Penjelasan kontak NO holding pada kontaktor magnetik

Asallamualaikum, wr, wb.

Pendahuluan

Huaaalow genks sahabat teknik maintenance workshop, apa kabar?! Semoga dalam keadaan sehat selalu genks dan dijauhi dari segala wabah virus, amin. Pada artikel saya kali ini, saya ingin sedikit memberikan pencerahan dalam artikel yang berjudul penjelesan mengenai holding kontaktor magnet, karna mungkin beberapa temen pemula belum memahami holding pada kontaktor, simak dan baca sampai habis.

Gas...ken bang.

Teori penunjang


Penjelasan kontak NO holding pada kontaktor magnetik.webp
Penjelasan kontak NO holding pada kontaktor

Holding atau self holding merupakan kontak bantu kontaktor seperti NO dan NC. Holding kontaktor adalah pengunci (kontak NO kontaktor) lalu bagaimana dengan NC begitu juga dengan NC nanti saya jelaskan dibawah  pada prinsip kerja kontaktor. fungsi dan kegunaanya biasanya disebut juga dengan pengunci ( NO ), kenapa artikel ini saya bahas karna pada dasarnya banyak yang belum memahami begitupun dengan saya sebelumnya. Seperti yang kita ketahui kontaktor memiliki kontak utama dan bantu, nah kontak bantu inilah yang akan kita jabar sepeti NO dan NC.

Kontak NO kontaktor self holding biasanya kata holding atau self holding terdapat pada wiring diagram dan arti dari holding pada wiring diagram panel control adalah pengunci, kontak NO pada kontaktor ini pada prinsip kerjanya. pada contoh rangkaian kontrol  start delta, dol adalah pada saat tombol start ditekan maka arus listrik akan masuk mengalir melalui kontak bantu dan masuk ke koil kontaktor (A1 dan A2) sehingga. Pada posisi ini kontaktor akan mempertahankan posisinya berenergi ketika mendapatkan tegangan sesaat  melalui kontak bantu NO atau holding. Nah pada prantara  kontak bantu NO inilah kontaktor bekerja, karna pada dasar prinsip kerja kontak bantu pada kontaktor ketika kontaktor bekerja NC akan berubah menjadi NO dan NO akan berubah menjadi NC. Dan perlu diingat kembali NO  pada push button dan NO kontaktor sungguh sangat berbeda jika dilihat dari karakteristik, saya terangkan sedikit. NO Push button hanyalah prantara seperti saklar, NO kontaktor  anda bisa baca diatas. Hehe.

lalu Jika kita melakukan percobaan pada kontak bantu NO holding kontaktor. temen-teman dapat mencoba melepas bagian satu kabel di kontak bantu NO holding maka kontaktor tidak dapat mempertahankan posisi bernergi dan mengunci. Karna arus listrik disini terputus.

Catatan

Bagian  kontak NO holding mempunyai peranan peting dalam rangkaian kontrol sehingga teman-teman wajib memahami dasar kontaktor pada tiap-tiap sisi kontaktor.


Penutup

Saua rasa tidak perlu panjang lebar tentang penjelasan holding atau kontak NO self holding kontaktor ini. Semoga teman-teman dapat memahami isi dari artikel ini, mohon maaf apabila terdpat kesalahan kata dan tulisan.

Semoga bermanfaat




Related Posts