk pencegahan salah satunya menggunakan tang skun dan skun kabel  kabel dengan baik dan benae lalu bagaimana cara menggunakan tang press skun kabel hidrolik. Berikut  adalah langkah penggunaan tang press skun hidrolik atau cara menggunakan tang skun hidrolik :

1. Yang pertama adalah persiapan peralatan (tang press skun hidrolik)

2. Gunakaan mata tang press skun sesuai ukuran skun kabel yang digunakan berikut contoh mata press skun pada tang hidrolik skun kabel :

Mata press tang skun

3. Setalah semua siap gunakan tang press skun hidrolik anda untuk mengpress skun kabel simak gambar dibawah ini :

Cara menggunakan tang press skun kabel hidrolik.webp
Cara menggunakan tang skun kabel atau tang press skun hidrolik

Gambar diatas menunjukan langkah dalam menggunakan tang press skun kabel hidrolik saya jelasakan dan saya jabar agar mudah memahami :

1. Pompa disini  pada gambar cara menggunakan tang press skun kabel adalah bagian untuk menjepit skun ketika sudah terpasang semua setiap bagian untuk mengepres skun kabel.

Silakan siap untuk dipompa guna mengepres skun anda.


2. Untuk ON / OFF pada gambar diatas adalah cara menggunakan tang press pada saat kondisi ketika sedang memulai pengepressan skun kabel maka anda diwajibkan memutar ke bagian ON dan ketika sudah selesai maka anda diwajibkan memutar ke OFF karna pada bagian ON dan OF pada tang press skun sama seperti halnya kita sedang beraktifitas dan tidur, saya rasa paham yah sampai disini?!

Silakan putar ke OFF jika sudah selesai mengpress skun kabel

Silankan ON ketika sudah siap mengpress skun.

Ok next lanjud....

3. cabut disini pada gambar diatas adalah penjelasan tentang bagaimana cara melepaskan suatu mata press tang skun maupun menganti mata tang press hidrolik biasanya pada bagian lobang mata press dari kedua mata press tang skun kita tinggal memasukan skun ke lobang mata press tang skun.

Sampai disini paham?!

Saya rasa mudah dalam menggunakan tang press skun kabel ini, mudah tapi jangan anggap remeh yah bosku.

Penutup

Semoga dengan adanya artikel ini sedikit memberikan pencerahan bagi teman-teman yang ingin menggunakan tang press skun kabel hidrolik, semoga bermanfaat

Oh yah ada saran dan kritik silakan tulia dikolom komentar, saya ucapkan terima kasih banyak.

Jangan lupa subcribe channel youtube saya agar saya terus bersemangat untuk membuat video tentang kelistrikan industri, sepi pengunjung maka saya tutup akun,, ehehe...

Wassallamuallaikum, wr, wb.

Bye-bye....








Related Posts