Pengertian dan penjelasan tentang Apa sih listrik statis itu

Assallamualaikum, wr, wb.

Pendahuluan

Halo genks hari ini saya ingin membahas mengenai listrik statis berdasarkan Referensi yang saya baca jika kita melihat dari sudut pandang kelistrikan, memangnya ada listrik statis selain dari sudut pandang kelistrikan,ahaha. Iya juga ya, nah apa sih listrik statis itu...? Pernahkah kamu mendengar listrik statis? 
Nah Artikel kali ini saya akan mengangkat judul apa sih listrik statis itu, untuk itu baca sampai habis. Agar bisa mendapatkan sedikit pencerahan mengenai pengertian dan penjelasan apa sih  listrik statis itu?!
Apa saja contoh dari listrik statis?!

Kuy digaskan...

Teori penunjang

Untuk memahami konsep dasar listrik statis maka kita akan masuk pada pembahasan atau pemahaman dasar dari listrik statis yaitu inti atom :


Penjelasan dan pengertian tentang apa sih listrik statis itu.webp
Pengertian dan penjelasan tentang Apa sih listrik statis itu

Listrik statis adalah ketidak seimbangan suatu muatan (positif dan negatif) jika kita berbicara  benda atau materi misalnya pada mistar dan kertas didekatkan maka akan ada  gaya muatan listrik yang tidak mengalir (dalam arti benda tersebut tidak mengalirkan listrik) tentunya kita tahu magnet  dan listrik tidak dapat dipisihakan jadi muatan listrik dan Medan magnet  Nanti saya  coba terangkan dan persingkat.

Pada dasarnya listrik terbagi 2 ada listrik statis dan ada pula listrik dinamis, listrik statis adalah mempelajari muatan listrik.

Sedangkan listrik dinamis mempelajari arus listrik dari suatu pembangkit listrik melalui suatu penghantar bersifat konduktor. arus listrik. Tegangan dan daya (tentunya kita tahu bahwa maka dari itu dengan kata lain Untuk memahami listrik statis kita harus memahami konsep dasar pengertian dari atom (listrik statis).

Dari berbagai sumber yang saya baca maupun yang saya lihat. Suatu benda yang berada disekitar kita memiliki inti atom, karna pada dasarnya atom tidak bisa dilihat melainkan sebuah konsep dasar untuk memahami dari sebagian contoh mistar yang digosokan ke rambut maka akan ada perpindahan muatan listrik atau perpindahan elektron, yang tidak dapat dilihat.

Tentunya kita tahu bahwa inti atom memiliki elektron, proton dan neutron yang memiliki lapisan terluar dari suatu inti atom, bagian proton dan neotron dikelilingi oleh elektron, dan bagian yang diam adalah proton dan neutron, sedangkan bagian kulit atau lapisan terluar dari inti atom terdapat elektron yang mengelilingi inti atom bagian ini bergerak mengelilingi inti atom atau berputar digaris lapisan luar intin atom. 
Ente tau partikel nah ini adalah bagian dari suatu atom yang tidak dapat dibelah lagi jika kita berbicara partikel  pada suatu atom memiliki 3 jenis

1. Atom adalah bagian terkecil dari suatu benda materi yang terdiri dari inti atom nuklues (proton+netron) dan jika atom memiliki karakteristik yang sama disebut sebagi unsur.

2. Molekul adalah gabungan dari dua atom atau lebih

3. Ion adalah atom yang bermuatan kutub positif dan kutub negatif.

Seperti yang saya jelaskan diatas muatan listrik dan medan magnet tidak dapat terpisahkan simak penjelasan gambar dibawah ini :

Elektron dan proton.webp
Inti atom

Elektron gambar diatas sebagai kutub negatif sedangkan protom bermuatan positif, elektron sediri terletak di suatu orbit Sisi terluar berbentuk lingkaran.
Pada penjelasan gambar diatas tentang sifat inti atom yang tarik menarik dan tolak menolak elektron memiliki muatan listrik tanda minus, sedangkan proton memiliki muatan positif, jika kedua bertemu antara muatan positif dan muatan negatif maka akan akan tarik menarik sedangkan sebaliknya jika positif bertemu positif maka akan tolak menolak.

Dalam memahami mistar yang digosokan ke rambut lalu kita tempel kan kertas maka kertas tersebut lengket dan tertarik.

Kenapa demikian karna pada dasarnya setiap benda memilki inti atom, jika kita menggosokan suatu benda katakanlah contohnya mistar tersebut mistar tersebut  saat terjadi interaksi penggosokan ke rambut (reaksi) maka benda yang tadinya bersifat netral (mistar dan rambut) setelah digosokan kerambut, maka akan ada perpindahan muatan elektron, ketika elektron berpindah maka yang tadinya  sama-sama netral sekarang berubah menjadi positif mistar jadi positif dan rambut jadi negatif ini terjadi karna perpindahan elektron, jika inti atom kekurangan elektron maka materi akan menjadi positif sedangkan atom yang memiliki jumlah elektron bertambah akan menjadi negatif.

Kurang lebih kek gitu...heheh, bisa dipahami?!

Apa perbedaan listrik statis dan listrik dinamis?

Seperti yang saya tuliskan diatas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa listrik statis mempelajari muatan listrik yang dapat bepindah-pindah karna akibat adanya interaksi diantara kedua matari  sedangkan listrik dinamis mempelajari listrik yang diam dan tidak bergerak.

Listrik statis dapat kita lihat dalam Fenomena terjadinya pada petir  atau kilat dalam bentuk besar.

Petir akan terjadi apabila suatu muatan  elektron dari awan berpindah ke bumi (elektron yang terlempar dari orbit, biasnya jumlah elektro ini lebih banyak disebut elektron valensi) elektron yang terlempar ini akibat benturan keras masing-masing awan (reaksi), ketika elektron terlempar inilah yang menimbulkan kilat karna udara yang lembab menjadi perantara dapat menimbulkan kilat atau petir, secara sederhananya dapat kita tarik kesimpulan awan yang tadinya netral ketika bergerak melintasi benda-benda  yang ada dibumi atau bertemu dengan awan lain maka akan mengalami reaksi benturan gesekan dan lainya, sehingga akan mengalami reaksi masing-masing awan reaksi menyebabkan terlemparnya elektron dari lintas orbit dan menjadikan menyebabkan kilat yang menyilaukan mata.

Bolehkah saya bertanya kenapa kilat dulu baru suara geledek atau guntur?!
Silakan dijawab?!

Sampai disini bagaimana teman-teman?! Mudah kok. 

Saya bikin sesederhana mungkin agar teman-teman dapat memahami listrik statis maupun bagaimana terjadinya kilat atau bagaimana terjadi petir.

Semoga bermanfaat.

Salam hangat.


Related Posts